Urutan Film Marvel Terbaru dari Tahun ke Tahun (Daftar Film MCU)

Urutan film Marvel terbaru - Marvel Studio merupakan salah satu studio film Hollywood yang terkenal memproduksi banyak film superhero terbaik. Banyak film-film Marvel terkenal menghadirkan karakter superhero terkenal seperti Iron Man, Captain America atau Spider-Man yang tergabung dalam The Avengers. Kali ini akan dibahas mengenai urutan film Marvel Cinematic Universe (MCU) dari tahun ke tahun.

Studio Marvel ini memang memproduksi film superhero terkenal yang didasarkan karakter dari Marvel Comics. Sejak tahun 2008, mereka membuat terobosan baru dengan merilis beberapa film superhero dalam 1 universe dimana tiap film saling terkoneksi satu sama lain dan memiliki dunia yang sama. Franchise film ini dinamai Marvel Cinematic Universe (MCU).

Film film produksi Marvel dalam franchise MCU berisikan film dengan tema superhero. Daftar superhero Marvel yang dijadikan film antara lain adalah Iron-Man, Captain America, Thor dan Hulk. Mereka semua kemudian tergabung dalam film Avengers. Di fase terbaru juga banyak nama superhero Marvel lainnya yang diproduksi seperti Ant-Man, Doctor Strange, Black Panther dan Captain Marvel.

Total puluhan film superhero Marvel yang diproduksi dalam timeline MCU, dari mulai pertama yaitu Iron-Man di tahun 2008 hingga film Marvel terbaru tahun ini. Banyak film Marvel yang masuk kategori daftar film superhero terbaik.

Beberapa aktor Hollywood ternama pun turut terlibat dalam proyek film MCU, antara lain Robert Downey Jr. (sebagai Iron Man), Chris Evans (sebagai Captain America), Chris Hemsworth (sebagai Thor), Mark Ruffalo (sebagai Hulk), Scarlett Johansson (sebagai Black Widow), Jeremy Renner (sebagai Hawkeye), Chris Pratt (sebagai Star-Lord). Tom Holland (sebagai Spider-Man) serta Samuel L. Jackson (sebagai Nick Fury).

Banyak penonton yang masih kebingungan dalam menonton film film Marvel karena terkadang satu film dengan film produksi Marvel lain saling terkoneksi. Karena itu urutan nonton film Marvel pun harus tepat agar sesuai dengan kronologis.


Urutan Film Marvel Terbaru

Untuk itu kali ini akan dibagikan daftar film Marvel terbaru dari tahun ke tahun beserta urutan kronologinya sesuai tahun rilis dalam franchise MCU (update terbaru).

Urutan Nonton Film Marvel Cinematic Universe (MCU)


Film Superhero Marvel - Fase 1


  • Iron Man (2008)
  • The Incredible Hulk (2008)
  • Iron Man 2 (2010)
  • Thor (2011)
  • Captain America: First Avenger (2011)
  • Marvel's The Avengers (2012)

Iron Man

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 2 Mei 2008
Sutradara : Jon Favreau
Box office : 585 juta US dollar

Iron Man merupakan seri film superhero Marvel pertama dalam Marvel Cinematic Universe. Film ini memperkenalkan karakter Iron Man atau Tony Stark yang dibintangi oleh Robert Downey Jr. Iron-Man pun menjadi karakter superhero Marvel pertama yang diperkenalkan oleh Marvel Studio dalam franchise MCU.

The Incredible Hulk

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 13 Juni 2008
Sutradara : Louis Leterrier
Box office : 263 juta US dollar

The Incredible Hulk menjadi film kedua MCU yang dirilis di tahun 2008. Film ini disutradarai oleh Louis Leterrier dan dibintangi oleh Edward Norton sebagai Bruce Banner alias Hulk. Film ini menceritakan Bruce Banner yang terkena radiasi gamma hingga dapat berubah menjadi monster hijau besar benama Hulk.

Iron Man 2

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 7 Mei 2010
Sutradara : Jon Favreau
Box office : 624 juta US dollar

Iron Man 2 dirilis di tahun 2010 dan masih disutradaraio oleh Jon Favreau. Di film kedua, Tony Stark alias Iron-Man harus berhadapan dengan ilmuwan Rusia yang ingin menggunakan teknologi Stark untuk menghadapinya. Selain Robert Downey Jr, film Iron Man 2 ini juga dibintangi oleh Gwyneth Paltrow, Scarlett Johansson dan Don Cheadle.

Thor 

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 6 Mei 2011
Sutradara : Kenneth Branagh
Box office : 449 juta US dollar

Thor merupakan film superhero Marvel di tahun 2011. Film ini disutradarai oleh Kenneth Branagh. Thor menceritakan kisah Thor, pangeran dari negeri Asgard yang dihukum turun ke Bumi. Cast aktor dalam film Thor dibintangi oleh Chris Hemsworth, Tom Hiddleston dan Natalie Portman.

Captain America: The First Avenger

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 22 Juli 2011
Sutradara : Joe Johnston
Box office : 371 juta US dollar

Secara timeline waktu, film ini adalah film Marvel paling awal karena bersetting di era perang dunia 2. Namun secara kronologi perilisan, film Captain America adalah film MCU ke-5. Film ini memperkenalkan karakter superhero Steve Rogers yang menjalani proyek untuk berubah menjadi tentara super Captain America.

Marvel's The Avengers

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 4 Mei 2012
Sutradara : Joss Whedon
Box office : 1,518 miliar US dollar

Marvel's The Avengers biasa disebut The Avengers saja, merupakan film Marvel di tahun 2012. Film ini begitu sukses dan menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa. The Avengers bercerita tentang upaya Nick Fury dari SHIELD untuk menggabungkan superhero seperti Iron Man, Thor, Hulk dan Captain America untuk menghadapi ancaman Loki.

Film Superhero Marvel - Fase 2


  • Iron Man 3 (2013)
  • Thor: The Dark World (2013)
  • Captain America: The Winter Soldier (2014)
  • Guardians of the Galaxy (2014)
  • Avengers: Age of Ultron (2015)
  • Ant-Man (2015)

Iron Man 3

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 3 Mei 2013
Sutradara : Shane Black
Box office : 1,214 miliar US dollar

Seri ketiga Iron Man dirilis di tahun 2013. Berbeda dengan 2 film Iron Man sebelumnya, film ini disutradarai oleh Shane Black. Iron Man 3 cukup sukses secara box office dengan menembus pendapatan lebih dari 1 miliar US dollar.

Thor: The Dark World

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 8 November 2013
Sutradara : Alan Taylor
Box office : 645 juta US dollar

Thor: The Dark World merupakan sekuel kedua film Thor. Film ini dirilis di tahun 2013 dan disutradarai oleh Alan Taylor. Di film ini, Thor dengan bantuan Loki harus menghadapi Malekith dan pasukannya yang bangkit setelah ribuan tahun.

Captain America: The Winter Soldier

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 4 April 2014
Sutradara : Anthony dan Joe Russo
Box office : 714 juta US dollar

Captain America: The Winter Soldier menjadi film Captain America kedua. Film ini dirilis di tahun 2014 dan disutradarai oleh dua bersaudara, Anthony Russo dan Joe Russo. Beberapa cast aktor Hollywood ternama turut membintangi film ini seperti Chris Evans, Sebastian Stan dan Anthony Mackie.

Guardians of the Galaxy

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 1 Agustus 2014
Sutradara : James Gunn
Box office : 773 juta US dollar

Guardians of the Galaxy dirilis di tahun 2014 dan masih jadi bagian dari franchise Marvel Cinematic Universe. Film ini menghadirkan karakter seperti Star-Lord (Peter Quill), Gamora, Rocket, Drax dan Groot. Dua karakter CGI yakni Rocket dan Groot ditampilkan dan memberi warna berbeda dibanding film Marvel lain.

Avengers: Age of Ultron

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 1 Mei 2015
Sutradara : Joss Whedon
Box office : 1,406 miliar US dollar

Film ini adalah film kedua dalam urutan film Avengers dengan judul resmi Avengers: Age of Ultron. Film ini disutradarai oleh Joss Whedon dan menghadirkan karakter anggota Avengers seperti Iron-Man, Thor, Captain America, Hulk, Hawkeye dan Black Widow. Sebagai tambahan juga terdapat beberapa karakter baru seperti QuickSilver, Scarlett Witch dan Vision.

Ant-Man

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 17 Juli 2015
Sutradara : Peyton Reed
Box office : 519 juta US dollar

Film ini jadi film Marvel terakhir dalam urutan film Avengers fase kedua. Ant-Man menghadirkan karakter superhero yang bisa berubah menjadi kecil seukuran semut. Ant-Man disutradarai oleh Peyton Reed dan dirilis di tahun 2015 lalu.

Film Superhero Marvel - Fase 3


  • Captain America: Civil War (2016)
  • Doctor Strange (2016)
  • Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)
  • Spider-Man: Homecoming (2017)
  • Thor: Ragnarok (2017)
  • Black Panther (2018)
  • Avengers: Infinity War (2018)
  • Ant-Man and the Wasp (2018)
  • Captain Marvel (2019)
  • Avengers: Endgame (2019)
  • Spider-Man: Far from Home (2019)

Captain America: Civil War

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 6 Mei 2016
Sutradara : Anthony dan Joe Russo
Box office : 1,153 miliar US dollar

Seri ketiga Captain America Civil War dirilis di tahun 2016. Meski merupakan film solo Captain America namun di film ini banyak terlibat karakter superhero Marvel hingga menyerupai film The Avengers. Dalam film ini The Avengers akan terpecah jadi dua kubu, yakni Tim Captain America dan Tim Iron Man. Film ini menandai debut karakter Black Panther dan Spider-Man.

Doctor Strange

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 4 November 2016
Sutradara : Scott Derrickson
Box office : 678 juta US dollar

Doctor Strange memperkenalkan karakter superhero Marvel baru. Film ini dirilis di tahun 2016 dan dibintangi oleh Benedict Cumberbatch. Doctor Strange bercerita tentang dokter bedah yang mengalami kecelekaan parah dimana ia kemudian mempelajari ilmu mistis bersama The Ancient One.

Guardians of the Galaxy Vol. 2

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 5 Mei 2017
Sutradara : James Gunn
Box office : 864 juta US dollar

Sekuel kedua dari film Guardians of the Galaxy ini dirilis di tahun 2017 dan masih disutradarai oleh James Gunn. Karakter seperti Star-Lord, Gamora, Drax serta Rocket dan Baby Groot kembali hadir dalam tim Guardians of the Galaxy. Selain aksi seru dan unsur komedi, soundtrack lagu 70an yang bagus juga jadi keunggulan film ini.

Spider-Man: Homecoming

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 7 Juli 2017
Sutradara : Jon Watts
Box office : 879 juta US dollar

Spider-Man akhirnya bergabung dalam timeline film Marvel Studio setelah pihak Sony membeli lisensi karakter Spider-Man. Seri reboot Spider-Man: Homecoming dirilis di tahun 2017. Aktor muda Tom Hollan ditunjuk sebagai pemeran karakter Peter Parker alias Spider-Man.

Thor: Ragnarok

Urutan Film Marvel Terbaru

Tanggal rilis : 3 November 2017
Sutradara : Taika Waititi
Box office : 854 juta US dollar

Film ketiga Thor berjudul Thor: Ragnarok dirilis di akhir tahun 2017. Film ini disutradarai oleh Taika Waititi. Dalam film ini juga terdapat karakter Hulk. Thor: Ragnarok dibintangi nama-nama aktor seperti Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Cate Blanchett dan Idris Elba.

Black Panther

Urutan Film Marvel Avengers Black Panther

Tanggal rilis : 16 Februari 2018
Sutradara : Ryan Coogler
Box office : 1,325 miliar US dollar

Black Panther menjadi film superhero berikutnya yang diproduksi Marvel. Sebelumnya karakter Black Panther sudah diperkenalkan dalam Captain America: Civil War dan baru mendapat film penuh pertamanya tahun 2018. Film ini disutradarai oleh Ryan Coogler dan dibintangi oleh Chadwick Boseman, Michael B. Bordan, Lupita Nyong'o dan Martin Freeman.

Avengers: Infinity War


Tanggal rilis : 25 April 2018
Sutradara : Anthony dan Joe Russo
Box office : 2,048 miliar US dollar

Avengers: Infinity War menjadi salah satu film paling diantisipasi sejak dulu sebelum rilis di tahun 2018. Film ini disutradarai oleh Anthony Russo dan Joe Russo. Infinity War yang menjadi film ketiga The Avengers, menampilkan puluhan karakter superhero dari film-film sebelumnya dari mulai Iron Man, Captain America, Thor, Black Widow, Hulk, Doctor Strange, Black Panther, Spider-Man, Scarlet Witch, Vision dan karakter dari Guardians of the Galaxy.

Ant-Man and the Wasp


Tanggal rilis : 6 Juli 2018
Sutradara : Peyton Reed
Box office : 622 juta US dollar

Ant-Man and the Wasp dirilis pada tanggal 6 Juli 2018 dan disutradarai oleh Peyton Reed. Film ini merupakan sekuel dari Ant-Man. Masih menghadirkan cast di film pertama seperti Paul Rudd, Evangeline Lily dan Michael Douglas. Film ini pun cukup penting sebagai penghubung antara Avengers: Infinity Wars dan Avengers: Endgame.

Captain Marvel


Tanggal rilis : 8 Maret 2019
Sutradara : Anna Boden & Ryan Fleck
Box office : 1,12 miliar US dollar

Captain Marvel menjadi superhero baru yang diperkenalkan dalam Marvel Cinematic Universe. Film solonya dirilis pada Maret 2019 dan disutradarai oleh Anna Boden dan Ryan Fleck. Karakter Carol Danvers atau Captain Marvel diperankan oleh Brie Larson. Film ini juga dibintangi Samuel L. Jackson yang kerap tampil dalam film-film MCU lainnya.

Avengers: Endgame

Urutan Film Marvel Avengers Endgame

Tanggal rilis : 26 April 2019
Sutradara : Anthony dan Joe Russo
Box office : 2,8 miliar US dollar

Endgame menjadi sekuel ke-4 Avengers, sekaligus sekuel langsung dari Infinity Wars. Endgame juga jadi klimaks dari keseluruhan 3 fase pertama MCU, yang dikenal sebagai The Infinity Saga. Film ini nyaris dibintangi semua karakter MCU dari awal sampai sekarang. Avengers: Endgame pun memecahkan rekor sebagai film terlaris sepanjang masa dengan pendapata box office 2,8 miliar US dollar.

Spider-Man: Far from Home


Tanggal rilis : 5 Juli 2019
Sutradara : Jon Watts
Box office : 975 juta US dollar

Spider-Man: Far from Home menjadi film penutup dari fase ketiga MCU. Film ini merupakan sekuel dari Spider-Man: Homecoming dan masih menghadirkan karakter Spider-Man atau Peter Parker yang dibintangi oleh Tom Holland, serta karakter Nick Fury yang diperankan Samuel L. Jackson.

Jadwal Film Marvel Terbaru


Selain yang sudah dirilis juga ada beberapa film terbaru Marvel berikutnya yang dirilis di bioskop pada tahun-tahun berikutnya yang akan memasuki Phase 4. List film Marvel terbaru yang akan ditayangkan di bioskop memang sudah dirilis jauh-jauh hari oleh pihak Marvel Studio. Berikut merupakan film-film Marvel yang masuk dalam timeline MCU di fase 4 mendatang.

Black Widow

Tanggal rilis : 2020
Sutradara : Cate Shortland

The Eternals

Tanggal rilis : 2020
Sutradara : Chloe Zhao

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Tanggal rilis : 2021
Sutradara : Destin Daniel Cretton

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Tanggal rilis : 2021
Sutradara : Scott Derrickson

Thor: Love and Thunder

Tanggal rilis : 2021
Sutradara : Taika Waititi

Guardians of the Galaxy Vol. 3

Tanggal rilis : (belum ditentukan)
Sutradara : James Gunn

Blade

Tanggal rilis : (belum ditentukan)
Sutradara : (belum ditentukan)

Captain Marvel 2

Tanggal rilis : (belum ditentukan)
Sutradara : (belum ditentukan)

Fantastic Four

Tanggal rilis : (belum ditentukan)
Sutradara : (belum ditentukan)

Mutants

Tanggal rilis : (belum ditentukan)
Sutradara : (belum ditentukan)

Spider-Man 3

Tanggal rilis : (belum ditentukan)
Sutradara : Jon Watts

Ant-Man 3

Tanggal rilis : (belum ditentukan)
Sutradara : (belum ditentukan)

Nah, itulah info urutan nonton film Marvel (MCU) dan jadwal film Marvel terbaru ke depannya dari tahun ke tahun secara kronologis. Urutan film Marvel tersebut memang harus diperhatikan agar tidak kebingungan saat nonton film yang masuk franchise Marvel Cinematic Universe (MCU). Sekian info film barat kali ini.

Belum ada Komentar untuk "Urutan Film Marvel Terbaru dari Tahun ke Tahun (Daftar Film MCU)"

Posting Komentar