Tips Cara Memilih Nama Domain Website yang Bagus

Di era digital seperti sekarang, keberadaan internet menjadi sangat vital. Banyaknya website dan situs baru yang bermunculan menjadi buktinya. Hal ini tentu berbeda dibanding era beberapa tahun lalu dimana sumber informasi internet masih didominasi beberapa nama saja. Kini semua bisa membuat blog, website dan portal berita sendiri. Meski begitu hal ini menciptakan persaingan situs internet, dimana nama-nama besar masih terdepan.

Bagi yang ingin membuat website sendiri, tentu pemilihan nama domain menjadi sangat penting. Domain merupakan nama alamat url yang akan digunakan suatu situs untuk seterusnya. Domain biasanya terdiri dari dua kata, namun ada juga yang hanya 1 kata atau lebih dari 2 kata. Domain yang terlalu panjang tentu tidak bagus.

(baca juga daftar web browser terbaik)

Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih nama domain yang bagus. Beberapa nama domain yang bagus dan menarik tentu sudah digunakan, sehingga kita harus pintar dan kreatif untuk menggunakan nama domain yang masih belum digunakan. Berikut info tips trik untuk memilih nama domain blog dan website/situs web yang bagus dan menarik.

Tips Cara Memilih Nama Domain Website yang Bagus

Tips Memilih Nama Domain


1. Buat Nama yang Unik dan Berkesan

Nama domain merupakan kesan pertama yang dilihat orang. Pastikan nama website kamu unik dan juga berkesan. Hal ini akan memudahkan orang untuk kembali berkunjung ke blog atau website kita.

2. Jangan Gunakan Nama yang Panjang

Usahakan tidak memakai nama domain yang panjang. Nama yang sangat panjang akan susah diingat oleh orang, selain itu tidak bagus untuk SEO. Rasanya dua atau tiga kata atau kira-kira 20 karakter mungkin bisa jadi batas maksimal untuk menjadi nama domain. Lebih singkat juga lebih bagus.

3. Gunakan Ekstensi yang Tepat

Dalam memilih domain, peran ekstensi juga sangat tepat. Ekstensi yang dimaksud merupakan kata setelah domain di antaranya adalah .com, .co.id, .net dan lain-lain. Gunakan ekstensi yang tepat dan jangan gunakan ekstensi gratisan seperti .tk atau .ga. Untuk saat ini, rasanya ekstensi .com atau .net menjadi yang paling populer

4. Jangan Gunakan Simbol, Angka atau Tanda Hubung

Ya, kalau bisa jangan gunakan simbol atau angka atau tanda hubung. Misalnya infoakurat1095.com, infoakurat!!!.com atau info-akurat.com. Hindari penggunaan seperti di contoh, akan lebih baik hanya berisif huruf saja agar lebih mudah diingat dan lebih gampang dieja.

5. Nama Sesuai Konten Blog/Website

Tentu akan aneh jika ada website bernama musikpopuler.com tapi isinya tentang olahraga bukan? Untuk itu pilih nama domain yang sesuai dan berhubungan dengan isi dan konten dalam blog atau website. Penggunaan nama yang tidak nyambung dengan konten juga tidak baik untuk SEO.


Semoga info tips trik dan cara memilih nama domain website tersebut bisa bermanfaat. Tentu pemilihan nama kembali pada selera dan keinginan masing-masing individu. Jika punya tips lain, silahkan berbagi di kolom komentar berikut.

0 Response to "Tips Cara Memilih Nama Domain Website yang Bagus"

Posting Komentar