Macam-Macam Jenis Aliran Musik Jazz

Musik Jazz saat ini sudah menjadi salah satu genre musik favorit di seluruh dunia, Jazz tidak kalah dari genre-genre musik populer lain seperti rock, pop, country, alternative, R&B, dan reggae. Musik jazz memang cenderung memiliki tempo yang lebih slow dan santai. Namun hal tersebut yang membuat lagu-lagu jazz menjadi lebih easy listening dan bisa dinikmati. Musik jazz kemudian menjadi cepat populer dan telah berkembang pesat di seluruh penjuru dunia. 

Jazz juga identik dengan beberapa alat musik, seperti saxophone dan trumpet. Jazz juga memiliki sejarah perkembangan yang cukup panjang. Aliran jazz pertama populer di kawasan Amerika Latin. Kemudian mampu masuk ke wilayah Amerika Utara dan Eropa, dimana bermunculan beberapa penyanyi jazz legendaris, seperti Louis Armstrong, Miles Davis,Wes Montgomerry dan yang lainnya. Kini jazz sudah bisa dinikmati di berbagai negara, termasuk di Indonesia juga.

(baca juga penyanyi pria terbaik)

Musik jazz juga memiliki beberapa macam jenis dan aliran yang bisa dibedakan berdasarkan suatu hal tertentu. Biasanya klasifikasi subgenre jazz didasarkan pada perbedaan nada dan tempo, penggunaan alat musik tertentu, ciri khas vokal dan asal daerah musik jazz tersebut berasal. Hal ini kian membuat musik jazz semakin kaya akan nada dan irama. Total ada sekitar 20 macam jenis aliran dari musik jazz itu sendiri. Berikut akan kami tampilkan informasi selengkapnya.


Macam-Macam Jenis Aliran dan Sejarah Musik Jazz

Macam Jenis Aliran Musik Jazz


1. Ragtime

2. Classic Jazz

3. Hot Jazz

4. Chicago Style

5. Swing

6. Kansas Style

7. Gypsy Jazz

8. Bebop

9. Mainstream

10. Vocalese

11. Cool

12. Hard Bop

13. Bossa Nova

14. Free Jazz

15. Soul Jazz

16. Groove

17. Fusion

18. Afro-Cuban Jazz

19. Acid Jazz

20. European Jazz


Itulah info musik mengenai 20 macam macam musik jazz yang ada selengkapnya. Hal itu hanya gambaran sekilas tentang aliran-aliran dalam musik jazz yang diambil dari berbagai literatur musik jazz. Banyak juga aliran jazz lain yang mungkin tercipta akibat perpaduan dan fusion dengan genre musik lain. Kini sudah banyak musisi dan vokalis baru jazz yang membuat batasan-batasan dalam aliran musik jazz sudah mulai tidak terstruktur dan cenderung bebas. Meski demikian, intinya bukanlah aliran itu sendiri, tetapi musik Jazz yang sekarang ini sudah populer dan mendunia. Semoga artikel info musik terbaru tersebut dapat menambah wawasan.



(CepatLambat)

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

>