Sejarah Real Madrid dan Daftar Trofi Real Madrid Lengkap

Real Madrid merupakan klub sepakbola populer asal kota Madrid, Spanyol. Klub berjuluk Los Blancos dan Los Merengues ini dikenal sebagai klub terbaik Spanyol yang dibuktikan sebagai klub paling banyak menjadi juara La Liga Spanyol. Lebih jauh lagi, Real Madrid juga menjadi klub terbaik di Eropa sebagai klub paling banyak juara Liga Champions. Sejarah Real Madrid pun sudah dimulai sejak lama karena klub ini telah berdiri sejak tahun 1902.

Sepanjang sejarah Real Madrid, banyak trofi juara yang telah diraih oleh klub yang bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu. Secara umum, era keemasan Madrid terjadi pada beberapa periode mulai dari periode akhir 50an dan awal 60an, periode 80an, periode akhir 90an dan awal 2000an serta periode di era modern yaitu di tahun 2010an. Berikut kami tampilkan informasi sejarah Real Madrid lengkap dari awal terbentuk hingga sekarang beserta daftar trofi yang diraih dalam sejarah Real Madrid.

Sejarah Real Madrid dan Daftar Trofi Real Madrid Lengkap

Sejarah Real Madrid


Real Madrid terbentuk pada tanggal 6 Maret 1902 dengan nama awal Madrid Football Club. Klub ini didirikan oleh siswa dari Institucion Libre de Ensenanza yang ada di kota Madrid. Klub Madrid ini merupakan pengembangan dari Sky Football yang telah terbentuk di tahun 1897. Presiden pertama Real Madrid adalah Julian Palacios sementara nama-nama seperti Juan Padros dan Carlos Padros menjadi salah satu pendiri klub.

Madrid FC memenangi trofi juara pertama di tahun 1905 dengan memenangkan ajang Copa del Rey. Klub ini juga jadi salah satu pendiri asosiasi sepakbola spanyol atau RFEF. Nama Madrid FC kemudian berganti menjadi Real Madrid di tahun 1920. Pergantian nama dikarenakan Raja King Alfonso XII memberi gelar Real (atau Royal) pada klub dengan jersey kebesaran berwarna putih ini.

Kompetisi La Liga baru pertama bergulir di tahun 1929. Real Madrid baru menjadi juara di musim 1931-1932 yang merupakan gelar Liga Spanyol pertama dari sekian banyak gelar juara yang akan diraih Real Madrid ke depannya. Mereka langsung mempertahankan gelar juara di musim berikutnya. Rivalitas Real Madrid dengan Barcelona yang disebut sebagai El Clasico sudah terbentuk di era ini. Bahkan di tahun 1943, Madrid sempat mengalahkan Barcelona dengan skor 11-1, rekor kemenangan terbesar dalam sejarah El Clasico.

Tahun 1945, Santiago Bernabeu Yeste menjadi presiden klub. Di eranya, Real Madrid membangun stadion sendiri yang nantinya diberi nama Santiago Bernabeu untuk menghormati jasanya. Madrid juga mulai membangun akademi sendiri yang kini dikenal dengan sebutan La Fabrica. Madrid pun meraih kesuksesan besar di tahun 50an.

Di akhir 50an, Real Madrid sukses meraih 5 gelar juara European Cup (sekarang Liga Champions) di 5 edisi awal secara berturut-turut. Rekor ini masih belum bisa disamai dan dipecahkan oleh klub lain. Beberapa pemain bintang Real Madrid di era jni yaitu Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas, Raymond Kopa, Francisco Gento dan Miguel Munoz. Gelar Eropa keenam pun diraih di tahun 1966 setelah sebelumnya menjadi runner up di tahun 1962 dan 1964.

Madrid baru meraih masa keemasan lagi di tahun 80an. El Real dikenal dengan pemain lokal Spanyol lulusan akademi sendiri yaitu Emilio Butragueno, Manuel Sanchis, Martin Vazquez, Michel dan Miguel Pardeza. Kelimanya dijuluku sebagai La Quinta del Buitre. Real Madrid pun meraih 5 trofi La Liga beruntun dan meraih 2 gelar juara UEFA Cup (sekarang Europa League).

Di awal tahun 90an, Real Madrid bisa dibilang kalah bersaing dengan Barcelona. Baru di paruh kedua era 90an Real Madrid bangkit. Sebanyak 3 gelar Liga Champions diraih dalam interval tahun 1998 sampai 2002. Sejumlah pemain kunci pada kesuksesan Real di era ini antara lain para bintang lokal seperti Raul Gonzalez, Iker Casillas, Fernando Hierro, Michel Salgado dan Fernando Morientes serta para bintang asing seperti Roberto Carlos, Predrag Mijatovic, Davor Suker dan Ivan Zamorano.

Sejarah Real Madrid dan Daftar Trofi Real Madrid Lengkap

Di era milenium, Florentino Perez menjadi presiden klub. Ia menerapkan kebijakan untuk merekrut pemain bintang di tiap musimnya. Hasilnya nama-nama seperti Luis Figo, Zinedine Zidane, Ronaldo, Robinho dan Michael Owen didatangkan untuk mengisi proyek yang diberi nama Los Galacticos. Meski begitu, Real hanya meraih sediki trofi di periode ini.

Proyek Los Galacticos Jilid 2 kembali terjadi saat Florentino Perez menjabat lagi sebagai presiden klub sejak tahun 2009. Di periode kedua ini, sejumlah pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo, Kaka, Xabi Alonso dan Karim Benzema didatangkan. Ronaldo bahkan memecahkan rekor transfer pemain termahal dunia saat itu.

Real Madrid pun memasuki masa keemasan lagi di periode 2010-an. Sebanyak 3 gelar Liga Champions diraih dalam interval 4 tahun saja, yakni di tahun 2014, 2016 dan 2017. Carlo Ancelotti dan Zinedine Zidane (2 kali) menjadi dua pelatih yang memegang peran penting bagi kebangkitan El Real. Nama-nama pemain kunci dalam daftar pemain Real Madrid di periode ini antara lain adalah Sergio Ramos, Marcelo, Luka Modric, Gareth Bale, Toni Kroos dan tentu saja Cristiano Ronaldo.

Total 12 gelar Liga Champions diraih, terbanyak di antara klub Eropa lainnya. Real Madrid juga menjadi klub tersukses dalam daftar juara Liga Spanyol terbanyak hingga saat ini. Tak heran jika klub ini dianggap sebagai klub terbaik baik di Spanyol, Eropa maupun di dunia.

Daftar Trofi Real Madrid


Domestik
La Liga Spanyol - 33 kali juara
Copa del Rey - 19 kali juara
Supercoppa de Espana - 11 kali juara
Copa de la Liga - 1 kali juara

Eropa
Liga Champions Eropa - 12 kali juara
Europa League - 2 kali juara
UEFA Super Cup - 4 kali juara

Dunia
Intercontinental Cup - 3 kali juara
FIFA Club World Cup - 2 kali juara

0 Response to "Sejarah Real Madrid dan Daftar Trofi Real Madrid Lengkap"

Posting Komentar