Urutan Arc One Piece dan Alur Cerita Manga One Piece [Terbaru]

Urutan arc One Piece dari awal hingga terbaru - One Piece merupakan manga dan anime terpopuler yang merupakan hasil karya mangaka Eiichiro Oda. Manga ini pun menjadi fenomena, selain menjadi manga tersukses juga menjadi salah satu manga dengan jumlah chapter terbanyak. One Piece sudah dimulai sejak tahun 1996 dan belum ada tanda-tanda akan berakhir. Memang ada banyak yang menantikan chapter terakhir One Piece.

Manga yang sukses ini juga diadaptasi dalam bentuk anime yang telah berjalan ratusan episode. Plot cerita One Piece sendiri berfokus pada Monkey D. Luffy dan kru bajak laut Topi Jerami, terdiri dari Roronoa Zoro, Nami, Usopp, Sanji, Tony Tony Chopper, Nico Robin, Franky, Brook dan Jinbei.

Di era bajak laut, semua orang ingin berlayar ke lautan untuk menemukan harta karun peninggalan bajak laut legendaris Gol D. Roger. Banyak tokoh dan karakter One Piece, mulai dari Yonko, Shichibukai, Super Rookie, Angkatan Laut, Pemerintah Dunia dan lain-lain.

Hal yang unik dari One Piece adalah tiap arc menawarkan sesuatu yang berbeda. One Piece memang termasuk salah satu anime adventure terbaik. Arc adalah semacam sub-cerita, dimana keseluruhan cerita One Piece dibagi dalam beberapa arc.

Dalam serialisasi One Piece, pembagian arc biasanya ditetapkan pada lokasi atau pulau yang ada dalam cerita. Meski tidak resmi, namun klasifikasi urutan arc One Piece ini disajikan dalam website One Piece Wiki yang jadi rujukan para fans dan penggemar.

Secara umum cerita One Piece dibagi jadi 2, yakni sebelum timeskip dan sesudah timeskip. Cerita sebelum timeskip berfokus pada perjalanan Luffy mengumpulkan kru dari lautan East Blue hingga masuk ke lautan Grand Line.

Sedangkan cerita One Piece setelah timeskip 2 tahun berfokus pada Luffy dan kru Topi Jerami di lautan New World serta upaya menaklukkan Yonkou, yaitu 4 kaisar bajak laut terkuat.

Alur Cerita One Piece Per Arc di Manga


Berikut ini merupakan daftar chapter/episode One Piece tiap arc lengkap dari tahun ke tahun hingga sekarang. Pembagian alur cerita One Piece terbaru dirujuk dari situs web One Piece Wiki dan bisa berubah tergantung pada perkembangan jalan cerita One Piece terbaru ke depannya.

Arc yang ditampilkan hanya yang bersifat canon atau yang ada di komik/manga, tidak termasuk filler atau cerita tambahan yang hanya ada di versi anime One Piece.

1. East Blue Arc

Urutan Arc One Piece dan Alur Cerita One Piece Terbaru

East Blue arc menceritakan awal perjalanan Monkey D. Luffy. Terdapat 7 cerita canon yang ada di manga, mulai dari Romance Dawn hingga Loguetown. Di arc ini, Luffy berhasil mendapatkan 4 kru baru, yakni Zoro (pendekar pedang), Usopp (penembak jitu), Sanji (koki) dan Nami (navigator).

Adapun lawan-lawan yang dihadapi Luffy di awal cerita One Piece ini adalah Alvida, Buggy, Kuro, Don Krieg, Arlong dan Smoker. Ada juga kemunculan Dracule Mihawk di arc Baratie. Kru Topi Jerami juga mendapat kapal baru bernama Going Merry. Di akhir arc, Luffy mendapat nilai buronan sebesar 30 juta beri.

  • Romance Dawn (chapter 1-7)
  • Orange Town (chapter 8-21)
  • Syrup Village (chapter 22-41)
  • Baratie Restaurant (chapter 42-68)
  • Arlong Park (chapter 69-95)
  • Loguetown (chapter 96-100)

2. Alabasta Arc

Urutan Arc One Piece dan Alur Cerita One Piece Terbaru

Arc kedua adalah Alabasta arc dimana Luffy dan bajak laut Topi Jerami sudah memasuki lautan Grand Line. Fokus utama cerita ini adalah membantu putri Alabasta, Nefertari Vivi, untuk mengembalikan negaranya yang dalam ancaman dari organisasi Baroque Works, dipimpin oleh seorang Shichibukai bernama Crocodile.

Selain Crocodile sebagai lawan utama, dalam keseluruhan arc Luffy harus menghadapi lawan lain seperti Mr. 3, Wapol, Mr. 2 Bon Clay dan Mr. 1. Sebagai tambahan, Luffy mendapat 2 kru baru, yakni Tony Tony Chopper (dokter) dan Nico Robin (arkeolog). Luffy juga mulai mendapat buronan sebesar 100 juta beri dan Zoro sebesar 60 juta beri.

  • Reverse Mountain (chapter 101-105)
  • Whiskey Peak (chapter 106-114)
  • Little Garden (chapter 115-129)
  • Drum Island (chapter 130-154)
  • Alabasta (chapter 155-217)

3. Sky Island Arc

Urutan Arc One Piece dan Alur Cerita One Piece Terbaru

Arc One Piece berikutnya adalah Sky Island arc atau Pulau Langit. Secara umum hanya ada 2 sub-arc yang ada yakni Jaya dan Skypiea. Di Jaya, Luffy akan menghadapi bajak laut Bellamy. Sedangkan saat memasuki pulau langit bernama Skypiea, Luffy harus menghadapi lawan kuat bernama God Enel dan pasukannya.

  • Jaya Island (chapter 218-236)
  • Skypiea (chapter 237-302)

4. Water 7 Arc

Urutan Arc One Piece dan Alur Cerita One Piece Terbaru

Water 7 Arc terdiri dari Long Ring Long Land, Water 7, Enies Lobby dan Post-Enies Lobby. Arc ini akan berfokus pada upaya kru Topi Jerami untuk membawa kembali Nico Robin yang ternyata memiliki masa lalu yang kelam.

Mereka harus berhadapan dengan CP9, kelompok agen rahasia dari Pemerintah Dunia. Di akhir arc, Franky bergabung ditambah dengan adanya kapal baru bernama Thousand Sunny. Semua kru Topi Jerami pun mendapat nilai buronan, dimana harga buronan Luffy sebesar 300 juta beri.

  • Long Ring Long Land (chapter 303-321)
  • Water 7 (chapter 322-374)
  • Enies Lobby (chapter 375-430)
  • Post-Enies Lobby (chapter 431-441)

5. Thriller Bark Arc

Urutan Arc One Piece dan Alur Cerita One Piece Terbaru

Arc Thriller Bark hanya terdiri dari 1 sub-arc saja yakni Thriller Bark. Di arc cerita ini, Luffy dan kawan-kawan harus menghadapi Shichibukai bernama Gecko Moria dan pasukan zombie-nya. Di akhir arc, Luffy mendapat rekan baru yang bergabung dalam daftar anggota bajak laut Topi Jerami, yakni Brook, seorang musisi tengkorak.

  • Thriller Bark (chapter 442-489)

6. Marineford Arc / Summit War Arc

Urutan Arc One Piece dan Alur Cerita One Piece Terbaru

Arc Summit War atau arc perang atau juga disebut Marineford arc merupakan plot cerita terakhir di paruh pertama Grand Line sebelum timeskip. Arc ini terdiri dari Sabaody Archipelago, Amazon Lily, Impel Down dan Marineford. Di arc ini Luffy harus berpisah dengan teman-temannya.

Ia kemudian bertemu dengan Boa Hancock di pulau wanita, membobol penjara Impel Down serta berpartisipasi dalam Perang di Marineford untuk menyelematkan kakaknya, Portgas D. Ace yang akan dieksekusi.

Banyak karakter penting di cerita ini, mulai dari 11 Supernova, bajak laut Shirohige, bajak laut Kurohige, 3 Admiral Angkatan Laut dan lain-lain. Di akhir arc, bajak laut Shirohige tewas sebagai tanda munculnya era baru bajak laut.

  • Sabaody Archipelago (chapter 490-513)
  • Amazon Lily (chapter 514-524)
  • Impel Down (chapter 524-548)
  • Marineford (chapter 549-580)
  • Post-War (chapter 581-597)

7. Fishman Island Arc

Urutan Arc One Piece dan Alur Cerita One Piece Terbaru

Fishman Island arc terjadi setelah 2 tahun timeskip, dimana kru bajak laut Topi Jerami kembali berkumpul. Mereka menuju Fishmand Island untuk menuju lautan New World. Di arc ini, Luffy dan krunya dengan bantuan Jinbei harus berhadapan dengan Hody Jones dan bajak laut New Fishman Pirates.

  • Return to Sabaody (chapter 598-602)
  • Fishman Island (chapter 603-653)

8. Dressrosa Arc

Urutan Arc One Piece dan Alur Cerita One Piece Terbaru

Dressrosa arc terdiri dari pulau Punk Hazard dan pulau Dressrosa. Donquixote Doflamingo menjadi villain utama yang harus dihadapi oleh bajak laut Topi Jerami yang beraliansi dengan Trafalgar Law. Musuh-musuh lain yang harus dihadapi antara lain adalah Caesar Clown, Vergo, Diamante, Trebol dan Pica.

Di akhir arc, Luffy beraliansi dengan tujuh kelompok dalam Armada Besar Topi Jerami (Strawhat Grand Fleet), terdiri dari 7 kapten yaitu Cavendish, Bartolomeo, Don Sai, Ideo, Leo, Hajrudin dan Orlumbus.

  • Punk Hazard (chapter 654-699)
  • Dressrosa (chapter 700-801)

9. Whole Cake Arc


Whole Cake arc bermula di pulau Zou saat aliansi Ninja-Samurai-Bajak Laut-Suku Mink terbentuk. Kemudian Luffy dan kawan-kawan menuju markas Big Mom di Whole Cake untuk menjemput kembali Sanji yang dijodohkan dengan anak Big Mom, Charlotte Pudding.

  • Zou (chapter 802-824)
  • Whole Cake (chapter 825-902)

10. Wano Arc


Arc Wano menjadi arc One Piece berikutnya. Sebelumnya diawali dengan arc pertemuan Reverie yang mempertemukan raja-raja di seluruh lautan yang berafiliasi pada Pemerintahan Dunia. Pada arc Wano, Luffy dan kawan-kawan membantu para samurai dan penduduk Wano untuk melawan Bajak Laut Binatang Buas yang dipimpin Kaido, salah satu Yonko serta shogun Kurozumi Orochi.

  • Reverie (chapter 903-908)
  • Wano (chapter 909-1057)

11. Egghead Arc


One Piece kemudian memasuki Final Arc, dan diawali dengan Eggheard Arc atau disebut juga Future Island Arc. Di Egghead, kelompok bajak laut Topi Jerami bertemu dengan penemu brilian Dr. Vegapunk yang bekerja untuk pemerintah dunia.

  • Egghead (chapter 1058-sekarang)

Nah, itulah info cerita utama dari One Piece dari awal hingga episode One Piece terbaru saat ini khusus untuk yang ada di komik atau manga saja. Arc yang ditampilkan tidak termasuk cerita non-canon atau filler, yakni cerita episode One Piece tambahan yang hanya ada di anime dan tidak ada di manga.

One Piece diprediksi masih akan berlangsung lama dan tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Musuh-musuh kuat dalam serial cerita seperti Kurohige, Akainu atau Imu juga masih belum dihadapi. Menarik melihat akhir perjalanan alur cerita One Piece yang berpusat pada Monkey D. Luffy dan kru bajak laut Topi Jerami ini.

24 Komentar untuk "Urutan Arc One Piece dan Alur Cerita Manga One Piece [Terbaru]"

  1. Balasan
    1. @maesuri : list urutan arc di atas berdasarkan chapter pada manga/komik sebagai materi original one piece, bukan dari episode anime sehingga sudah sesuai

      Hapus
    2. baca makaya pler, dasar

      Hapus
  2. Anonim20/10/17

    Sepertinya ada yang salah dalam urutan arc nya boss...! Episode 654 itu sudah masuk ke Dressrosa...! Bahkan dari episode 629 itu sudah masuk cerita tentang Dressrosa boss...! Bukan PUNK HAZARD lagi...! Episode 579 - 625 Punk Hazard...! Episode 527 - 574 Fishman Island...! Episode 575 - 578 Z’s Ambition...! silahkan cek lagi...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @anonim : terima kasih koreksinya, tapi list urutan arc di atas berdasarkan chapter pada manga/komik sebagai materi original one piece, bukan dari episode anime sehingga sudah sesuai

      Hapus
  3. Thanks man! Kebetulan lagi pengen ngikutin onepiece tapi bingung mulai dari mana.

    BalasHapus
  4. Dressrosa dari 629-746. Silver mine ilsand 747-751 (filler). Zou island 752-779

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ade dadan : terima kasih koreksinya, tapi list urutan arc di atas berdasarkan chapter pada manga/komik sebagai materi original one piece, bukan dari episode anime

      Hapus
    2. bego kok dipelihara

      Hapus
  5. Ngawur bener informasinya.
    Nggak sesuai dengan episode nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @chris suzuki : bukan episode, tapi chapter. list di atas sesuai dengan urutan chapter manga/komik one piece sbg materi original cerita one piece, bukan dari episode anime

      Hapus
    2. yg salah udah 4 malah diikutin

      Hapus
    3. Woi ini berdasarkan manga bukan anime ngerti lo

      Hapus
  6. Anonim13/6/18

    Mantap gan...
    Yang komen diatas pada sakit mata sampe ga liat kata "Chapter"...

    BalasHapus
  7. Anonim7/8/18

    pada ga bisa bedain mana chapter mana episode, hahahaha...

    BalasHapus
  8. Gan, oe pngen tanya.
    Knp urutan chapter komik dan episode animenya nggak sama?

    BalasHapus
  9. luffy beraliansi dg 7 komandan bajak laut topi jerami???lah pemimpin armada besar topi jerami siapa???kata mengabdi dan beraliansi beda jauh maknanya
    law/bajak laut hati dan begge adalah aliansi luffy,,,,sedangkan 7 komandan divisi topi jerami mutlak di bawah naungan topi jerami/luffy sendri !

    BalasHapus
  10. ini emang bener dr manga kok gan bukan episode anime,.,yang koment nya ngaco berarti anda kelahiran thn 2000.,.,wkwkwk

    jangan lupa berkunjung gan ke sini versi judul anime dan manga juga ada,cuma masi bnyk di draft,.,silakan mampir bosku

    https://yonatajapungari.blogspot.com/2019/01/judul-anime-onepiece-dari-awal-sampai_66.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang knapa klo kelahiran 2000, saya kelahiran 2002 tapi tau dan ngikutin manga sama animenya kok

      Hapus
  11. Saga itu gan bukan arc xD. Saga itu kumpulan dari beberapa arc.

    BalasHapus
  12. Pada kata "berikut ini.... " Nah ad kata chapter/episode dan muncul di thumbnail jdi di kira orang ada jg bserta urutan episode mkanya smpai gitu dikirany jg ad list episode. Masukin ajh lh min episodr biar komplit wkwk nanggung

    BalasHapus
  13. Orang-orang bego yang komen soal "episode" ini gak bisa baca, bego, apa gimana yak? Dah jelas-jelas judulnya "Alur Cerita Manga", malah kasih komen soal "episode". Ra mashoookkk buozzz!!! Saran saya, bagi para penonton anime hendaknya juga membaca manga sebagai origin dari One Piece itu.

    BalasHapus
  14. Anonim17/8/22

    Wano ampe chpter 1057 gan..

    BalasHapus