Info Pendaftaran dan Pengumuman SNMPTN 2015

SNMPTN merupakan jalur masuk untuk melanjutkan jenjang ke perguruan tinggi. SNMPTN merupakan salah satu jalur awal masuk PTN yang dibuka, dibanding jalur SBMPTN atau mandiri. SNMPTN sendiri merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini diselenggarakan oleh Kemendikbud, dan hanya dikhususkan untuk perguruan tinggi negeri saja. Itu berarti penerimaan mahasiswa baru di universitas swasta tidak masuk dalam seleksi SNMPTN. Untuk seleksi SNMPTN, peserta tidak dikenakan biaya alias gratis.

Siswa yang diperbolehkan untuk mengikuti seleksi SNMPTN merupakan pelajar dari SMA/SMK/MA/sederajat yang memasuki tahun akhir. Untuk SNMPTN 2015, sistem seleksi masih akan memperhitungkan nilai akademik selama di SMA, yang dikombinasikan dengan faktor-faktor pendukung lain. Tentu untuk bisa lolos SNMPTN juga dipengaruhi dengan universitas yang dituju. Semakin bagus universitas, tentu semakin banyak pesaing, sehingga kemungkinan diterima juga semakin sengit. 

Info Pendaftaran dan Pengumuman SNMPTN 2015




1. Pengisian PDSS

Untuk mengikuti seleksi SNMPTN, terdapat dua tahap yang dilakukan oleh pihak sekolah dan masing-masing siswa. Di tahap pertama, pihak sekolah melakukan pengisian data sekolah dan siswa di laman PDSS, sehingga tiap siswa akan mendapatkan password. Kemudian, siswa pelamar akan melakukan pengisian data nilai akademik yang akan diisikan oleh pihak sekolah di laman web SNMPTN, dengan menggunakan NISN dan password masing-masing. Tahap ini diselenggarakan mulai tanggal 22 Januari hingga 8 Maret 2015.

2. Tahap Pendaftaran 

Setelah itu di tahap kedua, dengan menggunakan NISN dan password yang telah didapat, tiap siswa melakukan verifikasi data diri dengan login ke halaman web resmi SNMPTN. Siswa diharukan untuk mengisi biodata diri, mengupload pas foto, memilih pilihan PTN dan jurusan yang dituju serta dokumen tambahan lainnya. Tiap PTN juga terkadang memiliki ketentuan yang berbeda, sehingga tiap pendaftar juga harus memahaminya. 

Tiap peserta dapat memilih maksimal 2 perguruan tinggi negeri yang dituju sesuai prioritas, dimana salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan kota asal peserta. Tiap PTN, siswa dapat memilih maksimal 2 program studi atau jurusan yang akan dituju sesuai minat.Untuk siswa yang mendaftar prodi olahraga dan seni juga wajib mengunggah portofolio dan bukti keterampilan yang diresmikan oleh pihak sekolah. Jika semua proses telah selesai, maka langkah terakhir adalah mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Proses pendaftaran dimulai sejak 13 Februari dan ditutup pada 15 Maret 2015


Faktor penilaian seleksi SNMPTN

Berdasarkan pengalaman dalam seleksi di tahun-tahun sebelumnya, terdapat beberapa aspek dan faktor yang diperhitungkan sebagai acuan diterimanya SNMPTN. Nilai hasil Ujian Nasional dan nilai rapot sejak kelas 10 menjadi salah satu acuan pertama. Selain itu nilai dari mata pelajaran selama SMA yang sesuai dengan jurusan yang diambil juga memegang peranan penting. Prestasi non-akademik juga dapat berpengaruh. Hal tersebut bisa ditunjang dengan berbagai bentuk piagam atau sertifikat dari berbagai tingkat. Selain itu, akreditasi dari sekolah asal serta jumlah alumni yang ada juga turut diperhitungkan.

Jadwal SNMPTN 2015

22 Januari - 8 Maret 2015 : Pengisian dan Verifikasi PDSS
13 Februari - 15 Maret 2015 : Pendaftaran SNMPTN
16 Maret - 8 Mei 2015 : Proses Seleksi
9 Mei 2015 : Pengumuman SNMPTN
9 Juni 2015 : Pendaftaran ulang di masing-masing PTN



Proses seleksi akan dilakukan mulai 16 Maret hingga 8 Mei 2015 oleh panitia SNMPTN di masing-masing perguruan tinggi. Proses seleksi akan mempertimbangkan aspek-aspek yang telah disebutkan di atas, untuk menentukan kelolosan siswa di PTN tersebut. Hasil SNMPTN akan diumumkan pada tanggal 9 Mei 2015 secara online, dimana tiap peserta bisa melihat hasil mereka di laman web SNMPTN masing-masing siswa. 


(CepatLambat)

Belum ada Komentar untuk "Info Pendaftaran dan Pengumuman SNMPTN 2015"

Posting Komentar