Tips, Trik dan Cara Bermain PES 2016

PES, atau Pro Evolution Soccer edisi tahun 2016 telah dirilis. Game produksi Konami ini menjadi salah satu game bola terpopuler. Jika dibanding FIFA, game PES lebih populer di Indonesia. Maka tak heran jika game PES terbaru selalu ditunggu kehadirannya tiap tahun, tak terkecuali dengan PES 2016. Seri game baru ini tersedia di konsol PS4, Xbox One dan juga di PC/komputer. Tentu terdapat fitur-fitur baru, mulai dari pilihan permainan, tim yang bisa dimainkan hingga gameplay dan kontrol bola yang selama ini menjadi bahasan penting para gamers. Dibanding PES 2014 atau PES 2015, seri 2016 ini dirasa lebih baik, terutama soal grafik dan gameplay yang lebih berkualitas.

Tentu ada perbedaan antara game ini dengan versi-versi sebelumnya, mulai dari pergerakan tanpa bola yang lebih dinamis hingga serangkaian atribut lainnya. Untuk itu bagi yang biasa memainkan PES 2015 tentu akan sedikit mengalami kesulitan saat awal-awal memainkan PES 2016 karena belum terbiasa dengan gameplay baru. Untuk itu, berikut kami sediakan tips dan trik yang ampuh untuk bisa bermain game PES 2016 ini. Berikut tips trik selengkapnya.

(baca juga trik PES 2017)

Tips, Trik dan Cara Bermain PES 2016

Trik Cara Bermain PES 2016


1. Jangan gunakan strategi terlalu menyerang

Hampir semua gamer lebih senang melakukan serangan dibandingkan bertahan dalam PES. Ya, menyerang memang baik, apalagi jika bisa menghasilkan gol. Namun yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi, jangan menggunakan formasi yang terlalu offensive. Terkadang para gamer menyusun formasi menyerang yang berlebihan, seperti memasang empat pemain depan. Hal ini malah bisa berdampak pada lini belakang yang menjadi rapuh. Gunakan formasi sewajarnya yang seimbang, dan kita tetap bisa mengaplikasikan strategi menyerang di lapangan.

2. Gunakan umpan terobosan

Passing termasuk atribut penting yang harus dikuasai agar bisa mahir dalam game PES 2016. Gunakan umpan terobosan untuk bisa mengirim umpan yang membelah pertahanan lawan. Gunakan umpan terobosan manual dengan tepat sehingga pemain depanmu bisa mendapat bola lebih cepat dibanding pemain bertahan lawan. Tentunya pertimbangkan juga posisi dari pemain bertahan lawan serta laju penyerang kita.

3. Jangan terlalu sering melakukan sprint

Sebagai pemain PES, tentu tombol R1 seakan menjadi tombol keramat. Namun jangan terlalu sering melakukan sprint. Lakukan sprint saat ada celah kosong di depan, atau saat akan mendapatkan bola dalam keadaan 50/50. Namun jika lawan sedang memegang bola, jangan berlari terlalu banyak karena itu hanya akan menghabiskan stamina pemain serta menguntungkan lawan yang malah lebih leluasa melakukan serangan. Lakukan sprint seperlunya, jika tidak, maka jangan lakukan.

4. Lakukan tembakan dengan tepat

Melakukan shooting merupakan atribut utama untuk mencetak gol. Dalam PES 2016, shooting menjadi aspek yang penting. Lakukan tembakan dengan tepat, terutama dalam kondisi one on one. Dalam situasi satu lawan satu dengan kiper, pertimbangkan beberapa faktor, seperti jarak dengan kiper serta posisi kiper lawan. Jangan melakukan tembakan terlalu keras, upayakan untuk mengatur penempatan posisi shooting. Jika memungkinkan, bisa juga melakukan lob shot, meski teknik ini terlalu beresiko. Pastikan pemain yang dikendalikan menembak dengan kaki terkuat mereka, jadi usahakan untuk tahu kaki terkuat pemain dalam tim, apakah kaki kanan, kaki kiri atau keduanya.

5. Lakukan umpan lambung dengan timing yang pas

Jika di PES 2015 umpan lambung seakan terlalu keras, maka di edisi 2016 dibutuhkan timing yang pas untuk melakukannya. Saat membangun serangan di tengah, ikuti pergerakan pemain depan kita dan lakukan umpan lambung tepat sebelum ia dalam posisi offside. Langkah ini tepat dilakukan terutama saat melakukan counter attack, dimana kerap terjadi duel pengejaran bola antara pemain depan kita dengan pemain belakang lawan.

6. Kuasai permainan di lini tengah

Lini tengah merupakan sektor vital dalam pertandingan sepakbola. Cobalah untuk fokus menguasai sektor tengah dalam permainan. Jika sektor ini berhasil dikuasai, maka aliran bola dari belakang ke depan akan menjadi lancar. Selain itu, lawan akan susah melakukan serangan jika sektor tengah kita dominasi.

7. Pelajari dan gunakan skill kontrol bola

PES merupakan game sepakbola dengan kontrol yang cukup rumit. Ada beberapa trik dan skill yang bisa kita kuasai. Cobalah untuk menguasai beberapa skill dalam PES, yang bisa berguna dalam membongkar pertahanan lawan. Kita bisa memanfaatkan menu latihan, atau menantang teman kita untuk bisa menggunakan skill-skill yang kita pelajari.


Itu tadi info mengenai trik PES 2016 serta tips tips lain selengkapnya. Tips-tips di atas bisa diaplikasikan dan diterapkan agar kita bisa lebih menguasai game Pro Evolution Soccer ini. Tentu yang paling penting adalah pengalaman, karena semakin sering kita bermain, maka kita akan menjadi semakin ahli. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat.


(CepatLambat)

1 Response to "Tips, Trik dan Cara Bermain PES 2016"