Daftar 7 Nama Benua Terbesar dan Terluas di Dunia

Benua merupakan istilah untuk daratan yang sangat besar yang ada di Planet Bumi. Dalam bahasa Inggris, benua disebut dengan continent. Secara umum, daratan-daratan ini dipisahkan berdasarkan kriteria tertentu, biasanya karena terpisah oleh laut. Pengertian benua secara umum merupakan daratan besar dan sangat luas yang terhubung di dunia, biasanya dipisahkan oleh perairan satu sama lain. Tiap benua yang ada juga memiliki batas pantai dengan lautan dunia.

Normalnya benua hanya menghitung negara atau kawasan dalam suatu daratan yang tergabung, namun pada prakteknya banyak negara atau pulau yang terpisah yang masih dihitung masuk dalam suatu benua tertentu. Tiap benua juga terdiri dari beberapa negara yang dihuni oleh penduduk. Pengecualian hanya terjadi pada benua Antartika, dimana hanya beberapa peneliti saja yang bermukim dalam jangka waktu sementara.

Terdapat beberapa klasifikasi benua yang diakui di dunia, yaitu :

1. Konsep 4 benua, terdiri dari Afro-Eurasia (gabungan Afrika-Eropa-Asia), Amerika (gabungan Amerika Utara dan Selatan), Australia dan Antartika.

2. Konsep 5 benua, terdiri dari Afrika, Asia, Eropa, Amerika (gabungan Amerika Utara dan Selatan) dan Australia

3. Konsep 6 benua (1), terdiri dari Afrika, Asia, Eropa, Amerika (gabungan Amerika Utara dan Selatan), Australia dan Antartika.

4. Konsep 6 benua (2), terdiri dari Afrika, Eurasia (gabungan Eropa-Asia), Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia dan Antartika.

5. Konsep 7 benua, terdiri dari Afrika, Eropa, Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia dan Antartika.

Secara umum, konsep 7 benua yang paling umum digunakan yang menghitung semua benua dan sub-benua yang ada. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan memang kerap digabung dan dianggap pada satu benua yang sama. Begitu juga Eropa dan Asia membentuk Eurasia, karena keduanya terletak pada daratan yang berhubungan. Meski begitu secara umum Eropa dan Asia adalah dua benua yang berbeda, begitu juga Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Berikut ini akan kami tampilkan info mengenai benua terbesar di dunia berdasarkan total luas wilayah. Luas wilayah yang dihitung merupakan luas wilayah daratan saja, tidak menghitung wilayah perairan. Selain itu akan ditampilkan info jumlah populasi penduduk dan jumlah negara yang ada di benua tersebut. Berikut daftar 7 nama benua terluas di dunia dengan menggunakan konsep teori 7 benua selengkapnya.

Daftar 7 Benua Terbesar dan Terluas di Dunia


1. Benua Asia

Benua Terbesar di Dunia

Luas area : 44.579.000 km persegi
Populasi penduduk : 4,17 milyar jiwa
Jumlah negara : 48 negara yang diakui PBB dan 6 negara dependen

Asia menjadi benua terbesar dan terluas di dunia dengan total luas wilayah yaitu 44,5 juta kilometer persegi. Asia juga menjadi benua dengan jumlah populasi penduduk terbanyak yaitu sebanyak 4,17 milyar jiwa. Benua Asia terletak di dataran Eurasia yaitu gabungan Eropa dan Asia. Total luas area Asia mencapai 30% dari luas daratan di Bumi. Benua ini berbatasan dengan Samudera Pasifik di bagian timur, berbatasa dengan Samudera Hindia di bagian selatan, berbatasan degan Samudera Arktik di bagian utara serta berbatasan dengan benua Eropa di bagian barat.

Terdapat total 48 negara Asia yang diakui oleh PBB dan 6 negara dependen lainnya. Negara terluas di benua Asia adalah Rusia dimana sebagian wilayahnya termasuk di benua Eropa, diikuti oleh Cina dan India. Sedangkan negara terkecil di benua Asia adalah Maladewa diikuti oleh Singapura dan Brunei. Beberapa negara di benua Asia lainnya antara lain adalah Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, Iran, Qatar, Thailand, Malaysia dan Indonesia.

2. Benua Afrika

Benua Terbesar di Dunia

Luas area : 30.370.000 km persegi
Populasi penduduk : 1,2 milyar jiwa
Jumlah negara : 54 negara yang diakui PBB

Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia. Total luas wilayah benua Afrika mencapai 30,37 juta kilometer persegi, sedangkan jumlah penduduk Afrika adalah 1,2 milyar jiwa. Benua Afrika mencakup 20,4% total daratan di dunia. Afrika berbatasan dengan Laut Mediterania di bagian utara, Terusan Suez dan Laut Merah di bagian timur laut, Samudera Hindia di bagian tenggara dan Samudera Atlantik di bagian barat.

Terdapat 54 negara yang diakui oleh PBB di Afrika serta 9 negara dependen. Negara terbesar di Afrika adalah Aljazair sedangkan negara dengan populasi penduduk terbanyak adalah Nigeria. Afrika juga memiliki keragaman suku, bahasa dan budaya yang bervariasi. Beberapa negara di benua Afrika antara lain adalah Afrika Selatan, Kamerun, Mesir, Tunisia, Maroko, Madagaskar dan Kenya.

3. Benua Amerika Utara

Benua Terbesar di Dunia

Luas area : 24.709.000 km persegi
Populasi penduduk : 565,27 juta jiwa
Jumlah negara : 23 negara yang diakui PBB

Amerika Utara merupakan salah satu benua yang berada di bagian utara daratan benua Amerika. Banyak menganggap ini adalah sub-benua, namun banyak pihak yang juga menganggap Amerika Utara sebagai benua utama. Luas wilayah Amerika Utara mencapai 24,7 juta km persegi atau sekitar 16,5% luas darat di dunia. Amerika Utara berbatasan dengan Samudera Arktik di bagian utara, dengan Samudera Atlantik di bagian timur, dengan Samudera Pasifik di bagian barat dan selatan serta dengan Amerika Selatan di bagian tenggara.

Terdapat 23 negara yang diakui yang ada di Amerika Utara. Negara-negara di Amerika Utara banyak terpengaruh budaya barat di Eropa. Bahasa yang banyak digunakan di negara Amerika Utara adalah Inggris, Spanyol dan Prancis. Negara terluas di Amerika Utara adalah Kanada sedangkan negara dengan penduduk terbanyak adalah Amerika Serikat. Negara lain di Amerika utara antara lain yaitu Meksiko, Jamaika, Kuba dan Kosta Rika.

4. Benua Amerika Selatan

Benua Terbesar di Dunia

Luas area : 17.840.000 km persegi
Populasi penduduk : 410,01 juta jiwa
Jumlah negara : 12 negara yang diakui PBB

Amerika Selatan merupakan benua yang terletak di bagian selatan kawasan benua besar Amerika. Benua ini berbatasan dengan Samudera Pasifik di bagian barat, dengan Samudera Atlantik di bagian utara dan timur serta dengan Amerika utara dan Laut Karibia di bagian barat dan utara. Benua Amerika Selatan juga kerap disebtu Amerika latin. Total luas daerahnya adalah 17,85 juta km persegi, terbesar keempat di antara benua lain.

Terdapat total 12 negara yang diakui yang ada di Amerika Selatan. Brasil menjadi negara terbesar di Amerika Selatan, baik dari segia area luas wilayah maupun dari jumlah populasi penduduk. Negara-negara lain yang ada di benua Amerika Selatan adalah Argentina, Kolombia, Uruguay, Peru, Chili, Bolivia, Venezuela, Paraguay, Ekuador, Guyana dan Suriname. Kebanyakan negara Amerika Selatan menggunakan bahasa Spanyol dan Portugal.

5. Benua Antartika

Benua Terbesar di Dunia

Luas area : 14.000.000 km persegi
Populasi penduduk : 5 ribu jiwa (sementara)

Antartika menjadi benua terbesar kelima di dunia. Benua ini memiliki luas wilayah sebesar 14 juta kilometer persegi dan berad di daerah Kutub Selatan. Antartika dikelilingi oleh lautan bagian selatan Bumi. Sekitar 98% area di Antartika dilapisi oleh es. Antartika juga menjadi benua yang tidak dihuni secara tetap, namun terdapat sekitar 5 ribu jiwa yang tinggal sementara. Mereka adalah ilmuwan dan peneliti yang melakukan penelitian yang berasal dari beberapa negara.

Benua ini menjadi benua dengan suhu terdingin. Banyak juga tumbuhan dan hewan yang tinggal di habitat Antartika. Benua ini juga jadi tempat di Bumi yang paling terakhir ditemukan karena baru dijelajah mulai tahun 1820. Perjanjian internasional dibuat yang melarang segala jenis tindakan militer dan penambangan area serta hal lain yang berkaitan dengan nuklir dan sumber daya alam.

6. Benua Eropa

Benua Terbesar di Dunia

Luas area : 10.180.000 km persegi
Populasi penduduk : 742,45 juta jiwa
Jumlah negara : 50 negara yang diakui PBB dan 4 negara dependen

Benua Eropa merupakan benua terbesar ke-6 atau benua terkecil ke-2. Total area di benua Europe ini hanya 10,18 juta kilometer persegi saja. Meski begitu jumlah penduduknya mencapai 742,45 juta jiwa atau yang terbanyak ketiga dibanding benua lain. Eropa berbatasan dengan Samudera Arktik di bagian utara, dengan Samudera Atlantik di bagian barat, dengan Laut Mediterania di bagian selatan serta dengan benua Asia di bagian timur. Benua Eropa dan Asia memiliki daratan yang menyatu hingga kerap dijuluki sebagai benua besar Eurasia.

Terdapat 50 negara yang diakui di Eropa serta 4 negara dependen lainnya. Rusia jadi negara dengan luas area terbesar, dimana sebagian wilayah negara ini juga masuk benua Asia. Rusia juga jadi negara dengan populasi penduduk terbanyak di Eropa. Beberapa budaya barat lahir di Eropa, mulai dari zaman Yunani kuno, zaman kekaisaran Romawi, zaman abad pertengahan, era penemuan hingga revolusi industri di Eropa. Beberapa nama negara di Eropa antara lain adalah Jerman, Inggris, Spanyol, Italia, Prancis, Belanda, Portugal, Swiss, Polandia, Swedia dan lain-lain.

7. Benua Australia

Benua Terbesar di Dunia

Luas area : 8.600.000 km persegi
Populasi penduduk : 36 juta jiwa
Jumlah negara : 4 negara yang diakui (Australia), 14 negara yang diakui dan 25 negara dependen (Oceania)

Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia. Luas area benua Australia hanya 8,6 juta km persegi saja dengan jumlah penduduk 36 juta jiwa. Australia juga disebut dengan sebutan Australineaatau Meganesia. Benua ini terdiri dari daratan utama yaitu negara Australia serta pulau dan kepulauan lain yang ada di sekitarnya. Australia juga jadi negara terbesar dan paling banyak penduduk di benua Australia.

Secara geografis hanya ada 4 negara saja di benua ini yaitu Australia, Papua Nugini, Timor Leste dan sebagian Indonesia. Benua ini sendiri berada di kawasan yang disebut dengan sebutan Oceania. Kawasan Oceania mencakup benua Australia serta wilayah Melanesia, Mikronesia dan Polinesia. Total terdapat 14 negara di kawasan Oceania serta 25 negara dependen lain yang kebanyakan negara kepulauan dengan luas area yang kecil.

(baca juga daftar negara di Oceania)


Nah, itulah info daftar benua terbesar di dunia yang paling luas update terbaru. Benua Asia masih jadi benua terbesar di dunia dengan populasi penduduk terbanyak, sedangkan Australia menjadi benua terkecil di dunia. Sekian info pengetahuan umum kali ini.

0 Response to "Daftar 7 Nama Benua Terbesar dan Terluas di Dunia"

Posting Komentar