4 Kota yang Pernah Jadi Ibukota Indonesia dan Sejarahnya

Kota yang pernah jadi ibukota Indonesia - Jakarta telah menjadi ibukota Indonesia sejak awal kemerdekaan, namun dalam waktu dekat ibukota Indonesia akan pindah ke kota Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di provinsi Kalimantan Timur. Faktanya ada juga beberapa kota lain yang pernah jadi ibukota Indonesia meski dalam waktu singkat.

Secara konstitusional, Jakarta ditetapkan sebagai ibu kota Indonesia melalui Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1964. Jakarta telah menjadi pusat pemerintahan sejak masih bernama Batavia pada masa Hindia Belanda hingga mulai awal kemerdekaan Indonesia di tahun 1945. Jakarta menjadi kota terbesar di Indonesia berdasakran jumlah penduduknya yang jadi pusat pemerintahan dan ekonomi nasional.

Dalam sejarah, juga ada beberapa kota yang pernah jadi ibukota darurat dalam waktu sementara, yakni Yogyakarta dan Bukittinggi. Pada perkembangannya, Jakarta menjadi kian padat dan macet. Bahkan kini Jakarta sudah overpopulasi karena tiap tahun jumlah penduduknya terus bertambah dan semakin sesak.

Belum lagi ditambah masalah-masalah lain seperti kemacetan, polusi udara, sampah, hingga masalah lain yang tak kunjung tuntas. Pemerintah sudah mewacanakan untuk memindahkan ibukota sejak lama, namun baru pada tahun 2019 rencana itu disepakati. Ibukota Indonesia direncanakan akan pindah ke wilayah Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur mulai tahun 2024.

(baca juga nama provinsi di Indonesia)

4 Kota yang Pernah Jadi Ibukota Indonesia


Berikut ini merupakan 4 kota di Indonesia yang pernah dan akan menjadi ibukota Indonesia dari awal kemerdekaan sampai sekarang.

1. Jakarta



Jakarta adalah ibukota Indonesia sejak awal kemerdekaan. Artinya Jakarta menjadi pusat pemerintahan dan penggerak roda ekonomi nasional. Di awal-awal kemerdekaan ibukota sempat pindah ke Yogyakarta dan Bukittinggi untuk sementara, namun setelahnya Jakarta terus menjadi ibukota Indonesia.

Belakangan kondisi Jakarta kian padat dan macet. Kondisi udara yang buruk, polusi yang tinggi, padatnya penduduk, hingga penuh sesaknya ruang terbuka Jakarta membuat pemerintah beberapa kali mengkaji untuk memindahkan ibukota. Pada tahun 2019, pemerintah pun memutuskan untuk memindahkan ibukota ke Kalimantan.

2. Yogyakarta



Yogyakarta juga pernah menjadi ibukota Indonesia meski dalam waktu yang singkat. Pemindahan ibukota pernah dilakukan dari Jakarta ke Yogyakarta pada tanggal 4 Januari 1946, atau hanya lima bulan setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. 

Pemindahan ibukota ini dikarenakan Belanda yang masih gencar melakukan agresi militer sehingga keamanan Jakarta sebagai ibukota pun terancam. Jakart sempat jatuh ke tangan militer Belanda, sehingga ibukota kemudian dipindahkan ke Yogyakarta asal usual Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Paku Alam VIII.

3. Bukittinggi



Selanjutnya ada kota Bukittinggi di Sumatera Barat yang pernah jadi ibukota sementara pada 19 Desember 1948. Sama seperti Yogyakarta, Bukittinggi menjadi ibukota darurat karena saat itu Yogyakarta yang jadi ibukota juga jatuh ke pihak Belanda, dikarenakan agresi militer II yang dilakukan oleh Belanda.

Soekarno pun kembali memindahkan pemerintahan ke kota Bukittinggi dan dikenal dengan istilah PDRI atau Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Kota Bukittinggi dipilih karena adanya Sjafrudin Prawiranegara yang disiapkan untuk memimpin PDRI jika para pemimpin pemerintahan tertangkap.

4. Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara



Pada tahun 2019, pemerintah sepakat untuk memindahkan ibukota dari Jakarta ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. Pemindahan direncanakan akan dimulai sejak tahun 2024. Wilayah Kalimantan Timur dipilih karena wilayah yang luas, kondisi yang masih tidak begitu padat serta daerahnya aman dari gempa dan bencana lain.

Rancangan ibukota baru ini pun terus dikerjakan. Selain itu belum ada nama resmi dari ibukota baru ini, hanya diketahui bahwa kota akan dibangun di wilayah Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur.

Nah itulah penjelasan 4 kota yang pernah dan akan menjadi ibukota Indonesia beserta keterangan dan latar belakangnya. Kota-kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Bukittinggi, serta Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara pernah dan akan menjadi ibukota di Republik Indonesia.

0 Response to "4 Kota yang Pernah Jadi Ibukota Indonesia dan Sejarahnya"

Posting Komentar