Macam Macam Jenis Genre Musik Populer

Di era modern saat ini, musik tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Tiap harinya kita mendengarkan musik, baik lewat handphone, TV atau media lain. Musik sudah ada sejak zaman dahulu. Dan seiring perkembanganya, banyak jenis dan aliran musik yang eksis. Genre musik seperti pop, rock, R&B atau hip hop memang sudah populer sejak beberapa dekade lalu. Namun aliran musik lain seperti metal, jazz, country atau reggae juga tidak kalah.

Tiap orang tentu memiliki selera musik masing-masing. Penggemar musik rock mungkin tidak akan suka dengan reggae atau jazz. Sebaliknya, para fans genre reggae mungkin tidak akan betah lama-lama mendengar lagu lagu rock. Hal ini lah yang membuat banyak genre musik yang populer, seiring dengan makin meluasnya mindset dan selera para penggemar musik.

Tidak ada klasifikasi aliran musik yang resmi. Namun secara umum, musik bisa dibedakan dari beberapa faktor teknis, seperti nada dan irama, tempo lagu hingga instrumen yang digunakan. Contoh pengelompokkan menurut nada dan irama misalnya genre musik hip hop yang memiliki nada nge-beat, yang berbeda dengan musik country dengan irama khas western. 

Macam Macam Jenis Genre Musik Populer

Sementara untuk tempo lagu bisa dicontohkan dari aliran musik reggae yang memiliki tempo yang lambat, yang berkebalikan dengan lagu lagu metal yang cepat. Sementara untuk instrumen dapat diambil contoh musik jazz, yang banyak menggunakan instrumen trumpet.

Hingga saat ini ada banyak macam macam genre musik yang populer. Dari sekian banyak list yang ada, akan coba kami klasifikasikan menurut beberapa genre musik utama yang banyak dikenal masyarakat, atau dalam hal ini, para penggemar musik.

Jenis Jenis Genre Musik

Blues

Musik blues sudah ada sejak abad 19. Genre musik ini lekat kaitannya dengan aliran jazz, folk dan rock n’ roll. Blues juga kerap dikombinasikan dengan genre lain sehingga menghasilkan warna musik baru, sebut saja seperti blues rock, country blues atau soul blues. Terdapat beberapa musisi blues yang eksis dan berpengaruh, seperti Ray Charles, Aretha Franklin, B. B. King, Jimmie Vaughan, Jeff Baxter dan Eric Clapton.

Country

Merupakan musik asli negara Amerika Serikat bagian selatan. Country sangat erat kaitannya dengan musik western dan sering mengiringi film film cowboy. Ciri khas lainnya yaitu penggunaan instrumen senar, seperti banjo dan akustik gitar. Di era modern ini, country kian populer dan menjadi salah satu genre favorit di Amerika. Beberapa musisi country terpopuler yaitu Johnny Cash, Kenny Rogers, Tim McGraw, Carrie Underwood dan Taylor Swift.

Electronic

Musik electronic memiliki artian yang cukup luas, namun secara umum dapat diartikan sebagai musik yang menggunakan instrumen dan teknologi elektronik. Beberapa subgenre populer dari electronic antara lain adalah disco, house, techno, DJ dan trance. Aliran musik ini banyak diputar di klub klub atau saat festival EDM (electronic dance music). Beberapa musisi electronic yang berpengaruh seperti Depeche Mode, The Human League, Daft Punk atau David Guetta.

Folk

Folk sudah ada sejak akhir 1890-an, namun baru mulai berkembang di awal 1900-an. Folk erat kaitannya dengan musik tradisional di masing-masing negara, Tak heran jika jenis musik ini kerap disebut traditional folk atau contemporary folk. Folk bisa dipadu dengan genre lain, dan menghasilkan fusion musik baru, seperti folk rock, electric folk dan folk metal. Musisi folk paling terkenal antara lain adalah Bob Dylan, John Denver, Julie Lester, dan Tracy Chapman.

Hip hop

Hip hop menjadi salah satu aliran musik terpopuler saat ini. Jenis musik ini sangat lekat dengan teknik musik rap, yaitu teknik menyanyi dengan tempo cepat dan lirik yang padat. Hip hop kini sudah menjadi sebuah culture, yang pertama dipopulerkan oleh golongan kulit hitam yang menetap di Amerika. Beberapa penyanyi dan band beraliran hip hop terbaik seperti Eminem, Public Enemy, Beastie Boys, Ice Cube, Notorious B.I.G. dan OutKast yang kerap menghasilkan lagu rap terbaik.

Jazz

Aliran ini memiliki beberapa karakteristik, mulai dari tempo yang slow, irama yang easy listening hingga penggunaan instrumen trumpet. Lagu lagu jazz banyak ditemui di kafe-kafe dan bar. Berbagai subgenre dari jazz antara lain yaitu swing, smooth jazz, funk jazz dan masih banyak lagi. Nama-nama musisi seperti Louis Armstrong, Miles Davis, John Coltrane dan Freddy Hubbard.

Latin

Jelas mendengar kata latin, maka kita akan teringat dengan negara Spanyol atau negara-negara di kawasan Amerika Latin. Begitu pula dengan jenis musik latin yang memang berasal dari sana. Musik latin kini telah merambah berbagai negara di dunia. Musisi seperti Shakira dan Enrique Iglesias kini juga mampu sukses secara internasional.

Metal

Metal terkenal dengan tempo cepat dan instrumen yang keras. Selain itu lagu lagu metal juga kerap menggunakan lirik lirik lagu yang kasar, menyeramkan dan horor. Meski begitu, musik metal tidak kehilangan minat. Banyak terdapat subgenre musik metal, seperti death metal, hardcore, metalcore, progressive metal, thrash metal dan nu metal. Band-band seperti Black Sabbath, Metallica, Iron Maiden dan Megadeth kerap disebut sebagai musisi metal paling berpengaruh.

Pop

Sejak dulu, pop bisa disebut sebagai jenis musik paling populer. Bahkan nama pop sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari kata popular. Musik pop sendiri tidak memiliki ciri khas khusus, dan kadang malah memiliki karakteristik identik dengan aliran lain. Namun secara umum musik pop kerap menggunakan instrumen gitar, bass dan drum. Michael Jackson dan Madonna, sering disebut sebagai popstar terpopuler sepanjang masa.

Punk

Jenis musik punk pertama populer sejak tahun 1970an. Punk merupakan pengembangan dari musik rock. Ciri khasnya adalah lagu dengan durasi pendek dan tempo yang super cepat, serta melodi yang keras. Ramones, Sex Pistols, The Clash, Blink-182 atau Green Day adalah band band punk terpopuler.

R&B 

Rhythm and blues, atau disingkat R&B, pertama dipopulerkan sejak tahun 1940an. R&B berkembang menjadi salah satu genre musik populer, bahkan hingga era modern saat ini. R&B juga kerap dikaitkan dengan subgenre electric, gospel dan soul. Berbagai musisi R&B yang terkenal yaitu Stevie Wonder, Mariah Carey, R. Kelly dan Whitney Houston.

Reggae 

Jamaika merupakan negara awal terbentuknya musik reggae. Jenis musik ini dikenal dengan tempo yang lambat dengan lirik lagu yang mengutamakan kebebasan. Saat ini, musik reggae memang tidak begitu diminati, namun masih banyak komunitas reggae yang ada di beberapa negara. Bob Marley, sampai saat ini masih menjadi musisi reggae paling berpengaruh sepanjang masa.

Rock 

Rock menjadi aliran musik terpopuler selama beberapa dekade. Terdapat banyak turunan musik dari genre musik rock, salah satunya punk dan metal. Rock sendiri juga memiliki beberapa subgenre, sebut saja alternative rock, indie rock, glam rock, psychedelic rock, rock n’ roll, britpop, grunge dan masih banyak lagi. Band-band seperti The Beatles, The Rolling Stone, Pink Floyd, Queen, Nirvana atau Led Zeppelin masih mendominasi jajaran band rock terbaik hingga sekarang.


Dari banyaknya jenis genre musik di atas, sebenarnya masih ada genre lain yang mungkin kurang disorot dan hanya ada di beberapa negara saja. Di Indonesia misalnya, ada aliran musik dangdut. Di negara-negara Asia juga ada genre K-Pop (Korean Pop) dan J-Pop (Japanese Pop). Lantas dari banyaknya genre dan subgenre musik yang mencapai ratusan, genre apa yang paling Anda sukai?

0 Response to "Macam Macam Jenis Genre Musik Populer"

Posting Komentar