Daftar Lengkap 25 Wasit Piala Dunia 2014

Piala Dunia 2014 tinggal hitungan hari. Total 32 negara peserta sudah bersiap-siap untuk tampil di kompetisi akbar yang digelar 4 tahun sekali. Beberapa tim unggulan seperti Spanyol, Jerman, Argentina, Belanda atau Italia sudah mulai menyusun skuadnya bersama pelatih. Jangan lupakan juga tuan rumah Brasil yang menjadi negara dengan jumlah trofi juara Piala Dunia terbanyak. Namun bukan hanya tim dan pemain saja yang disiapkan. Para pengadil lapangan alias wasit juga harus disiapkan. Wasit memegang peran kunci dalam suatu pertandingan. Untuk itu FIFA hanya memilih wasit-wasit terbaik saja yang akan memimpin jalannya pertandingan di Piala Dunia 2014 Brasil nantinya.

Pada 14 Januari lalu di markas besar FIFA yang terletak di Swiss, FIFA telah memilih 25 wasit yang akan bertugas memimpin di putaran final Piala Dunia 2014 nanti. Wasit-wasit tersebut mampu lolos seleksi sejak November 2011 lalu. Aspek yang dinilai antara lain kualitas, kontrol pertandingan, pengamatan, ketegasan dan kecepatan serta ketepatan dalam pengambilan keputusan. 

Tiap wasit utama akan ditemani dua asisten wasit sebagai hakim garis serta 8 pasang tambahan perangkat pertandingan lain dari berbagai negara. Para wasit berasal dari 6 konfederasi sepakbola yang berbeda, yaitu UEFA (Eropa), AFC (Asia), CAF (Afrika), CONMEBOL (Amerika Selatan), CONCACAF (Amerika Utara dan Tengah), serta OFC (Oceania). Zona UEFA menjadi penyumbang terbanyak dengan total 9 wasit, termasuk di dalamnya wasit kontroversial asal Inggris, Howard Webb, yang dipilih memimpin pertandingan final Piala Dunia 2010 lalu. Sementara zona Asia mampu diwakili 4 wasit.

  1. Ravshan Irmatov (Uzbekistan).
  2. Yuichi Nishimura (Jepang).
  3. Nawaf Shukralla (Bahrain).
  4. Ben Williams (Australia).
  5. Noumandiez Doue (Pantai Gading).
  6. Bakary Gassama (Gambia).
  7. Djamel Haimoudi (Aljazair).
  8. Joel Aguilar (El Salvador).
  9. Mark Geiger (Amerika Serikat).
10. Marco Rodriguez Moreno (Meksiko).
11. Enrique Osses (Chili).
12. Nestor Pitana (Argentina).
13. Wilmar Roldan (Kolombia).
14. Sandro Ricci (Brasil).
15. Carlos Vera Rodriguez (Ekuador).
16. Peter O'Leary (Selandia Baru).
17. Felix Brych (Jerman).
18. Cuneyt Cakir (Turki).
19. Jonas Eriksson (Swedia).
20. Bjorn Kuipers (Belanda).
21. Milorad Mazic (Serbia).
22. Pedro Proenca (Portugal).
23. Nicola Rizzoli (Italia).
24. Carlos Velasco Carballo (Spanyol).
25. Howard Webb (Inggris).


Itulah info daftar wasit yang akan bertugas sebagai pengadil lapangan di event Piala Dunia 2014 di Brasil nantinya. Semoga saja wasit-wasit tersebut mampu memimpin laga dengan baik dan adil, sehingga tidak ada kontroversi yang terjadi yang merugikan salah satu tim. Sekian berita sepakbola dunia kali ini.


Belum ada Komentar untuk "Daftar Lengkap 25 Wasit Piala Dunia 2014"

Posting Komentar