Pengertian dan Sejarah Internet Lengkap

Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking. Hal tersebut berarti seluruh jaringan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung menggunakan standar sistem global TCP/IP. TCP/IP berfungsi sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani seluruh user di seluruh dunia, yang terhubung melalui sistem antarjaringan. Di era modern saat ini, akses internet sudah menjadi hal yang penting. Hal tersebut bisa membantu pekerjaan kita, berinteraksi dengan teman di sosial media, berkirim pesan lewat e-mail, mencari berita dengan cepat, serta hal dan keperluan lain, baik yang penting maupun refreshing. 

Meski begitu internet memiliki sejarah panjang dari era dulu hingga bisa diakses dengan mudah seperti sekarang. Awalnya dimulai pada era 1960-an, hingga berkembang di era 90-an. Berikut akan kami tampilkan tentang informasi awal mula perkembanganya secara detail hingga sekarang.

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Internet Lengkap
1960-an

Internet awalnya merupakan sebuah jaringan komputer yang dibentuk pada 1969. Jaringan tersebut dibentuk oleh lembaga Departemen Pertahanan Amerika Serikat, melalui proyek yang disebut ARPANET. Dalam proyek ini, mereka memperagakan cara berkomunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon dengan bantuan hardware dan software komputer dengan basis UNIX. Proyek ini lalu menjadi awal mula dari pembentukan sebuah protokol baru yang dikenal sebagai TCP/IP.

1970-an

ARPANET diperkenalkan secara publik pada 1972. Setelah itu, proyek ini berkembang pesat di seluruh dunia. Negara-negara lain pun ingin bergabung sehingga. Akhirnya, ARPANET dibagi menjadi dua, yaitu ARPANET dan MILNET. Khusus untuk MILNET hanya berfungsi untuk keperluan bidang militer. Sedangkan ARPANET berfungsi untuk bidang non-militer. Keduanya bergabung dan dikenal dengan nama DARPA Internet, yang akhirnya disingkat menjadi Internet.

1980-an

Tahun 1979 berdiri newsgroup pertama bernama USENET. Di tahun 1981 gebrakan baru tercipta dengan munculnya telepon televisi pertama. Sistem protokol TCP/IP mulai juga diperkenalkan tahun 1982 seiring dengan makin banyaknya koneksi jaringan yang terbentuk. Pada 1984 sistem domain pertama diperkenalkan atau yang dikenal dengan DNS (Domain Name System). Pada 1989 tak kurang dari 100.000 komputer terhubung ke jaringan. 

1990-an

Pada tahun 1990 sebuah terobosan baru kembali dibuat. Tim Berners Lee menemukan sebuah program editor dan browser yang bisa digunakan untuk menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang kemudian disebut dengan www, atau World Wide Web. Hal ini kemudian diikuti dengan munculnya situs lain yang mencapai ribuan halaman dalam kurun beberapa tahun saja. Selain itu sistem komunikasi lewat e-mail dan virtual-shopping juga mulai populer.

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Itulah informasi singkat mengenai penjelasan dan sejarah internet lengkap dan awal mula dibentuknya hingga di era modern sekarang ini. Saat ini hal tersebut memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari kita. Sekian info pengetahuan terbaru. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.


(CepatLambat)

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

2 komentar:

>