Daftar 10 Film Anime Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Film anime terbaik - Anime adalah jenis film animasi asal Jepang. Perkembangan anime memang termasuk sangat pesat dan sudah populer secara internasional sejak tahun 80an. Anime memang identik dengan serial TV anime terbaik dunia seperti Dragon Ball, Naruto, One Piece atau mungkin Doraemon. Kebanyakan seri anime tersebut memang diadaptasi dari manga atau komik. Popularitas anime kian berkembang di era modern dengan banyaknya anime series baru yang tak kalah bagus, mulai dari Attack on Titan, Tokyo Ghoul sampai Sword Art Online.

Namun anime tidak hanya berupa series saja. Ada juga banyak film anime layar lebar yang ditayangkan di bioskop dan termasuk film anime yang wajib ditonton. Beberapa film layar lebar anime ini merupakan versi 'The Movie' dari series anime, seperti misalnya Detective Conan the Movie atau One Piece the Movie yang kerap rilis tiap tahunnya. Namun ada juga cerita original yang dijadikan versi film bioskop anime.

Membicarakan film anime tentu tidak bisa dipisahkan dari Studio Ghibli, Ya, studio anime yang satu ini terkenal banyak menghasilkan film anime terpopuler yang digemari di seluruh dunia, terutama untuk film karya sutradara Hayao Miyazaki yang sudah sangat dikenal di industri film dunia. Meski begitu, film anime dari studio lain juga banyak yang bagus.

Genre yang diusung oleh film film anime terbaik pun beragam. Beberapa film anime kebanyakan bergenre fantasy atau science fiction (sci-fi), ada juga yang bergenre action, romance, adventure, drama, family, hingga horror. Varian tema yang luas membuat film anime Jepang menjadi mudah digemari oleh penggemar film animasi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Berikut ini akan kami tampilkan info mengenai list 10 film anime terbaik di dunia yang diproduksi oleh studio anime terbaik di Jepang. Film anime yang muncul dalam daftar berikut merupakan film anime layar lebar, tidak termasuk film anime series, dan harus berasal dari negara Jepang sesuai dengan pengertian anime itu sendiri. Berikut top 10 film anime terbaik sepanjang masa selengkapnya update terbaru.

Daftar 10 Film Anime Terbaik Sepanjang Masa


1. Spirited Away

Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Film Spirited Away merupakan film anime yang dirilis pada tahun 2001. Judul aslinya adalah Chihiro no Kamikakushi. Film ini disutradarai oleh Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli. Spirited Away bercerita tentang seorang gadis yang terperangkan dalam dunia roh/spirit. Mengusung genre fantasy dan petualangan, Spirited Away bahkan sukses menyabet penghargaan Best Animated Feature di ajang Academy Awards. Tak heran jika banyak yang menganggap film ini sebagai film anime terbaik sepanjang masa.

2. My Neighbor Totoro

Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Dirilis di tahun 1988, My Neighbor Totoro tetap jadi salah satu anime terbaik dunia. Memiliki judul asli Tonari no Totoro, film ini juga disutradarai oleh Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli. Karakter Totoro dalam film ini bahkan menjadi ikon dan maskot dari Studio Ghibli. My Neighbor Totoro juga mengambil tema tentang roh atau spirit. Film ini banyak mendapat pujian sebagai salah satu film anime terfavorit.

3. Tokyo Godfathers

Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Tokyo Godfathers atau Tokyo Goddofazazu merupakan film anime Jepang tahun 2003 yang disutradarai oleh Satoshi Kon dan Shogo Furuya. Film ini mengisahkan tentang 3 orang gelandangan yang menemukan bayi di tempat sampah dan berupaya untuk menemukan orang tuanya. Dengan plot yang simple, film ini mengandung unsur drama dan juga komedi. Tokyo Godfather pun jadi salah satu film anime rekomendasi untuk ditonton.

4. Princess Mononoke

Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Satu lagi film Studio Ghibli yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki dalam list ini. Princess Mononoke dirilis tahun 1997 dengan judul asli Mononoke-hime. Tema petualangan fantasy masih jadi topik yang diusung oleh Miyazaki, layaknya film-film lainnya yang sukses. Princess Mononoke pun jadi salah satu film anime paling ikonik.

5. Ghost in the Shell

Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Ghost in the Shell merupakan film anime bioskop yang diadaptasi dari seri anime di tahun 80an. Film ini sendiri dirilis di tahun 1995 dan disutradarai oleh Mamoru Oshi. Dengan mengusung tema futuristik, Ghost in the Shell mampu sukses dan populer serta jadi salah satu film anime paling terkenal sepanjang sejarah. Film ini bahkan dibuat versi live-action film Hollywood di tahun 2017 yang dibintangi oleh aktris Scarlett Johansson.

6. Your Name

Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Kimi no na wa atau Your Name jadi film anime terbaru dalam list ini karena dirilis pada tahun 2016 lalu. Your Name menceritakan kisah 2 orang yang bertukar tubuh satu sama lain. Tema fantasy, drama atau bahkan romance ada pada film yang disutradarai oleh Makoto Shinkai ini. Your Name mampu sukses secara box office, bahkan menurut beberapa sumber film ini jadi film terlaris sepanjang masa di negara Jepang.

7. Grave of the Fireflies

Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Grave of the Fireflis atau Hotaru no Haka merupakan film anime karya sutradara Isao Takahata yang dirilis pada tahun 1988. Film ini pun termasuk produksi Studio Ghibli. Film ini bersetting pada Perang Dunia II mengisahkan dua bersaudara yang harus bertahan hidup di zaman perang tersebut. Grave of the Fireflies menjadi begitu populer di kalangan penggemar film anime sampai sekarang.

8. Paprika

Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Film ini dirilis di tahun 2006 lalu oleh sutradara Satoshi Kon. Paprika menceritakan seorang ahli terapi yang memasuki alam mimpi bawah sadar pasiennya lewat sebuah mesin. Film ini menawarkan konsep yang unik serta lain dari yang lain. Dengan gambar surrealistic dan plot yang unik, Paprika layak untuk ditonton oleh penggemar film secara keseluruhan. Film ini pun dianggap sebagai film yang menginspirasi jalan cerita Inception, film Hollywood populer di tahun 2010.

9. Akira

Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Tahun 1988 menjadi tahun penting bagi perkembangan film anime. Selain My Neighbor Totoro dan Grave of the Fireflies, film anime terbaik lain yang dirilis di tahun 1988 adalah Akira yang disutradarai oleh Katsuhiro Otomo. Dengan genre action dan sci-fi, Akira menceritakan kondisi di kota Neo-Tokyo lengkap dengan unsur militer, senjata kimia, gang motor hingga kekuatan psychics. Terdengar absurd memang memadukan semua unsur tersebut, namun Akira jadi bukti salah satu film anime yang jadi favorit dengan animasi yang terhitung bagus di masanya.

10. The Girl Who Leapt Through Time

Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

The Girl Who Leapt Through Time adalah film anime yang dirilis di tahun 2006 dengan judul asli Toki o Kakeru Shojo. Sutradaranya adalah Mamoru Hosoda. Bercerita tentang seorang remaja wanita yang memiliki kemampuan untuk kembali ke masa lalu (time travel), yang berakibat pada dirinya dan kehidupan di sekitarnya. Film ini layak jadi rekomendasi film anime terfavorit.

Film anime terbaik lainnya : 

  • Howl's Moving Castle (2004)
  • Wolf Children (2012)
  • Castle in the Sky (1986)
  • Millenium Actress (2001)
  • Summer Wars (2009)
  • Nausicaa of the Valley of the Wind (1984)
  • Vampire Hunter D (1985)
  • The Wind Rises (2013)
  • Kiki's Delivery Service (1989)
  • Tekkonkinkreet (2006)
  • Perfect Blue (1987)
  • 5 Centimeters per Second (2007)
  • Metropolis (2001)
  • A Letter of Momo (2011)
  • Ninja Scroll (1993)
  • Evangelion 2.0 (2011)
  • The Tale of the Princess Kaguya (2013)
  • Redline (2009)
  • The Boy and the Beast (2015)

Itulah info mengenai daftar 10 film anime terbaik atau best anime movies sepanjang masa update terbaru. Tentu list bersifat subyektif dan tiap orang mungkin memiliki pendapat yang berbeda. Kebanyakan film anime terbaik memang berasal dari karya Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli, sebut saja seperti Spirited Away, Princess Mononoke, My Neighbor Totoro atau Howl's Moving Castle. Ada juga beberapa anime yang dibuatkan live-action, seperti Ghost in the Shell. Sementara film anime berjudul Your Name menjadi film terlaris sepanjang masa di Jepang.

0 Response to "Daftar 10 Film Anime Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa"

Posting Komentar