Info Pendaftaran dan Pengumuman SNMPTN 2016

SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). SNMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi SNMPTN menjadi seleksi paling awal untuk menerima calon mahasiswa baru menuju perguruan tinggi negeri tertentu. Dalam seleksi SNMPTN ini, perguruan tinggi yang boleh dituju hanya perguruan tinggi negeri (PTN) saja, sehingga untuk mendaftar ke perguruan tinggi swasta harus melalui administrasi terkait. Calon mahasiswa yang boleh ikut adalah pelajar yang lulus SMA/SMK/sederajat.

Seleksi SNMPTN ini gratis tanpa dikenakan biaya. Penilaian dilakukan secara tertutup oleh Kemendikbud dan panitia di masing-masing PTN. Beberapa aspek menjadi kriteria penilaian, mulai dari urutan prioritas, hasil Ujian Nasional, nilai rapor SMA, nilai mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan yang dipilih, akreditasi sekolah asal dan prestasi non-akademik lain. Dalam beberapa tahun terakhir, itu adalah beberapa kriteria yang diambil sebagai acuan untuk menerima calon mahasiswa. Namun tentu bisa saja ada perubahan standar tiap tahunnya.

Info Pendaftaran dan Pengumuman SNMPTN 2016


Pendaftaran SNMPTN 2016 sudah dibuka sejak awal tahun 2016. Beberapa universitas favorit banyak menjadi tujuan para pelajar SMA untuk melanjutkan pendidikan. Tentu semakin bagus universitas, maka semakin banyak pesaing. Hal ini menjadikan persaingan agar diterima menjadi semakin sengit. Sama halnya dengan jurusan, semakin prospek jurusan yang dituju, maka kompetitornya juga akan semakin banyak. Tentu dibutuhkan tips masuk PTN favorit yang tepat agar bisa memilih jurusan yang tepat dan diterima di PTN yang diinginkan.

Dalam mendaftar SNMPTN 2016, ada dua tahap yang harus dilakukan. Yang pertama yaitu melakukan pengisian PDSS (Pangkalan Data Siswa dan Sekolah), melalui pihak sekolah. Nantinya tiap siswa akan memiliki akun dan password di laman resmi SNMPTN. Setelah itu, pihak sekolah melakukan pengisian nilai akademik di laman resmi SMPTN tersebut. Jika sudah memenuhi persyaratan lain, maka siswa melakukan verifikasi data diri untuk mendaftar di web SNMPTN, yang meliputi biodata, pas foto, PTN yang dituju, jurusan yang dipilih dan lain-lain.

Pendaftar dapat memilih maksimal dua pilihan PTN, dengan satu PTN di antaranya harus berasal dari provinsi pendaftar. Tiap PTN, pendaftar boleh memilih maksimal dua jurusan. Urutan PTN dan jurusan yang dipilih menentukan prioritas utama pendaftar. Berikut kami tampilkan tanggal-tanggal penting dalam pendaftaran SNMPTN 2016.

Jadwal SNMPTN 2016

1. Pengisian dan verifikasi PDSS - 18 Januari sampai 20 Februari 2016
2. Pendaftaran SNMPTN - 29 Februari sampai 12 Maret 2016
3. Pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN - 22 Maret sampai 21 April 2016
4. Proses seleksi - 24 Maret sampai 8 Mei 2016
5. Pengumuman hasil seleksi - 10 Mei 2016
6. Proses verifikasi & pendaftaran ulang di PTN (bagi yang lulus) - 31 Mei 2016



Proses seleksi akan dilakukan mulai tanggal 24 Maret 2016 sampai 8 Mei 2016. Sedangkan pengumuman hasil seleksi SNMPTN 2016 akan dilakukan pada tanggal 10 Mei 2016. Keputusan yang ditetapkan oleh panitia SNMPTN tidak bisa dirubah. Hasil seleksi bisa dilihat di laman web resmi SNMPTN, dimana pendaftar harus login terlebih dahulu untuk melihat hasilnya. Sekian info pendaftaran dan pengumuman SNMPTN 2016 ini, semoga bisa bermanfaat.


(CepatLambat)

1 Response to "Info Pendaftaran dan Pengumuman SNMPTN 2016"