10 Pulau Terbesar di Dunia yang Paling Luas Wilayahnya

Pulau adalah sekumpulan wilayah daratan yang lebih kecil dari benua dan dikelilingi oleh wilayah perairan. Dalam bahasa Inggris, pulau disebut dengan kata island. Kumpulan dari beberapa pulau disebut dengan kepulauan (archipelago). Terdapat banyak pulau terluas di dunia dengan total luas wilayah terbesar. Kali ini akan dibahas mengenai daftar 10 pulau terbesar di dunia berdasarkan total area selengkapnya.

Terdapat banyak pulau yang tersebar di berbagai daerah dan benua di dunia, baik Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia. Pulau memiliki luas yang lebih kecil dibanding dengan benua. Untuk itu pulau utama Australia (Australia mainlands) tidak didefinisikan sebagai pulau, melainkan sudah masuk dalam kategori benua.

(baca juga 7 benua terbesar di dunia)

Ada beberapa negara kepulauan yang memiliki banyak pulau terbesar di dunia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau di Indonesia adalah lebih dari 17 ribu pulau, baik pulau besar, pulau kecil, pulau berpenghuni maupun pulau tak berpenghuni. Selain Indonesia, negara kepulauan di dunia lain yang terkenal adalah Filipina, Jepang dan Kanada.

Berdasarkan luas wilayah, pulau bisa dibagi menjadi 2 yaitu pulau besar dan pulau kecil. Berdasarkan populasi, pulau terbagi menjadi 2 yakni pulau berpenghuni dan pulau tidak berpenghuni. Ada juga beberapa pulau kecil tak berpenghuni yang masih belum memiliki nama, biasanya pulau terpencil di lautan samudera. Selain itu belakangan juga sudah ada pulau buatan, yaitu pulau yang dibuat manusia dengan tanah reklamasi.

Lantas pulau mana yang menyandang status pulau terbesar di dunia? Terdapat beberapa pulau terluas di dunia dengan luas wilayah lebih dari 500 ribu kilometer persegi. Beberapa pulau terbesar di Indonesia juga banyak yang masuk kategori pulau terbesar di dunia seperti Papua, Kalimanta, Sumatra, Sulawesi dan Jawa, dimana kelima pulau Indonesia tersebut masuk gugusan 5 pulau terbesar di Indonesia.

Berikut akan kami tampilkan info list 10 pulau terbesar dan terluas di dunia. Kriteria penentuan pulau terbesar di dunia berdasarkan total luas wilayah, tidak termasuk populasi penduduk. Jika menghitung kepadatan penduduk, Pulau Jawa menjadi pulau terpadat di dunia. Namun dalam list ini hanya menghitung luas area saja. Inilah daftar pulau terbesar di dunia yang paling luas lengkap update terbaru.

Daftar 10 Pulau Terbesar di Dunia


1. Greenland

Pulau Terbesar di Dunia

Luas wilayah : 2.130.800 km persegi
Negara : Greenlands (bagian dari Denmark)

Greenland adalah pulau terbesar di dunia. Luas wilayahnya mencapai 2,130 juta kilometer persegi. Pulau ini masuk wilayah Greenlands, yang merupakan bagian dari negara Denmark di benua Eropa bagian Utara. Greenland memiliki lapisan es yang besar. Ada pendapat yang beranggapan bahwa sebenarnya Greenland terdiri dari 3 pulau yang berbeda yang menyatu karena adanya lapisan es yang  membeku. Namun secara umum, Greenland masih diakui sebagai satu pulau yang utuh sehingga masih menyandang predikat sebagai pulau terluas di dunia.

2. Papua / New Guinea

Pulau Terbesar di Dunia

Luas wilayah : 785.773 km persegi
Negara : Indonesia dan Papua Nugini

Pulau terluas kedua adalah pulau Papua. Pulau ini memiliki nama resmi New Guinea namun di Indonesia dikenal dengan nama Papua. Di zaman dahulu, pulau ini disebut sebagai pulau Irian. Total luas area Pulau Papua adalah 785 ribu km persegi. Pulau ini terletak di antara 2 negara, yakni Papua Nugini dan Indonesia yang masuk provinsi Papua dan Papua Barat.

3. Kalimantan / Borneo

Pulau Terbesar di Dunia

Luas wilayah : 743.330 km persegi
Negara : Indonesia, Malaysia dan Brunei

Pulau terbesar di dunia yang ketiga adalah Kalimantan atau disebut juga dengan pulau Borneo. Pulau ini menajdi pulau terbesar di Asia (dengan asumsi pulau Papua terletak di kawasan Oceania). Total luas pulau Kalimantan adalah 743 ribu km persegi. Wilayah Kalimantan/Borneo masuk dalam 3 negara, yakni Brunei Darussalam, Malaysia (wilayah Sabah dan Serawak) serta Indonesia (provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan).

4. Madagaskar

Pulau Terbesar di Dunia

Luas wilayah : 587.713 km persegi
Negara : Madagaskar

Madagaskar atau Madagascar adalah pulau terbesar di Afrika. Total luas area pulau Madagaskar mencapai 587 ribu km persegi. Letaknya berada di Samudera Hindia dekat dataran Afrika. Pulau Madagaskar masuk wilayah negara Madagaskar, salah satu negara di benua Afrika.

5. Pulau Baffin

Pulau Terbesar di Dunia

Luas wilayah : 507.451 km persegi
Negara : Kanada

Pulau Baffin menjadi pulau terbesar di Amerika Utara dan menjadi pulau terbesar kelima di dunia. Luas Baffin Islands adalah 507 ribu km persegi. Pulau Baffin termasuk dalam negara Kanada, tepatnya di daerah Nunavut. Pulau ini terletak di Kanada bagian utara.

6. Sumatra

Pulau Terbesar di Dunia

Luas wilayah : 443.066 km persegi
Negara : Indonesia

Satu dari tiga pulau terbesar di Indonesia yang masuk dalam list 10 pulau terbesar di dunia saat ini yaitu Pulau Sumatra (kadang dieja Sumatera). Sumatra termasuk dalam negara Indonesia dan terdiri dari 10 provinsi, yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatra Selatan dan Lampung.

7. Honshu

Pulau Terbesar di Dunia

Luas wilayah : 225.800 km persegi
Negara : Jepang

Honshu (kadang disebut Honshiu) menjadi pulau terbesar di Jepang dengan total area 225 ribu km persegi. Pulau Honshu terdiri dari beberapa daerah administratif Jepang, di antaranya yaitu Tohoku, Kanto, Chubu, Kansai dan Chugoku. Pulau Honshu juga menjadi pulau terpadat di dunia kedua setelah pulau Jawa di Indonesia.

8. Pulau Victoria

Pulau Terbesar di Dunia

Luas wilayah : 217.291 km persegi
Negara : Kanada

Pulau Victoria menjadi pulau terbesar di Kanada kedua yang masuk list 10 besar ini. Total luas wilayah pulau terbesar ini adalah 217 ribu km persegi. Wilayah Kanada yang ada di Victoria Islands antara lain adalah Northwest Territories dan Nunavut.

9. Britania Raya

Pulau Terbesar di Dunia

Luas wilayah : 209.331 km persegi
Negara : Inggris, Skotlandia, Wales

Great Britain atau Britania Raya merupakan pulau terbesar di kawasan Samudera Atlantik dan menjadi pulau terbesar di Eropa (jika tidak menghitung Greenland). Pulau Britania Raya menjadi bagian dari United Kingdom (Inggris Raya). Negara seperti Inggris, Wales dan Skotlandia berada di kawasan pulau Britania Raya ini.

10. Pulau Ellesmere

Pulau Terbesar di Dunia

Luas wilayah : 196.236 km persegi
Negara : Kanada

Satu lagi pulau terbesar di dunia yang berada dari negara Kanada yakni Ellesmere Island. Pulau Ellesmere ini memiliki total luas sebesar 196 ribu km persegi. Daerah yang ada di Pulau Ellesmere adalah Nunavut. Pulau ini menempati peringkat 10 pulau terluas di dunia.

(*gambar merupakan ilustrasi kondisi geografis pulau)

Pulau terbesar di dunia lainnya : 

  • Sulawesi (180.681 km persegi - Indonesia)
  • Pulau Selatan (145.836 km persegi - Selandia Baru)
  • Jawa (138.794 km persegi - Indonesia)
  • Pulau Utara (111.583 km persegi - Selandia Baru)
  • Luzon (109.965 km persegi - Filipina)
  • Kuba (105.806 km persegi - Kuba)
  • Islandia (101.826 km persegi - Islandia)
  • Irlandia (84.421 km persegi - Inggris Raya dan Republik Irlandia)
  • Hokkaido (78.719 km persegi - Jepang)
  • Hispaniola (73.929 km persegi - Haiti dan Republik Dominika)
  • Sakhalin (72.493 km persegi - Rusia)
  • Tasmania (65.022 km persegi - Australia)

Itulah info geografi terbaru mengenai daftar 10 pulau terbesar di dunia yang paling luas wilayahnya lengkap update. Beberapa pulau di Indonesia juga banyak yang masuk dalam list 10 besar di atas. Greenland masih menyandang status sebagai pulau terbesar di dunia mengungguli 2 pulau terbesar di Indonesia lain yaitu Papua dan Kalimantan. Sekian info dunia terbaru kali ini.

0 Response to "10 Pulau Terbesar di Dunia yang Paling Luas Wilayahnya"

Posting Komentar