Bahaya Merokok dan Akibatnya Bagi Kesehatan

Rokok dapat kita jumpai di mana-mana. Berdasarkan riset, sekitar 30% orang Indonesia adalah perokok. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang yang merokok yang kita jumpai di mana-mana dan hampir di setiap tempat menjual rokok berbagai merk. Bahayanya bagi kesehatan sebenarnya sudah diketahui oleh masyarakat, namun banyak diabaikan oleh para perokok. Padahal penelitian para ahli sudah menyebutkan jika di dalam rokok terdapat berbagai kandungan dan zat-zat berbahaya bagi tubuh dan juga beracun.

Rokok adalah produk yang berbahaya & bersifat adiktif, yang bisa menimbulkan ketergantungan dan kecanduan bagi para pemakainya. Di dalam rokok terdapat sekitar 4000 bahan kimia berbahaya yang 69 di antaranya merupakan zat karsinogenik, yang dapat memicu penyakit kanker.

Perokok sendiri dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

- Perokok aktif, orang yang telah terbiasa dan nyata menghisap rokok dan menanggung sendiri akibatnya.
- Perokok pasif, orang yang sebenarnya tidak merokok namun karena ada orang lain yang merokok di dekatnya maka ia terpaksa ikut menghisap asap rokok dan ikut merasakan dampak dari merokok itu.

Bahaya Merokok dan Akibatnya Bagi Kesehatan


1. Nikotin

Zat yang membuat seseorang menjadi kecanduan dan ketagihan untuk terus menghisap roko. Nikotin dapat menyebabkan beberapa gejala dan gangguan bagi tubuh, yaitu merusak jaringan otak, menyebabkan darah cepat membeku dan mengeraskan dinding arteri

2. Tar

Tar aslinya merupakan bahan dasar pembuatan aspal. Tar dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi hingga menyebabkan penyakit kanker. Selain itu tar bisa membunuh sel dalam saluran darah, meningkatkan produksi lendir diparu-paru dan menyebabkan kanker paru-paru

3. Karbon Monoksida

Karbon Monoksida atau nama kimianya Co merupakan gas beracun dan tidak berbau. Zat ini merupakan gas buangan kendaraan bermotor. Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.

4. Zat Karsinogen

Zat karsinogen merupakan zat berbahaya yang terkandung dalam rokok yang dapat menyebabkan gangguan dan dampak negatif pada tubuh manusia. Zat ini bisa memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

5. Zat Iritan

Zat iritan merupakan zat berbahaya yang ada di dalam rokok yang dapat menyebabkan efek negatif pada tubuh. Zat ini dapat mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru dan dapat juga menyebabkan gangguan batuk-batuk.

Selain semua itu, ada zat-zat kimia beracun lain yang sama berbahayanya dan menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, seperti hidrogen sianida (HCN) , arsen, amonia dan polonium.. Zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam asap rokok dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang rokok.

Penyakit Akibat Merokok

- Kanker paru
- Penyakit jantung
- Diabetes
- Kanker serviks
- Kanker kerongkongan
- Impotensi
- Kanker kandung kemih
- Kanker payudara
- Gangguan janin
- Kanker ginjal
- Aterosklerosis
- Kanker mulut
- Gangguan pernafasan
- Kanker pencernaan
- Penyakit Jantung Koroner (PJK)
- Kanker tenggorokan


Gangguan medis yang disebabkan oleh rokok

- Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
- Katarak asma
- Radang saluran napas
- Gangguan kesuburan.
- Katarak
- Dan lain-lain


Itulah informasi mengenai dampak negatif merokok dan akibatnya bagi kesehatan tubuh serta kandungan-kandungan yang ada di dalamnya. Semoga informasi ilmu pengetahuan umum tersebut bisa menambah wawasan.


(CepatLambat)

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

2 komentar:

  1. barang kecil gini, tapi efeknya besar banget buat tubuh kita

    BalasHapus
  2. Bahaya rokok bagi tubuh memang cukup mengerikan, bahayanya pun benar-benar sangat merugikan dua pihak, terutama bagi perokok pasif.

    BalasHapus

>