Daftar 7 Negara dengan Industri Film Terbaik

Industri film sudah ada sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Dari mulai hanya bisa memproduksi film bisu dan hitam-putih, kini para sineas dunia sudah mampu membuat film dengan efek CGI yang canggih. Ya, industri film telah berkembang dengan sangat pesat, jika dibandingkan dengan awal mula film diproduksi. Jika dulu film hanya diproduksi dengan durasi pendek, tanpa suara, visual hitam-putih serta dengan properti seadanya, maka kini film bisa dibuat dengan berbagai bantuan animasi komputer, visual effect canggih, budget jutaan dolar hingga editing sound yang pas.

Maka tak heran jika film saat ini menjadi industri yang menggiurkan dan sangat prospek hampir di semua negara. Sebagai bagian dari masyarakat, tanpa kita sadari kita pun turut ikut dalam alur industri film. Saat kita mengecek jadwal film di Cinema XXI, atau saat kita datang langsung menonton film di bioskop terdekat di kota kita, secara tidak langsung kita ambil bagian dalam perputaran movie industri di dunia. 

Namun jika membicarakan negara mana yang memiliki industri produksi film terbaik yang paling bagus, tentu semua, atau paling tidak sebagian besar, akan dengan jawaban Amerika Serikat, atau mungkin lebih familiar dengan istilah Hollywood. Lalu bagaimana dengan negara lainnya? Di bawah ini akan kami tampilkan list 7 negara penghasil film tersukses di dunia.

Daftar 7 Negara dengan Industri Film Terbaik

Daftar Negara dengan Industri Film Terbaik


1. Amerika Serikat

Tidak diragukan lagi, dengan industri film Hollywood-nya, Amerika masih menjadi raja dalam urusan film. Sejak dulu, Hollywood memang selalu mendominasi apapun yang berhubungan dengan film. Bahkan kata film itu sendiri seakan bersinonim dengan kata Hollywood. Berbagai film box office dihasilkan oleh Amerika tiap tahunnya (atau bahkan tiap bulan). Dan mengingat reputasi mentereng yang dimiliki, rasanya Hollywood masih akan terus menguasai industri film, hingga 10, 20 atau bahkan 50 tahun ke depan.

2. China

Tak heran melihat China ada di posisi kedua mengingat seperdelapan penduduk Bumi berasal dari negara ini. Mayoritas film film China mengedepankan unsur kung fu atau shaolin. Industri film ini juga disupport oleh industri film Hong Kong, yang terkenal bisa memproduksi ratusan film dalam kurun satu tahun. Jika bukan karena adanya Hollywood, dapat dipastikan bahwan oang-orang akan lebih sering menonton film film berbahasa Mandarin ini.

3. Jepang

Kembali berasal dari negara Asia, Jepang disebut-sebut sebagai negara penghasil film paling berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu karakteristik dari negara ini adalah banyaknya film anime (kartun khas Jepang) yang dirilis. Namun Jepang tidak hanya anime, karena masih banyak film dari berbagai genre yang ada.

4. Prancis

Sekedar info, film pertama kali ditemukan dan dibuat di Prancis. Maka tidak heran jika negara ini menjadi salah satu negara industri film tersukses. Prancis dikenal lewat film-filmnya yang memiliki kualitas tinggi dan mengandung makna yang dalam. Selain itu, banyak festival festival film yang diadakan di negara menara Eiffel ini.

5. Inggris

Budaya sinema di negara Inggris begitu kuat. Dari tahun ke tahun selalu muncul film film Inggris yang layak dikedepankan. Selain itu, industri film di Britania Raya juga terkenal lewat banyaknya series film yang sukses. Sebagai contoh adalah franchise film Harry Potter atau James Bond, yang mampu terus eksis dan seakan tidak lekang oleh waktu.

6. India

Selama beberapa tahun, Bollywood menjadi salah satu industri film paling sukses. Soal kuantitas, India pun bisa dibilang hanya kalah dari Amerika dan Cina. Industri film India dikenal lewat film film musikal yang diselingi lagu dan tarian khas. Namun bukan berarti film film India mononton, karena kini sudah banyak film film India modern, dan bisa ditonton oleh semua kalangan.

7. Jerman

Kebanyakan film Jerman akan mengangkat mengenai dua hal, yaitu Perang Dunia II dan runtuhnya Tembok Berlin. Keduanya kerap dijadikan tema dari film film asal Jerman. Memang banyak juga film perang terbaik yang dihasilkan Jerman. Secara umum, Jerman juga banyak menghasilkan film dengan kualitas bagus, baik dari jalan cerita maupun teknik sinematografi.

Negara Industri Film lain

  • Spanyol 
  • Italia 
  • Korea Selatan
  • Brasil 
  • Rusia 
  • Nigeria 
  • Iran 
  • Afrika Selatan 

Dari list di atas, bisa dilihat bahwa negara-negara Asia seperti China, Jepang atau India tidak kalah dengan negara-negara Amerika dan Eropa. Namun sayangnya industri film Indonesia masih belum bisa dibandingkan dengan negara-negara di atas. Soal kualitas ataupun kuantitas, Indonesia masih jauh dari kata memuaskan karena film Indonesia terbaik pun banyak yang belum terkenal secara internasional. Untuk itu menjadi tugas dari seluruh sineas dan pelaku film dalam negeri untuk memperbaiki kualitas film lokal.

0 Response to "Daftar 7 Negara dengan Industri Film Terbaik"

Posting Komentar