15+ Game PS1 Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Nostalgia

Game PS1 terbaik - PlayStation atau PS1 merupakan konsol game yang dirilis Sony yang sempat booming di tahun 90an dan awal 2000an. Game-game PS1 memang sudah lama dirilis, namun hingga kini pun masih banyak dimainkan oleh para gamers dan penggemarnya. Beberapa game PS1 terbaik berasal dari berbagai genre, sebut saja seperti action, adventure, racing, fighting, strategi, RPG, sports, dan lain sebagainya.

Seperti diketahui, PlayStation 1 yang dikenal dengan singkatan PS1, merupakan salah satu konsol video game populer. PS1 dikembangkan oleh Sony dan dirilis tahun 1994. Konsol game ini kemudian mampu sukses besar di akhir 90an dan awal 2000-an, sebelum perilisan PlayStation 2 (PS2) yang menjadi lebih populer lagi dengan banyaknya game PS2 terbaik yang populer. 

PS1 bisa dibilang sebagai konsol game modern pertama yang dirilis yang termasuk dalam konsol game generasi kelima. Grafik dan gameplay dari PS terbilang bagus di zamannya. Konsol PlayStation juga lebih banyak dimainkan dibandingkan dengan saingan utamanya, Xbox. Selain PS2, juga terdapat sekuel konsol lain dari seri PlayStation, seperti PS3 dan PS4. 

Bagi para gamers saat ini, game PS1 mungkin akan terasa kurang menarik, seiring dengan banyaknya game dengan grafik bagus dari konsol game modern. Namun tentu game PS1 terbaik memiliki keunikan tersendiri. Selain memiliki gameplay yang unik dan original, game-game PS1 juga dapat menimbulkan nostalgia akan masa-masa kejayaan PlayStation.

Game PS1 juga bisa dimainkan di PC komputer atau laptop dengan bantuan software emulator PSX. File yang digunakan adalah file ISO. Kita pun bisa memainkan game PS1 yang seru dan keren di komputer atau laptop. Beberapa game PSX terbaik memang menjadi daya tarik tersendiri meski banyak game terbaru yang lebih modern.

Dari sekian banyak judul game yang dirilis, ada beberapa game PS1 terbaik sepanjang masa yang populer dan mungkin masih banyak dimainkan oleh para gamers di era sekarang ini. Beberapa judul game PS1 yang populer juga masih terus diproduksi sekuelnya hingga era konsol game modern seperti sekarang ini.

(baca juga game PS3 terbaik)

15 Game PS1 Terbaik dan Terpopuler


Berikut kami tampilkan rekomendasi 10 game PS1 terbaik sepanjang masa yang paling bagus dan populer berdasarkan kualitas dan popularitasnya.

1. Harvest Moon - Back to Nature


Tanggal Rilis : 16 Desember 1999
Developer : Natsume
Genre : RPG, Simulation

Inilah salah satu game PS1 terbaik di dunia yang paling terkenal. Harvest Moon - Back to Nature merupakan game PS1 legendaris yang dirilis di tahun 1999. Game ini bertemakan simulasi kehidupan mulai dari bertani, berkebun, beternak, bersosialisasi hingga berkeluarga. Harvest Moon pun jadi salah satu game PS1 terbaik yang bergenre RPG dan simulasi.

2. Tomba! 2: The Evil Swine Return


Tanggal Rilis : 28 Oktober 1999
Developer : SCEA, Whoopee Camp
Genre : Adventure, Platform

Tomba 2: The Evil Swine Return menjadi game PS1 terpopuler berikutnya. Game ini menghadirkan genre adventure/petualangan dan platform. Kita diajak mengikuti petualangan Tomba sang karakter utama dalam game ini untuk menyelesaikan misi tertentu. Tomba 2 termasuk salah satu game PS1 petualangan terbaik sepanjang masa.

3. Crash Team Racing


Tanggal Rilis : 30 September 1999
Developer : Naughty Dog, Sony
Genre : Racing

Siapa yang tak kenal game CTR ini? CTR atau Crash Team Racing merupakan salah satu game racing PS1 terbaik dan paling populer. Dalam game Crash Team Racing, kita akan diperkenalkan pada karakter dalam game mulai dari Crash Bandicoot, Dr. Neo Contex, Tiny Tiger, Coco Bandicoot, Polar Bear atau Pura.

4. Metal Slug


Tanggal Rilis : 18 April 1996
Developer : SNK Playmore
Genre : Action, Run and Gun

Satu lagi game PS1 populer yang legendaris, yakni Metal Slug. Game ini dirilis di tahun 1996 dan dikembangkan oleh SNK Playmore. Genre yang diusung adalah action dan run and gun. Metal Slug menjadi salah satu game PS1 terseru dengan berbagai fitur dan lokasi. Game ini pun layak jadi salah satu game PS1 action terbaik.

5. Final Fantasy VII


Tanggal Rilis : 31 Januari 1997
Developer : Square
Genre : RPG

Final Fantasy menjadi seri game RPG terbaik dan terpopuler sejak dulu sampai sekarang. Salah satu seri game klasik ini adalah Final Fantasy VII yang dirilis di PS1. Final Fantasy VII dikembangkan oleh Square dan dirilis pertama kalinya pada tahun 1997. Game ini pun jadi salah satu game RPG PS1 terbaik sampai saat ini.

6. Tekken 3


Tanggal Rilis : 20 Maret 1997
Developer : Namco
Genre : Fighting

Game fighting memang banyak diproduksi di era game PS1. Salah satu game PS1 fighting terbaik adalah Tekken 3 yang begitu dikenal di masanya. Game ini memang begitu booming di era kejayaan PS1. Berbagai karakter Tekken 3 pun menjadi populer misalnya yaitu Jin, Hwoarang, Yoshimitsu, Eddie, Nina atau Heihachi.

7. Winning Eleven


Tanggal Rilis : 15 Maret 2001
Developer : Konami
Genre : Sports

Tentu tak lengkap membuat daftar game terbaik tanpa adanya game sepak bola. Winning Eleven menjadi game PS1 sepakbola terbaik. Winning Eleven merupakan seri awal dari game Pro Evolution Soccer (PES). Di game Winning Eleven (WE) kita bisa memainkan tim dan klub favorit kita seperti Real Madrid, AC Milan, Manchester United, Juventus atau Barcelona.

8. Gran Turismo 2


Tanggal Rilis : 11 Desember 1999
Developer : Polyphony Digital, Sony
Genre : Racing

Inilah salah satu game PS1 terlaris yaitu Gran Turismo 2. Gran Turismo 2 dirilis di tahun 1999 oleh Sony. Gameplay game balap ini begitu bagus untuk ukuran PS1 sehingga jadi salah satu game PS1 dengan grafik terbaik. Gran Turismo 2 juga jadi salah satu game balap mobil PS1 terbaik dan terlaris dari segi penjualannya.

9. Crash Bandicoot


Tanggal Rilis : 31 Agustus 1996
Developer : Naughty Dog, Sony
Genre : Adventure, Platform

Crash Bandicoot merupakan game bergenre petualangan dan platform yang dikembangkan oleh Naughty Dog. Game ini menjadi standar game petualangan terbaik PS1. Berbagai fitur dan aksi seru dihadirkan di game ini. Crash Bandicoot pun banyak mempengaruhi game petualangan terbaik lain yang lebih modern.

10. 3Xtreme


Tanggal Rilis : 21 April 1999
Developer : 989 Sports
Genre : Racing

3Xtreme menjadi game balap terpopuler PS1. Game ini dikembangkan oleh 989 Sports dan dirilis di tahun 1999. Satu hal yang unik dari game 3Xtreme adalah kendaraan yang digunakan yaitu sepeda, skateboard dan sepatu roda. Berbagai karakter dan lintasan arena balap disediakan untuk menambah daya tarik game ini.

11. PepsiMan


Tanggal Rilis : 4 Maret 1999
Developer : KID
Genre : Action

12. Metal Gear Solid


Tanggal Rilis : 3 September 1998
Developer : Konami, KCEJ
Genre : Action, Adventure, Stealth

13. Nascar Rumble


Tanggal Rilis : 3 Februari 2000
Developer : Electronic Arts (EA)
Genre : Racing

14. Bloody Roar


Tanggal Rilis : 7 Juli 1997
Developer : Hudson Soft, Sony
Genre : Fighting

15. Digimon Rumble Arena


Tanggal Rilis : 6 Desember 2001
Developer : Bandai
Genre : Fighting

Rekomendasi game PS1 terbaik lainnya :


  • Tony Hawk's Pro Skater 2 
  • Street Fighter Alpha 3 
  • Resident Evil 2 
  • Ape Escape 
  • Suikoden II 
  • GTA 2 
  • Super Shot Soccer 
  • Driver 2 
  • Silent Hill 
  • Twisted Metal 4 
  • Dragon Ball Final Bout 
  • SmackDown 
  • Tenchu 2 

Nah itulah info mengenai rekomendasi game PS1 terbaik yang dinilai berdasarkan beberapa aspek, mulai dari kualitas, popularitas, grafis, gameplay dan tingkat penjualan. Tentunya banyak game-game lain yang juga tidak kalah bagus dari konsol PS One ini. Seiring perkembangan zaman, makin banyak konsol game modern dengan grafis yang luar biasa bagus. Namun kehadiran PS1 tetap akan dikenang sebagai pelopor konsol game modern. Punya pendapat lain? Silahkan tulis di kolom komentar.

2 Komentar untuk "15+ Game PS1 Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Nostalgia"

  1. udah agak susah skrng mau cari kaset2 PS 1

    BalasHapus
  2. mudah kok, di internet ada banyak file iso game ps 1... cari aja di google :)

    BalasHapus