14+ Urutan Film DC Terbaru dari Tahun ke Tahun (DC Extended Universe)

Urutan film DC terbaru - DC Comics terkenal sebagai salah satu komik terpopuler yang menghadirkan banyak karakter superhero terkenal seperti Superman, Batman, atau Wonder Woman. Versi film layar lebarnya pun dibuat, dimana tiap film superhero tergabung dalam 1 universe dalam DC Extended Universe (DCEU), yang dibuat DC Films dan Warner Bros.

Film-film DCEU pun tergabung dalam 1 universa yang sama dari film ke film, sehingga tiap film terkoneksi satu sama lain. Tren ini hampir serupa dengan film-film Marvel Cinematic Universe (MCU). Seperti diketahui jika Marvel adalah kompetitor DC dan kini keduanya kembali bersaing di film layar lebar.

Proyek ini dimulai lewat film Man of Steel di tahun 2013 dan telah menghadirkan banyak film-film superhero terkenal. Beberapa aktor Hollywood ternama turut serta dalam DCEU antara lain Henry Cavill (Superman), Ben Affleck (Batman), Gal Gadot (Wonder Woman), Jason Momoa (Aquaman), Margot Robbie (Harley Quinn), Ezra Miller (Flash), Ray Fisher (Cyborg), dan lain-lain.

Beberapa film DC terbaik ada yang sukses, namun DCEU banyak dikritik karena kualitas film yang kurang, plot cerita yang agak hambar, dan dianggap meniru konsep Marvel. Meski begitu, pihak DC masih akan meneruskan projek ini dengan merilis film-film DC terbaru ke depannya.

(baca juga urutan film Marvel)


Urutan Film DC Universe


Untuk itu kali ini akan dibagikan daftar film DC terbaru dari tahun ke tahun beserta urutan kronologinya sesuai tahun rilis dalam franchise DCEU (update terbaru).

1. Man of Steel


Tanggal rilis : 14 Juni 2013
Sutradara : Zack Snyder
Box office : 668 juta US dollar

Man of Steel menjadi film pertama dalam DC Extended Universe yang menghadirkan karakter superhero paling ikonik, Superman. Dalam DCEU, Superman diperankan oleh Henry Cavill. Jajaran cast lain yang terlibat dalam Man of Steel adalah Amy Adams, Michael Shannon, Kevin Costner, dan Russell Crowe.

2. Batman v Superman: Dawn of Justice


Tanggal rilis : 25 Maret 2016
Sutradara : Zack Snyder
Box office : 874 juta US dollar

Proyek ambisius DC berlanjut saat untuk pertama kalinya, 2 superhero paling terkenal Batman dan Superman terlibat dalam 1 film. Film dengan judul Batman v Superman: Dawn of Justice ini menghadirkan Ben Affleck dan Henry Cavill memerankan 2 karakter ikonik tersebut. Sayangnya, film ini bisa dibilang gagal memenuhi ekspetasi.

3. Suicide Squad


Tanggal rilis : 5 Agustus 2016
Sutradara : David Ayer
Box office : 747 juta US dollar

Suicide Squad menghadirkan para karakter anti-hero alias villain. Cast ternama seperti Will Smith (Deadshot), Margot Robbie (Harley Quinn), Jared Leto (Joker), dan Cara Delevinge (Enchantress) ikut terlibat. Film ini memenangi Oscar di ajang Academy Awards untuk kategori Best Makeup and Hairstyling.

4. Wonder Woman


Tanggal rilis : 2 Juni 2017
Sutradara : Patty Jenkins
Box office : 821 juta US dollar

Wonder Woman jadi film pertama DCEU dengan karakter superhero wanita utama, yakni Wonder Woman yang dengan sempurna diperankan oleh aktris Gal Gadot, yang sebelumnya sudah mendapat cameo di film Batman v Superman. Banyak yang mengaggap bahwa Wonder Woman jadi film DC Universe terbaik sejauh ini.

5. Justice League


Tanggal rilis : 17 November 2017
Sutradara : Zack Snyder
Box office : 658 juta US dollar

Justice League menghadirkan sederet superhero DC terkenal mulai dari Batman (diperankan Ben Affleck), Wonder Woman (Gal Gadot), The Flash (Ezra Miller), Cyborg (Ray Fisher), Aquaman (Jason Momoa), dan tentu saja Superman (Henry Cavill). Meski terbilang ambisius, film ini juga terbilang gagal memenuhi target DC.

6. Aquaman


Tanggal rilis : 21 Desember 2018
Sutradara : James Wan
Box office : 1,15 miliar US dollar

Aquaman dirilis tahun 2018 dan menjadi film DC paling sukses secara box office. Film ini menghadirkan aktor Jason Momoa yang memerankan karakter Aquaman, pewaris kerajaan bawah laut Atlantis yang berupaya mencegah peperangan antara pasukan darat dan laut.

7. Shazam!


Tanggal rilis : 5 April 2019
Sutradara : David F. Sandberg
Box office : 365 juta US dollar

Shazam! jadi superhero terbaru yang bergabung dalam semesta DC. Film ini terhitung sukses meski menjadi film DC dengan performa box office paling rendah. Shazam menghadirkan seorang remaja bernama Billy Batson yang bisa berubah menjadi superhero dewasa berkekuatan super dengan mengucapkan 1 kata, sesuai judul film ini.

8. Birds of Prey


Tanggal rilis : 7 Februari 2020
Sutradara : Cathy Yan

9. Wonder Woman 1984


Tanggal rilis : 5 Juni 2020
Sutradara : Patty Jenkins

10. The Batman


Tanggal rilis : 25 Juni 2021
Sutradara : Matt Reeves

11. The Suicide Squad


Tanggal rilis : 6 Agustus 2021
Sutradara : James Gunn

12. Aquaman 2


Tanggal rilis : 16 Desember 2022
Sutradara : (belum diumumkan)

13. Black Adam


Tanggal rilis : (belum diumumkan)
Sutradara : Jaume Collet-Serra

14. The Flash


Tanggal rilis : sekitar tahun 2021
Sutradara : Andy Muschietti

Film-Film DC Universe yang Masih dalam Tahap Pengembangan


  • Lobo
  • Justice League Dark
  • Cyborg
  • Green Lantern Corps
  • Booster Gold
  • Gotham City Sirens
  • Deadshot
  • Nightwing
  • Batgirl
  • Deathstroke
  • Supergirl
  • Blue Beetle
  • Plastic Man
  • The Trench
  • film tentang Joker
  • film tentang Joker dan Harley Quinn
  • sekuel film Justice League
  • sekuel film Man of Steel
  • sekuel film Wonder Woman 1984
  • sekuel film Shazam!

Nah itulah urutan nonton film DC dan jadwal film DC terbaru ke depannya dari tahun ke tahun secara kronologis. Urutan film DC tersebut memang harus diperhatikan agar tidak kebingungan saat nonton film yang masuk franchise DC Extended Universe (DCEU). Sekian info film barat kali ini.

Belum ada Komentar untuk "14+ Urutan Film DC Terbaru dari Tahun ke Tahun (DC Extended Universe)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel