Daftar Tim dan Prediksi Juara Piala Eropa 2016

Piala Eropa 2016 akan segera diselenggarakan pada bulan Juni 2016 mendatang. Tentunya ajang empat tahunan antar negara-negara se Eropa ini sangat ditunggu oleh para pecinta sepakbola, tidak hanya di Eropa saja, namun dari seluruh dunia. Maklum, kebanyakan pemain-pemain hebat dunia berasal dari Eropa. UEFA pun memastikan bahwa Prancis selaku tuan rumah sudah siap menggelar kompetisi sepakbola terbesar se-Eropa ini, yang kali ini menerapkan format 24 tim.

Euro 2016 menghadirkan tim-tim kuat se-Eropa. Memang Belanda absen karena gagal bersaing di kualifikasi, namun tm-tim kuat lain seperti Italia, Inggris, Jerman, Portugal atau juara bertahan Spanyol siap beraksi di Prancis. Sementara tim-tim seperti Kroasia, Swedia, Rusia, Republik Ceko atau Belgia juga diprediksi akan menjadi penantang serius. Jangan lupakan juga tim kejutan seperti Islandia, Irlandia Utara, Albania, Hungaria atau Wales. Berikut daftar 24 tim yang akan berpartisipasi di ajang Piala Eropa 2016 mendatang.

(baca juga daftar juara Piala Eropa)

Daftar Tim dan Prediksi Juara Piala Eropa 2016

Daftar Tim Negara Piala Eropa 2016

  1. Prancis (tuan rumah)
  2. Spanyol (juara bertahan)
  3. Jerman
  4. Inggris
  5. Portugal
  6. Belgia
  7. Italia
  8. Rusia
  9. Swiss
  10. Austria
  11. Kroasia
  12. Ukraina
  13. Republik Ceko
  14. Swedia
  15. Polandia
  16. Rumania
  17. Slovakia
  18. Hungaria
  19. Turki
  20. Republik Irlandia
  21. Islandia
  22. Wales
  23. Albania
  24. Irlandia Utara

Drawing Grup Piala Eropa 2016


Daftar Tim dan Prediksi Juara Piala Eropa 2016

Berdasarkan hasil drawing, tuan rumah Prancis tergabung di grup A yang relatif mudah. Inggris juga berada di grup yang tidak terlalu susah, berhadapan dengan Rusia dan negara persemakmuran Wales. Grup C, D dan E merupakan grup yang relatif berat. Di grup C, Jerman harus berjibaku dengan Polandia dan Ukraina. Sementara Republik Ceko, Kroasia dan Turki punya potensi yang hampir sama untuk menjegal Spanyol di grup D. Sementara tidak ada unggulan berarti di grup E yang dihuni Belgia, Italia, Swedia dan Irlandia. Grup F menjadi grup paling enteng, karena Portugal tergabung bersama tiga tim yang tidak punya prestasi historis di Euro.


Beberapa rumah taruhan dunia memprediksi tim-tim seperti Jerman, Spanyol atau tuan rumah Prancis sebagai juara, sementara tim-tim seperti Inggris, Belgia dan Italia diprediksi punya potensi kejutan. Lantas bagaimana dengan prediksi versi Cepat Lambat? Berikut prediksi 10 tim terbaik di Euro 2016 mendatang.


1. Prancis

Daftar Tim dan Prediksi Juara Piala Eropa 2016

Bermain di rumah sendiri jelas menjadi faktor utama Prancis menjadi unggulan. Selain itu, pemain-pemain Les Blues memiliki rataan usia muda. Paul Pogba, Antoine Griezmann, Hugo Lloris atau Oliver Giroud menjadi tumpuan pasukan Didier Deschamps untuk merengkuh gelar Euro ketiga mereka. Isu kasus Karim Benzema dan Mathieu Valbuena mungkin menjadi satu-satunya kerikil menuju pergelaran Juni mendatang.

(baca juga daftar pemain Prancis)


2. Jerman

Juara dunia Jerman jelas menjadi unggulan di tiap kompetisi yang mereka ikuti. Ozil, Reus, Muller, Gotze atau Draxler masih menjadi tumpuan untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan. Dengan kualitas Der Panzer sebagai spesialis turnamen, target minimal semifinal hampir pasti diraih oleh tim asuhan Joachim Low ini.

3. Spanyol

Juara bertahan dua kali, di tahun 2008 dan 2012, Spanyol menjadi unggulan berikutnya. Vicente Del Bosque masih dipusingkan oleh isu penyerang utama, setelah Alvaro Morata, Paco Alcacer atau Diego Costa dirasa belum layak menjadi penyerang utama timnas. Meski begitu, kekuatan pertahanan dan lini tengah menjadi kelebihan La Furio Roja menuju pergelaran Euro nanti.

4. Belgia

Golden generation Belgia akan diuji di ajang Euro, setelah sukses menggapai perempat final Piala Dunia 2014 lalu. Sejumlah bintang seperti Hazard, Fellaini, Lukaku, Kompany, Courtois, Nainggolan dan Witsel diharapkan mengeluarkan performa terbaiknya di Prancis Juni mendatang. Jangan heran jika The Red Devils menjadi tim kejutan yang mengalahkan tim-tim kuat lainnya.

5. Italia

Kerap tak diunggulkan, namun Italia juga kerap membuat kejutan. Tim Azzuri bisa saja langsung tersisih di babak grup, namun juga bisa saja melaju ke partai final. Tidak ada yang bisa memprediksi tim ini. Kombinasi skuad tua seperti Buffon, Pirlo dan De Rossi, pemain di usia matang seperti Marchisio, Bonucci dan Candreva, serta pasukan muda seperti Verratti, El Shaarawy dan Florenzi diharapkan mampu membawa Italia sejauh mungkin.

6. Inggris

Rekor 100% Inggris di kualifikasi memang patut diacungi jempol. Namun faktanya belum ada pihak yang berani menjagokan Inggris menjadi juara Euro. Ya, Inggris memang dikenal kerap melempem di turnamen sesungguhnya. Meski begitu, bukan tidak mungkin semi final atau bahkan final diraih oleh tim asuhan Roy Hodgson, asalkan pemain kunci seperti Rooney, Kane, Sterling atau Barkley mampu tampil apik.

7. Kroasia

Melihat skuad Kroasia yang dihuni Rakitic, Modric, Mandzukic, Kalinic, Kovacic hingga Perisic, jelas mengisyaratkan tim ini bukan tim sembarangan. Kroasia diprediksi bisa membuat kejutan. Target perempat final sangat mungkin dicapai, dan dengan sedikit keberuntungan, bisa saja melangkah lebih jauh.

8. Portugal

Cristiano Ronaldo menjadi nama utama yang disebut jika membicarakan timnas Portugal. Faktanya memang Ronaldo adalah pemain kunci utama Seleccao, meski peran pemain lain seperti Moutinho, Nani dan Coentrao juga tidak bisa disepelekan. Butuh upaya keras agar tim ini bisa mengulangi pencapaian di Euro 2012 saat Portugal melaju hingga babak semifinal.

9. Polandia

Ketajaman Robert Lewandowski sebagai top skor babak kualifikasi jelas menjadi senjata utama Polandia di Piala Eropa mendatang. Pemain lain seperti Glik, Szczesny, Milik dan Krychowiak juga diharapkan menampilkan performa maksimal. Tim ini juga dinilain sebagai tim paling impresif sepanjang babak kualifikasi.

10. Turki

Turki lolos ke Euro dengan dinaungi keberuntungan. Hanya meraih satu poin di tiga laga awal, Turki memastikan lolos sebagai peringkat ketiga terbaik di detik-detik akhir, yang juga bergantung pada dua laga lain secara bersamaan. Setelah memastikan lolos, layak untuk dinantikan performa tim yang bertumpu pada pemain seperti Arda Turan, Calhanoglu, Burak Yilmaz dan Gokhan Tore ini.


Itulah info sepakbola mengenai Piala Eropa 2016, mulai dari daftar tim, pembagian grup hingga prediksi juara nantinya. Kita tunggu saja pergelaran Euro 2016 pada bulan Juni hingga Juli nanti. Tim mana yang Anda dukung? Silahkan tulis di kolom komentar.


(CepatLambat)

21 Komentar untuk "Daftar Tim dan Prediksi Juara Piala Eropa 2016"