10 Grup Band Metal Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Metal dikenal sebagai aliran musik yang keras dan cadas. Tak heran mengingat musik metal memiliki distorsi gitar yang kencang serta tempo cepat. Belum lagi ditambah dengan lirik lagu metal yang seram dan mistis, kadang berkaitan dengan hantu, neraka atau ilmu hitam. Dan hal ini masih ditambah dengan fashion dan penampilan band metal yang eksentrik dan terkesan horor. Hal itu semua membuat metal menjadi genre musik yang berbeda dari yang lain.

Meski begitu, musik metal banyak digemari dan jadi salah satu genre musik yang populer. Sejak pertama muncul di tahun 70an, musik metal berkembang cepat. Band band metal pun banyak yang berdiri dan menghasilkan lagu metal terbaik yang populer. Sejumlah subgenre metal pun bermunculan seperti heavy metal, death metal, black metal, hardcore, metalcore, power metal, thrash metal, rapcore, gothic metal, nu metal dan lain-lain.

Apapun jenis aliran metal yang dibawakan, mereka tetap disebut sebagai grup band beraliran metal. Era keemasan metal bisa dibilang ada pada tahun 70an dan 80an, meski di era musik modern juga kian banyak band metal baru yang muncul dengan warna baru. Meski begitu, band metal baru ini belum mampu menandingi band metal klasik yang sudah malang melintang di industri musik dunia, baik secara kualitas musik, lagu hingga pengaruh yang diberikan.

Untuk itu, kali ini akan kami susun list 10 grup band terbaik yang beraliran metal. Daftar band metal terbaik di dunia disusun berdasarkan aspek dan kriteria, serta tidak terbatas pada subgenre metal yang dibawakan. Berikut daftar 10 band metal terbaik sepanjang masa selengkapnya update terbaru.

10 Band Metal Terbaik Sepanjang Masa


1. Black Sabbath


Black Sabbath merupakan band beraliran heavy metal yang dibentuk pada tahun 1968 di kota Birmingham, Inggris. Personilnya terdiri dari Ozzy Osbourne, Tony Iommi, Geezer Butler dan Bill Ward. Band ini kerap disebut sebagai band pelopor musik metal untuk pertama kalinya. Mereka merilis album debut di tahun 1970 dan menjadi awal munculnya musik heavy metal. Dengan fakta tersebut ditambah dengan beberapa lagu metal hits yang mereka bawakan seperti Paranoid, Iron Man, War of Pigs dan Children of Grave, tak heran jika hampir semua kritikus dan media musik berpendapat bahwa Black Sabbath adalah band metal terbaik sepanjang masa.

2. Metallica

Band Metal Terbaik

Band metal yang satu ini jadi salah satu yang paling populer. Metallica terdiri dari James Hetfield, Lars Ulrich, Kirk Hammett dan Robert Trujillo. Mengusung genre heavy metal dan thrash metal, Metallica jadi salah satu band metal populer di tahun 80an sampai sekarang. Beberapa lagu terbaik Metallica yang mereka hasilkan antara lain adalah Enter Sandman, One, Sad but True serta For Whom the Bells Tolls.

3. Iron Maiden

Band Metal Terbaik

Band metal barat terbaik lainnya adalah Iron Maiden. Band asal London, Inggris ini pertama merilis album debut di tahun 1980. Sejak itu, mereka masuk jajaran band metal papan atas dunia. Mereka pun jadi pioneer munculnya band heavy metal di Inggris. Anggotanya antara lain adalah Bruce Dickinson, Steve Harris dan Adrian Smith, sedangkan lagu hits Iron Maiden misalnya adalah Run to the Hills, The Number of Beasts dan The Trooper.

4. Megadeth

Band Metal Terbaik

Tidak lengkap membuat daftar band metal terbaik di dunia tanpa menyebut nama Megadeth. Band yang terdiri dari Dave Mustaine, David Ellefson, Kiko Louireo Loureiro dan Dirk Verbeure ini mengusung aliran musik thrash metal dan speed metal. Mereka banyak membuat lagu yang bertemakan kematian, perang dan politik. Beberapa lagu hits yang dihasilkan Megadeth adalah Symphony of Destruction, Peace Sells dan Hangar 18.

5. Slayer

Band Metal Terbaik

Band asal California, Slayer merupakan band metal yang beranggotakan Tom Araya, Kerry King, Paul Bostaph dan Gary Holt. Slayer menjadi salah satu anggota Big Four of Thrash Metal Bands, merujuk pada 4 band thrash metal populer di tahun 80an, bersama dengan Metallica, Megadeth dan Anthrax. Slayer menghasilkan sejmlah lagu thrash metal yang populer seperti Eyes of the Insane, Angel of Death dan Raining Blood.

6. Judas Priest

Band Metal Terbaik

Dibentuk di tahun 1969, Judas Priest kemudian menjadi salah satu grup band beraliran metal yang terkenal. Mereka banyak memberi pengaruh pada industri musik metal, terutama di tahun 80an. Beranggotakan Ian Hill, Glenn Tipton, Rob Halford, Scott Travis dan Richie Faulkner, Judas Priest konsisten menghasilkan lagu heavy metal yang enak didengar, sebut saja seperti Breaking the Law, Living After Midnight dan You've Got Another Thing Comin'.

7. Pantera

Band Metal Terbaik

Band ini terdiri dari Phil Anselmo, Rex Brown, Dimebag Darrell dan Vinnie Paul. Pantera juga jadi salah satu band yang memperkenalkan aliran groove metal. Mereka pun mampu konsisten berkarir selama 23 tahun sebelum memutuskan bubar pada tahun 2013. Meski begitu Pantera kerap dianggap sebagai salah satu band metal terpopuler terutama lewat lagu seperti Cowboys from Hell, Walk, Floods dan Cemetery Gates.

8. Death

Band Metal Terbaik

Death merupakan salah satu band metal populer asal Florida, Amerika Serikat yang dibentuk oleh Chuck Schuldiner. Band yang berarti kematian ini menjadi salah satu band paling berpengaruh bagi musik heavy metal. Mereka juga menjadi salah satu pelopor musik death metal. Sejumlah lagu terbaik Death antara lain adalah Lack of Comprehension, Zombie's Ritual dan Together as One.

9. Dio

Band Metal Terbaik

Band ini dibentuk pada tahun 1982. Nama Dio dipilih merujuk pada nama vokalis mereka, Ronnie James Dio, yang juga mantan vokalis band Black Sabbath. Band ini aktif di tahun 80an serta pada tahun 90an dan 2000an sebelum bubar di tahun 2010 setelah kematian vokalis Ronnie James Dio. Lagu metal bagus yang dihasilkan oleh Dio di antaranya adalah Holy River dan Rainbow in the Dark.

10. Motorhead

Band Metal Terbaik

Band metal yang terkenal lainnya adalah Motorhead. Band ini dikenal terutama di tahun 80an dan 90an. Mengusung aliran heavy metal dan speed metal, Motorhead paling dikenal lewat signature song-nya yaitu Ace of Spades. Mereka kerap berganti personil sebelum akhirnya resmi bubar pada tahun 2015 lalu.

Band metal terpopuler lainnya

  • Tool (progressive metal, alternative metal)
  • Napalm Death (grindcore, death metal)
  • Anthrax (heavy metal, thrash metal, speed metal)
  • Dream Theater (progressive metal)
  • Slipknot (heavy metal, alternative metal, nu metal)
  • System of a Down (nu metal, alternative metal, progressive metal)
  • Cannibal Corpse (death metal)
  • Helloween (power metal, speed metal)
  • Korn (nu metal, alternative metal)
  • Avenged Sevenfold (heavy metal, progressive metal)

Itulah info musik mengenai daftar band metal terbaik sepanjang masa terbaru lengkap. Tentu sejumlah band metal terkenal di dunia seperti Black Sabbath, Iron Maiden, Metallica atau pun Judas Priest banyak disebut sebagai band heavy metal terbesar dengan jumlah penggemar terbanyak di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mereka pun banyak menghasilkan lagu metal hits terpopuler sepanjang sejarah. Band lain seperti AC/DC, Led Zeppelin, Deep Purple atau Guns N' Roses tidak masuk dalam list karena lebih cocok dikategorikan sebagai band rock.

0 Response to "10 Grup Band Metal Terbaik Dunia Sepanjang Masa"

Posting Komentar