Prinsip-Prinsip Geografi Beserta Penjelasan dan Contohnya

Ilmu geografi merupakan cabang ilmu yang mempelajari gejala atau fenomena di permukaan bumi. Terdapat 4 prinsip-prinsip geografi yang dipelajari dalam cabang ilmu ini yakni meliputi prinsip distribusi, prinsip interelasi, prinsip deskripsi dan prinsip korologi.

Maksud pengertian prinsip geografi adalah dasar-dasar dalam masalah pengkajian, penelitian dan penyajian gejala, variabel, data dan faktor-faktor dalam sebuah fenomena geosfer. Adanya prinsip geografi penting dalam kajian dan penelitian terkait ilmu geografi.

Hal ini juga berkaitan dengan aspek-aspek geografi yang terdiri dari aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik terdiri dari topografi, biotik dan non-biotik yang berkaitan dengan fenomena alam. Sementara aspek sosial terdiri dari ekonomi, sosial dan politik yang berkaitan dengan perilaku manusia.

Di bawah ini akan dijabarkan mengenai apa saja prinsip-prinsip geografi, yang disajikan lengkap beserta pengertian dan contoh prinsip geografi menurut para ahli.

(baca juga letak geografis Indonesia)

Prinsip-Prinsip Geografi

4 Prinsip Geografi dan Contohnya


1. Prinsip Distribusi

Prinsip distribusi termasuk salah satu dari 4 prinsip geografi. Prinsip distribusi juga disebut sebagai penyebaran. Maksudnya adalah fenomena geografi bisa terjadi dimana saja dengan persebaran yang tidak merata di permukaan Bumi.

Contoh prinsip distribusi misalnya keadaan sumber air tanah yang berbeda di tiap-tiap daerah tergantung pada karakteristik tanah dan daerah yang bersangkutan.

2. Prinsip Interelasi

Prinsip geografi berikutnya adalah prinsip interelasi. Prinsip interelasi dikenal juga sebagai prinsip keterkaitan. Maksudnya adalah adanya hubungan saling keterkaitan antar fenomena fisik dan fenomena sosial.

Contoh prinsip interelasi misalnya terjadinya banjir disebabkan karena penebangan hutan secara liar akibat perilaku manusia.

3. Prinsip Deskripsi

Prinsip deskripsi merupakan salah satu prinsip-prinsip geografi. Prinsip deskripsi ini juga dikenal sebagai prinsip penggambaran. Maksudnya persebaran dan hubungan fenomena geografi dapat dijelaskan dalam bentuk data, grafik, peta, tabel dan media yang lebih detail.

Contoh prinsip deskripsi misalnya yaitu peta persebaran curah hujan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan timur.

4. Prinsip Korologi

Prinsip geografi yang terakhir adalah prinsip korologi. Prinsip korologi juga disebut sebagai prinsip gabungan. Maksudnya prinisp ini menggabungkan unsur-unsur dari prinsip distribusi, prinsip interelasi dan prinsip deskripsi dalam menentukan sebuah fenomena di permukaan bumi

Contoh prinsip korologi misalnya penelitian kualitas tanah harus mempertimbangkan perbandingan tanah di desa dan kota, adanya pepohonan, suhu udara dan faktor-faktor lain.

Demikian penjelasan 4 prinsip-prinsip geografi dan contohnya lengkap beserta penjelasannya. Secara umum ada 4 prinsip geografi yang dipelajari dalam ilmu geografi yakni prinsip distribusi, interelasi, deskripsi dan korologi.

0 Response to "Prinsip-Prinsip Geografi Beserta Penjelasan dan Contohnya"

Posting Komentar