Letak Geografis Indonesia Beserta Pengaruh dan Batas Wilayahnya

Indonesia adalah negara dengan posisi geografis yang strategis. Kenapa bisa dikatakan demikian? Faktanya letak geografis Indonesia berada di antara 2 benua dan 2 samudera. Hal ini menjadikan Indonesia sangat strategis dan menjadi salah satu jalur perdagangan dunia. Pengaruh letak geografis Indonesia ini juga mencakup sejumlah aspek lain.

Secara geografis, Indonesia menjadi salah satu negara di benua Asia, lebih tepatnya lagi di kawasan ASEAN atau Asia Tenggara. Indonesia juga termasuk negara kepulauan yang terdiri dari puluhan ribu pulau. Batas wilayah Indonesia pun berbatasan dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Australia hingga Papua Nugini.

Luas wilayah Indonesia adalah 1,9 juta km persegi yang didominasi wlayah perairan hingga negara ini termasuk negara maritim. Selain itu terdapat benua yang berdekatan dengan wilayah Indonesia yaitu benua Asia dan benua Australia yang memberi pengaruh terhadap kondisi geografis dan geologis Indonesia.

Jika ditinjau dari letak astronomis Indonesia, posisi negara ini berada dekat dengan garis khatulistiwa dan membentang cukup luas hingga memunculkan 3 zona pembagian waktu Indonesia. Lantas bagaimana dengan letak Indonesia secara geografis dan apa sajakah pengaruh letak geografis Indonesia ditinjau dari berbagai aspek dan faktor?

Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia


Letak geografis Indonesia berada di posisi silang yaitu diapit oleh dua benua (Asia dan Australia) serta diapit oleh dua samudera (Pasifik dan Hindia). Berikut penjelasan lengkap mengenai letak Indonesia secara geografis.

Indonesia Diapit oleh Dua Benua yaitu Asia dan Australia


Indonesia terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Hal ini membuat posisi Indonesia cukup unik karena memiliki kedekatan baik dengan negara negara di benua Asia maupun negara negara di benua Australia. Benua Asia berada di wilayah barat laut negara Indonesia, sedangkan benua Australia berada di arah tenggara Indonesia.

Negara Indonesia pun berbatasan dengan negara negara di benua Asia seperti Malaysia dan Singapura, namun juga berbatasan dengan negara negara di benua Australia seperti Australia dan Papua Nugini. Letak Indonesia secara geografis ini cukup strategis karena berdekatan dengan negara negara penting.

Indonesia Diapit oleh Dua Benua yaitu Pasifik dan Hindia


Indonesia terletak di antara dua samudera, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Letak Samudera Hindia berada di arah barat daya negara Indonesia, sedangkan letak Samudera Pasifik berada di arah timur laut wilayah geografis Indonesia.

Posisi geografis Indonesia yang diapit dua samudera menyebabkan adanya pembagian musim Indonesia menjadi 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Letak Indonesia yang berada di antara dua samudera juga mempengaruhi kondisi iklim laut di Indonesia.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia


1. Terdapat pergantian 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, hal ini diakibatkan karena adanya perubahan angin muson yang bertiup

2. Kondisi alamnya beriklim laut, hal ini dikarenakan Indonesia terdiri dari 2 samudra besar dengan wilayah yang berbentuk kepulauan, sehingga banyak memperoleh pengaruh angin laut yang mendatangkan hujan

3. Karena terdiri dari 2 benua besar, maka sedikit banyaknya Indonesia banyak dipengaruhi oleh budaya asing, baik dari segi alat musik, film atau cara berpakaian

4. Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna yang menjadi potensi utama dalam keterlibatan di dunia perdagangan Internasional

5. Karena terletak pada lipatan muda, maka Indonesia memiliki kekayaan sumber daya bahan tambang, berupa minyak bumi dan gas

6. Indonesia memiliki hubungan yang baik dan aktif di bidang politik Internasional karena akses yg dimiliki cukup mudah

7. Indonesia memiliki banyak mitra dalam perdagangan karena terletak di posisi silang yang strategis. Hal ini menjadikan Indonesia memiliki perekonomian yang cukup berkembang sebagai negara Berkembang dengan Industri yang cukup baik.

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis


  • Batas wilayah Indonesia bagian barat berbatasan dengan Samudera Hindia.
  • Batas wilayah Indonesia bagian timur berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Papua Nugini.
  • Batas wilayah Indonesia bagian utara berbatasan dengan Samudera Pasifik, Selat Malaka, Singapura, Laut Cina Selatan dan Malaysia Timur.
  • Batas wilayah Indonesia bagian selatan berbatasan dengan Australia, Laut Timor Timur, Samudera Hindia dan Laut Arafura.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai letak geografis Indonesia beserta batas wilayah Indonesia secara geografis dan pengaruh letak geografis Indonesia. Tentunya dengan posisi yang strategis harus dimanfaakan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Sekian info geografi kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Letak Geografis Indonesia Beserta Pengaruh dan Batas Wilayahnya"

Posting Komentar