33+ Macam-Macam Genre Anime Beserta Contoh dan Penjelasannya

Macam-macam genre anime - Anime adalah istilah untuk menyebut kartun animasi asal Jepang. Pengertian anime khusus untuk kartun dan animasi produksi Jepang. Ada banyak jenis-jenis genre anime yang populer dari mulai shounen dan shoujo ataupun action, fantasy, romance, drama, sports, comedy, mystery dan sebagainya.

Saat ini anime menjadi tontonan yang populer di seluruh dunia, tidak hanya untuk anak kecil, tapi juga untuk remaja dan orang dewasa sekalipun, baik laki-laki maupun perempuan. Beberapa anime populer pun mampu mendunia.

Beberapa contoh anime terbaik di dunia yang paling banyak ditonton misalnya adalah One Piece, Naruto, Dragon Ball, Death Note, Fullmetal Alchemist: Brotherhood, Bleach, Fairy Tail, Doraemon, Attack on Titan, My Hero Academia dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terdapat banyak variasi macam-macam genre anime. Pengelompokkan genre anime bisa dibagi dalam kelompok umur seperti kodomo, shounen, shoujo, serta juga berdasarkan tema cerita seperti action, romance, sports, fantasy, sci-fi, comedy, slice of life dan lain-lain.

(baca juga film anime terbaik)

Macam-Macam Genre Anime

Macam-Macam Genre Anime


Berikut adalah pembahasan mengenai macam-macam genre anime yang populer dan subgenrenya berdasarkan kelompok umur dan tema cerita ditampilkan lengkap beserta pengertian dan contoh tiap genre animenya.

Jenis Genre Anime Berdasarkan Kelompok Umur


Kodomo

Anime genre kodomo adalah jenis anime yang diperuntukkan untuk anak-anak. Target penonton genre anime kodomo adalah anak usia 6 sampai 11 tahun. Biasanya cerita anime ini bertemakan keluarga dan persahabatan.

Contoh anime kodomo : Doraemon, Inazuma Eleven, Ninja Hattori, Hamtaro

Shounen

Anime genre shounen merupakan jenis anime yang paling populer dan paling banyak digunakan. Anime shounen diperuntukkan pada penonton laki-laki usia remaja, meski faktanya penontonnya lebih umum. Biasanya berpusat pada karakter utama laki-laki dengan unsur petualangan atau persahabatan.

Contoh anime shounen : One Piece, Naruto, Hunter X Hunter, Bleach, Dragon Ball

Shoujo

Anime genre shoujo merupakan jenis anime yang diperuntukkan pada penonton perempuan usia remaja. Biasanya jenis anime ini berpusat pada karakter wanita dengan tema romansa, supergirl dan kehidupan sehari-hari.

Contoh anime shoujo : Sailor Moon, Tokyo Mew Mew, Cardcaptor Sakura, Fruit Basket

Seinen

Jika target penonton shounen adalah cowok remaja, maka anime seinen menargetkan penonton pria usia dewasa. Target usia penonton anime seinen ini antara 20 sampai 30 tahun, bahkan lebih dari 40 tahun sekalipun. Tema yang diangkat cukup berat seperti politik, interaksi manusia dan aksi.

Contoh anime seinen : Ghost in the Shell, Neon Genesis, Evangelion, Akira, Berserk

Josei

Jika target penonton shoujo adalah cewek remaja, maka anime josei menargetkan penonton wanita usia dewasa. Target usia penonton anime josei ini antara 20 sampai 30 tahun, bahkan lebih dari 40 tahun sekalipun. Tema yang diangkat cukup berat seperti kehidupan romansa yang lebih realistis.

Contoh anime seinen : Hachimitsu no Clover, Loveless, Chihayafuru, Nodame Cantabile

Jenis Genre Anime Berdasarkan Tema Cerita


Action

Anime action merupakan jenis anime yang bertemakan aksi laga. Genre ini menjadi salah satu genre anime paling populer. Biasanya mengandung unsur perkelahian, pertarungan dan peperangan penuh aksi dan jurus-jurus keren

Contoh anime action : Naruto, Fullmetal Alchemist: Brotherhood, Attack on Titan, Fairy Tail

Romance

Anime romance merupakan jenis anime yang bertemakan romansa dan kisah cinta. Genre ini biasa digemari penonton wanita karena ceritanya yang romantis dan mungkin bisa bikin baper para penontonnya.

Contoh anime romance : Angel Beats, Clannad, Akatsuki no Yona, Akagami no Shirayuki-hime

Comedy

Anime komedi merupakan jenis anime yang mengandung unsur humor yang lucu. Genre komedi banyak mengandung cerita yang ringan dengan humor yang lucu dan kocak yang pastinya bisa membuat penonton tertawa.

Contoh anime comedy : Gintama, Sakurasou no Pet na Kanojo, Danshi Koukousei no Nichijou

Horror

Anime horor merupakan jenis anime tentang hal-hal menyeramkan. Biasanya anime horor mengandung unsur hantu, supranatural, pembunuhan hingga misteri. Ada banyak anime horor terbaik yang dapat membuat penonton ketakutan.

Contoh anime horror : Another, Corpse Party, Hellsing, Future Diary

Fantasy

Anime fantasy merupakan jenis anime bertemakan fantasi yang penuh khayalan dan imajinasi sesuai kreatifitas pengarangnya. Biasanya anime genre fantasy mengandung unsur dunia fiksi, peri dan negeri dongeng. 

Contoh anime fantasy : Tales of Zestiria, Kono Suba, Zero no Tsukaima, Danmachi

Adventure

Anime adventure merupakan jenis anime yang mengandung unsur petualangan. Biasanya jenis anime adventure bertemakan penjelajahan dan perjalanan menuju satu tempat ke tempat lainnya guna mencapai impian tertentu.

Contoh anime adventure : One Piece, Hunter X Hunter, Musashi, Log Horizon

Drama

Anime drama merupakan jenis anime yang mengandung unsur drama yang bisa membawa emosi para penontonnya. Genre drama menghadirkan pembawaan cerita pada situasi dan kondisi secara kompleks, penuh emosional dan konflik batin.

Contoh anime drama : Ano Hi Mita Hana, Clanned, Guilty Crown, Kill La Kill

Sports

Anime sports adalah jenis anime yang bertemakan olahraga, baik di tingkat sekolah maupun profesional. Banyak jenis olahraga yang sering dijadikan anime seperti sepak bola, basket, tennis, renang, balapan dan lain-lain.

Contoh anime sports : Captain Tsubasa, Slam Dunk, Kuroko no Basuke, Haikyuu

Ecchi

Anime ecchi merupakan jenis anime yang mengandung unsur konten dewasa. Meski begitu semuanya ditampilkan tidak secara eksplisit, namun dari tindakan, perkataan atau suasana yang mendukung unsur tersebut.

Contoh anime ecchi : Highschool DxD, Trinity Seven, Hundred, To Love-Ru

Mystery

Anime mystery merupakan jenis anime yang mengandung unsur misteri. Biasanya anime genre mystery berhubungan dengan tema detektif, teka-teki atau menyelesaikan suatu kasus kriminal yang sulit dipecahkan. 

Contoh anime mystery : Death Note, Hyouka, Detective Conan, DDS

Sci-Fi

Anime sci-fi atau science fiction adalah jenis anime dengan tema sains fiksi. Biasanya anime sci-fi berhubungan dengan tema robot, alien dan hal-hal tentang alat dan teknologi canggih, namun yang tidak ilmiah.

Contoh anime sci-fi : Psycho Pass, Stein Gate, Hack Quantum, Kiznaver

Slice of Life

Anime slice of life adalah jenis anime yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari. Biasanya berpusat pada tokoh utama serta problematika yang dihadapai dari mulai masalah di sekolah, pertemanan dan percintaan.

Contoh anime slice of life : Barakamon, Clannad, Blend S, Sakura Quest

Jenis-Jenis Genre Anime Lainnya :
  • Game : Genre anime yang bercerita tentang dunia game dan permainan kartu
  • Samurai : Genre anime yang bersetting di zaman samurai dengan katananya
  • Harem : Genre anime dimana tokoh laki-laki dikelilingi banyak wanita dan sebaliknya
  • Music : Genre anime bertemakan musik baik tentang penyanyi atau grup tertentu
  • Detective : Genre anime tentang cerita detektif menyelesaikan kasus misteri
  • Supernatural : Genre anime yang berhubungan dengan kekuatan super yang tidak masuk dalam logika.
  • Mecha : Genre anime yang berhubungan dengan robot dan mesin canggih
  • Isekai : Genre anime dimana menceritakan karakternya terjebak dalam dunia paralel
  • Martial Arts : Genre anime yang menceritakan tentang aksi bela diri seperti kungfu dan karate
  • Psychological : Genre anime yang menonjolkan keadaan psikologi dari karakter utama
  • School : Genre anime yang berhubungan dengan kehidupan sekolah
  • Magic : Genre anime yang mengandung unsur sihir dan magic
  • Parody : Genre anime yang memparodikan karya lain baik drama, film, musik atau anime lain
  • Survival : Genre anime tentang bertahan hidup dalam sebuah ujian atau tantangan tertentu
  • Military : Genre anime tentang dunia militer baik dari segi pelatihan maupun pertempuran

Nah demikianlah info anime mengenai macam-macam genre anime dan contohnya. Beberapa genre anime populer seperti action, adventure, romance, comedy, sports, drama dan fantasy banyak digemari dan banyak diproduksi sampai sekarang.

2 Komentar untuk "33+ Macam-Macam Genre Anime Beserta Contoh dan Penjelasannya"

  1. Wah, ternyata banyak juga ya gan, ane taunya cuma sedikit, wkwk

    BalasHapus
  2. hallo, boleh minta sumbernya dari mana?

    BalasHapus