Daftar 7 Keajaiban Dunia Terbaru Beserta Gambar dan Penjelasannya

7 keajaiban dunia - Apa saja yang termasuk 7 keajaiban dunia? Daftar 7 keajaiban dunia terbaru berisi banyak gedung, bangunan atau tempat yang menakjubkan di seluruh dunia. List 7 keajaiban dunia lama telah lama dipublish, namun kini telah ada daftar tujuh keajaiban dunia terbaru. Untuk itu kali ini akan dibahas mengenai daftar 7 keajaiban dunia terbaru beserta gambar, letak dan penjelasan lengkapnya.

Di dunia yang luas ini, terdapat berbagai hal yang mengagumkan mulai dari pemandangan alam atau gedung gedung modern yang megah. Selain itu juga banyak situs bangunan kuno yang bersejarah yang merupakan warisan budaya dunia. Keindahan alam yang ada di Bumi juga kerap memunculkan tempat tempat yang bagus dan menarik yang terbentuk dengan indahnya. 

(baca juga 10 gedung tertinggi di dunia)

Hal hal menakjubkan seperti itu merupakan salah satu kriteria dalam penentuan tujuh keajaiban dunia, yang merupakan kumpulan dari tempat dan bangunan luar biasa yang ada di muka bumi. Pencetus konsep ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 140 SM. Adanya pengakuan tersebut juga untuk mengapresiasi bangunan dan gedung buatan manusia yang luar biasa dan menjadi landmark dari negara tertentu.

Selama ini, daftar resmi konsep tersebut selalu menimbulkan perbedaan serta pro dan kontra dari berbagai pihak dan kalangan. Beberapa sumber data yang ada selalu menyebutkan perbedaan list mengenai tempat dan bangunan yang masuk dalam list 7 wonder ini. Tidak ada daftar yang resmi yang bisa digunakan sebagai acuan.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, lembaga new7wonder akhirnya menetapkan list yang baru. Pemilihan dilakukan melalui sistem voting dari sms dan polling internet seluruh masyarakat dunia setelah menetapkan lebih dari 30 nominasi. Berikut akan kami tampilkan informasi dan ulasan detail mengenai list terbarunya beserta fotonya.

Daftar 7 Keajaiban Dunia Terbaru


1. Great Wall of China

7 Keajaiban Dunia

Nama Indonesia : Tembok Besar Cina
Lokasi : Republik Rakyat Cina
Tahun berdiri : 700 Sebelum Masehi
Simbol : Perlindungan, Terus menerus

Tembok besar Cina merupakan serangkaian tembok dan dinding yang membentang di dataran Cina sepanjang kurang lebih 8.850 km. Dengan panjang itu, bangunan ini disebut sebagai bangunan terpanjang yang pernah dibangun oleh manusia. Nama lain bangunan ini adalah Tembok Raksasa Cina atau Tembok Panjang.

Tembok Cina merupakan salah satu 7 keajaiban dunia yang ada di benua Asia. Bangunan ini dibangun sekitar 700 tahun sebelum masehi dan mengalami perkembangan di zaman Dinasti Qin. Awalnya tembok ini dibangun dengan tujuan sebagai benteng pertahanan. Tembok Cina juga jadi salah satu warisan budaya UNESCO. Terdapat mitos yang mengatakan bahwa Tembok Cina bisa dilihat dari bulan, meski pernyataan ini kemudian disanggah beberapa astronot.

2. Petra


Nama Indonesia : Petra
Lokasi : Ma'an, Yordania
Tahun berdiri : 312 Sebelum Masehi
Simbol : Teknik, Perlindungan

Salah satu keajaiban dunia baru lainnya adalah Petra. Bangunan ini merupakan  situs arkeologikal berupa bangunan arsitektur yang dipahat pada bebatuan. Perkiraan Petra dibangun pada tahun 312 sebelum masehi. Letaknya berada di kota Ma'an, Yordania.

Petra memiliki beberapa sebutan nama lain, di antaranya adalah kota Mawar. Situs ini juga masuk warisan budaya UNESCO dan dinobatkan sebagai salah satu peninggalan kultural dalam peradaban manusia sampai sekarang.

3. Christ Redeemer

7 Keajaiban Dunia

Nama Indonesia : Patung Kristus Penebus
Lokasi : Rio de Janiero, Brasil
Tahun berdiri : 1931
Simbol : Penerimaan, Keterbukaan

Patung Christ Redeemer merupakan patung kristus penebus yang terletak di kota Rio de Janiero, Brasil. Patung ini pertama dibangun pada tahun 1931 Masehi. Patung ini memiliki tinggi 38 meter dan terletak di puncak Gunung Corcovado yang tingginya 710 meter di Taman Nasional Hutan Tijuca yang menghadap kota.

Bangunan ini menjadi simbol kebanggaan kota Rio de Janeiro dan juga jadi simbol umat Kristen. Patung ini juga jadi ikon budaya dari negara Brasil. Patung kristus penebus pun terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang baru.

4. Machu Picchu

7 Keajaiban Dunia

Nama Indonesia : Machu Picchu
Lokasi : Cuzco, Peru
Tahun berdiri : 1450
Simbol : Komunitas, Dedikasi

Machu Picchu merupakan lokasi reruntuhan Inca yang berada di wilayah pegunungan. Letak pegunungan ini berada di ketinggian 2350 meter di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di kawasan Cuzco, Peru. Reruntuhan ini sudah ada sejak abad 15 atau tepatnya di tahun 1450 Masehi yang lalu.

Machu Picchu sering disebut sebagai kota Inca yang hilang. Nama Machu Picchu berasal dari bahasa Quechua yang berarti Gunung Tua. Bangunan ini merupakan peninggalan Kerajaan Inka yang bertahan sebelum bangsa Spanyol menaklukannya. Machu Picchu pun kini menjadi salah satu ikon budaya negara Peru.

5. Chichen Itza

7 Keajaiban Dunia

Nama Indonesia : Chichen Itza
Lokasi : Yucatan, Meksiko
Tahun berdiri : 600
Simbol : Pemujaan, Ilmu Pengetahuan

Chichen Itza merupakan situs peradaban Maya di negara Meksiko. Letak dari bangunan ini berada di Yucatan, Meksiko. Bangunan ini pertama didirikan pada tahun 600 Masehi. Chicha Itza juga diakui sebagai situs peradaban suku Maya di masa lampau dan bahkan jadi pusat kegiatan politik dan ekonomi suku Maya.

Bangunan Chichen Itza ini merupakan titik sentral dari kompleks bangunan lainnya misalnya yaitu Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool dan bangunan Seribu Tiang. Chichen Itza pun terpilih sebagai salah satu dari daftar 7 keajaiban dunia baru dan salah satu bangunan paling ikonik yang ada di negara Meksiko.

6. Colosseum

7 Keajaiban Dunia

Nama Indonesia : Kolosseum
Lokasi : Roma, Italia
Tahun berdiri : 80
Simbol : Kesenangan, Penderitaan

The Colosseum atau Kolosseum memang sudah dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu 7 keajaiban dunia. Bangunan ini terletak di pusat kota Roma, Italia. Colosseum merupakan arena gladiator yang bersejarah dan terkenal. Nama asli dari bangunan ini sebenarnya adalah Flavian Amphitheatre dan pertama dibangun oleh Vespasian.

Di masa lalu, Kolosseum memiliki banyak fungsi. Yang paling dikenal adalah sebagai arena pertarungan gladiator yang disaksikan ribuan penonton. Kolosseum juga digunakan sebagai tempat eksekusi dan pertunjukan lainnya.

7. Taj Mahal

7 Keajaiban Dunia

Nama Indonesia : Taj Mahal
Lokasi : Agra, India
Tahun berdiri : 1643
Simbol : Cinta, Hasrat

Taj Mahal adalah sebuah monumen yang berada di kawasan Agra, India. Bangunan ini dibangun pada tahun 1643. Pembangunan Taj Mahal dilakukan oleh Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai persembahan untuk istrinya yang telah meninggal Arjumand Banu Begum. Semasa hidupnya, Raja Mughal tersebut memang dikenal memiliki kekayaan yang besar.

Selain berupa kuburan, kompleks Taj Mahal juga meliputi masjid dan penginapan. Taj Mahal kemudian menjadi simbol negara India. Bangunan ini menjadi warisan budaya UNESCO. Taj Mahal juga terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia terbaru. Tiap tahun Taj Mahal dikunjungi oleh turis lokal dan turis asing.

8. Great Pyramid of Giza


Nama Indonesia : Piramida Agung Giza
Lokasi : Giza, Mesir
Tahun berdiri : 2560 Sebelum Masehi
Simbol : Keabadian, Tidak Punah

Selain 7 keajaiban dunia baru di atas, terdapat satu bangunan lagi yang mendapat gelar kehormatan 7 keajaiban dunia baru atau honorary status. Bangunan tersebut adalah Piramida Giza. Letak Piramida ini berada di kompleks Giza, Mesir. Piramida Giza sering disebut Piramida besar Giza atau Piramida Khufu. Piramida Giza sebagai piramida terbesar dibanding piramida lain dalam 1 kompleks yang sama.

Piramida pun menjadi salah satu ikon budaya negara Mesir. Bangunan ini pun menjadi salah satu bangunan tertua yang masih bertahan sampai sekarang dengan kondisi bagus. Piramida Giza pun mendapat kandidat kehormatan dalam daftar tujuh keajaiban dunia baru karena merupakan satu-satunya keajaiban dunia kuno yang masih bertahan.

Daftar 7 Keajaiban Dunia Lama


Selain 7 keajaiban dunia yang baru, sebelumnya telah beredar daftar 7 keajaiban dunia yang lama. Memang tidak ada daftar 7 keajaiban dunia resmi yang diakui semua pihak. Terdapat beberapa perdebatan serta pro-kontra tentang bangunan yang pantas masuk dalam daftar keajaiban dunia sebelumnya. Namun secara umum, inilah daftar 7 keajaiban dunia yang lama yang dikenal luas sebelum munculnya daftar 7 keajaiban dunia baru di atas, termasuk juga Colosseum, Tembok Besar dan Taj Mahal yang juga masuk dalam 7 keajaiban dunia baru.

Menara Eiffel 

7 Keajaiban Dunia

Lokasi : Paris, Prancis
Tahun berdiri : 1887

Colosseum

7 Keajaiban Dunia

Lokasi : Roma, Italia
Tahun berdiri : 80 Sebelum Masehi

Taj Mahal

7 Keajaiban Dunia

Lokasi : Agra, India
Tahun berdiri : 1643

Candi Borobudur

7 Keajaiban Dunia

Lokasi : Magelang, Indonesia
Tahun berdiri : 825

Ka'bah

7 Keajaiban Dunia

Lokasi : Mekkah, Arab Saudi
Tahun berdiri : 1500 Sebelum Masehi

Menara Pisa 

7 Keajaiban Dunia

Lokasi : Pisa, Italia
Tahun berdiri : 1372

Tembok Besar

7 Keajaiban Dunia

Lokasi : Cina
Tahun berdiri : 700 Sebelum Masehi


Itulah informasi update mengenai daftar 7 keajaiban dunia beserta penjelasannya terbaru. Info tersebut dirangkum dari berbagai sumber. Sebenarnya wakil Indonesia, Pulau Komodo sempat masuk nominasi namun akhirnya tidak terpilih. Tentunya bangunan tersebut merupakan hasil karya yang luar biasa yang patut untuk diapresiasi. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat serta bisa menambah wawasan.

0 Response to "Daftar 7 Keajaiban Dunia Terbaru Beserta Gambar dan Penjelasannya"

Posting Komentar