Daftar 10 Gunung Tertinggi di Benua Afrika dan Lokasinya

Gunung tertinggi di benua Afrika - Gunung adalah bentuk tanah yang menonjol tinggi ke atas hingga membentuk tonjolan. Gunung memiliki ketinggian yang lebih dibanding bukit atau lereng. Selain itu terdapat dua jenis gunung, yaitu gunung aktif atau gunung berapi serta gunung tidak aktif atau gunung mati. Pembentukan gunung bisa terjadi karena gerakan tektonik maupun vulkanik.

Keberadaan gunung umumnya berada di wilayah pegunungan, yaitu kumpulan beberapa gunung dalam satu area dan wilayah. Tinggi gunung pun beragam, ada yang tinggi namun ada juga yang relatif rendah. Ketinggian gunung umumnya dihitung mulai titik 0 di atas permukaan laut. Gunung yang tingg bisa menyebabkan hawa dingin hingga muncul salju di puncak.

Umumnya gunung tertinggi di dunia banyak berasal dari benua Asia, terutama di wilayah Pegunungan Himalaya yang banyak memiliki gunung tinggi, termasuk Gunung Everest. Meski begitu banyak gunung tinggi lain di benua lain termasuk Afrika. Di Afrika, beberapa gunung tinggi bisa diklasifikasikan sebagai gunung dengan ketinggian lebih dari 4500 meter. Memang jumlah tersebut kurang lebih hanya setengah dari tinggi Gunung Everest, namun di benua Afrika sudah tergolong paling tinggi.

Terdapat beberapa pegunungan utama di Afrika yang banyak memiliki puncak gunung tertinggi, di antaranya adalah Pegunungan Kenya (Kenya), Pegunungan Rwenzori (Uganda-Republik Kongo), Pegunungan Semien (Ethiopia) dan Pegunungan Virunga (Republik Kongo-Rwanda). Ada juga gunung-gunung tinggi lain yang berdiri sendiri.

Untuk itu akan kami bahas mengenai list 10 gunung tertinggi di benua Afrika. List gunung paling tingi ini terletak di beberapa negara di benua Afrika dengan puncak gunung paling tinggi di antara gunung di benua Afrika lainnya. Berikut list top 10 gunung tertinggi di benua Afrika dan lokasinya selengkapnya update terbaru.

Daftar 10 Gunung Tertinggi di Benua Afrika


1. Gunung Kilimanjaro


Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Tinggi : 5895 meter
Lokasi : Daerah Kilimanjaro, Tanzania

Gunung Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di benua Afrika. Gunung ini termasuk dalam gunung aktif dan menjadi gunung berapi tertinggi di dunia. Lokasinya terletak di negara Tanzania. Terdapat 3 puncak tertinggi, yaitu Kibo, Mawenzi dan Shira. Kibo menjadi puncak tertinggi di Afrika dengan tinggi 5895 meter di atas permukaan laut. Pendakian pertama gunung ini yang tercatat pada tahun 1889. Sejak itu banyak para pendaki yang mendaki Gunung Kilimanjaro ini.

2. Mount Kenya


Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Tinggi : 5199 meter
Lokasi : Bagian Utara Nairobi, Kenya

Mount Kenya atau Gunung Kenya merupakan gunung tertinggi kedua di benua Afrika. Sesuai namanya, gunung ini terletak di negara Kenya, tepatnya di bagian tengah Kenya sebelah utara ibukota Nairobi. Puncak tertinggi dari gunung ini adalah Batian (5199 meter), Nelion (5188 meter) dan Point Lenana (4985 meter). Daam catatan, pendakian pertama gunung ini terjadi pada tahun 1899.

3. Gunung Stanley


Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Tinggi : 5109 meter
Lokasi : Pegunungan Rwenzori, Perbatasan Republik Kongo dan Uganda

Salah satu gunung paling tinggi di Afrika lainnya adalah Mount Stanley. Gunung ini termasuk dalam bagian Pegunungan Rwenzori. Puncak tertingginya bernama Puncak Margherita dengan ketinggian mencapai 5109 meter di atas permukaan laut. Letaknya berada di perbatasan dua negara, yakni Republik Kongo dan Uganda. Pendakian pertama Gunung Stanley terjadi pada tahun 1906.

4. Gunung Speke


Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Tinggi : 4890 meter
Lokasi : Pegunungan Rwenzori, Uganda

Gunung tertinggi berikutnya juga termasuk dalam bagian Pegunungan Rwenzori. Gunung Speke terletak di negara Uganda dan puncak tertingginya bernama Vittorio Emanuele dengan tinggi 4890 meter di atas permukaan laut. Terdapat 4 puncak tinggi lain di gunung ini dengan ketinggian lebih dari 4500 meter. Pendakian pertama tercatat pada tahun 1906, sama dengan tim yang mendaki Gunung Stanley.

5. Gunung Baker


Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Tinggi : 4844 meter
Lokasi : Pegunungan Rwenzori, Uganda

Gunung Baker atau disebut Kiyanja menjadi gunung tertinggi ketiga yang berasal dari Pegunungan Rwenzouri. Letaknya berada di Taman Nasional Pegunungan Rwenzouri di Uganda, dekat dengan perbatasan Republik Kongo. Area di sekitar gunung ini juga disebut dengan sebutan The Mountains of the Moon. Puncak tertinggi dari Gunung Baker adalah Puncak Edward dengan tinggi 4844 meter di atas permukaan laut.

6. Gunung Emin


Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Tinggi : 4798 meter
Lokasi : Pegunungan Rwenzori, Republik Kongo

Masih di kawasan pegunungan Rwenzori, Gunung Emin merupakan salah satu gunung tertinggi dengan ketinggian mencapai 4798 meter di atas permukaan laut.. Letaknya berada di negara Republik Kongo. Terdapat dua puncak Gunung Emin, yang bernama Umberto dan Kraepelin, dimana yang tertinggi adalah Umberto.

7. Gunung Gessi


Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Tinggi : 4715 meter
Lokasi : Pegunungan Rwenzori, Uganda

Gunung Gessi menjadi gunung tertinggi berikutnya yang masih berada pada bagian Pegunungan Rwenzori di Uganda. Gunung ini memiliki puncak kembar bernama Lolanda dan Bottego dengan ketinggian paling tinggi mencapai 4715 meter di atas permukaan laut. Sama seperti gunung-gunung lain di Pegunungan Rwenzori, gunung Gressi juga pertama didaki pada tahun 1906.

8. Gunung Meru


Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Tinggi : 4566 meter
Lokasi : Pegunungan Meru, Daerah Arusha, Tanzania

Gunung ini berada di negara Tanzania, tepatnya di bagian barat Gunung Kilimanjaro. Gunung Meru memiliki puncak tertinggi bernama Puncak Socialist dengan tinggi 4566 meter. Lokasi tepatnya berada di wilayah Arusha, Tanzania. Gunung ini termasuk gunung aktif dan terakhir meletus di tahun 1910. Di sekitar gunung ini juga terdapat taman nasional berupa savanna dan kehidupan liar lainnya.

9. Gunung Ras Dashen


Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Tinggi : 4550 meter
Lokasi : Pegunungan Semien, Daerah Amhara, Ethiopia

Gunung Ras Dashen biasa juga disebut Ras Dejen, merupakan gunung tertinggi di Ethiopia dan salah satu yang tertinggi di benua Afrika. Gunung ini termasuk dalam bagian Pegunungan Semien di daerah Amhara. Ketinggiannya mencapai 4550 meter. Gunung ini pertama didaki pada tahun 1841 lalu oleh pendaki asal Prancis.

10. Gunung Karisimbi


Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Tinggi : 4507 meter
Lokasi : Pegunungan Virunga, Perbatasan Republik Kongo dan Rwanda

Gunung tertinggi lain di benua Afrika adalah Gunung Karisimbi. Gunung ini berada pada bagian Pegunungan Virunga di perbatasan antara dua negara, yaitu Rwanda dan Republik Kongo. Ketinggiannya mencapai 4507 meter di atas permukaan laut. Nama Karisimbi dipilih dari bahasa lokal yang berarti salju, karena pada bulan-bulan tertentu puncak gunung ini diliputi oleh lapisan salju.


Daftar gunung tertinggi di benua Afrika ini didasarkan pada gunung yang terletak di negara-negara benua Afrika dengan ketinggian paling tinggi dihitung di atas permukaan laut. Gunung tertinggi di Afrika adalah Gunung Kilimanjaro di benua Afrika dengan puncak tertinggi Kibo. Selain itu ada banyak gunung tinggi lain yang ada di Afrika.

    0 Response to "Daftar 10 Gunung Tertinggi di Benua Afrika dan Lokasinya"

    Posting Komentar