Daftar 5 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia

Hutan merupakan sebuah kawasan yang oleh banyak pepohonan dan tumbuhan lain yang lebat. Sedangkan menurut undang-undang kehutanan, hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Hutan juga memiliki beberapa fungsi. Banyaknya pohon yang ada berfungsi untuk menampung gas karbondioksida dan menghasilkan gas oksigen. Fungsi hutan lain adalah sebagai habitat alami dari hewan. Selain itu hutan berguna sebagai modulator arus hidrologika dan sebagai aspek biosfer Bumi. Saking pentingnya hutan bagi alam, hutan dijuluki sebagai paru-paru dunia yang berperan penting untuk menjaga kelangsungan Bumi.

Peran penting hutan menjadi tanggungjawab bagi semua orang dan semuah pihak. Kita harus menjaga dan melestarikan hutan karena peran hutan yang penting dalam menjaga kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

Keberadaan hutan terdapat di banyak wilayah yang ada di dunia dan tersebar hampir di semua negara terdapat kawasan hutan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi luas hutan di sebuah negara, di antaranya yaitu iklim dan cuaca, curah hujan, kesuburan tanah hingga faktor non-teknis seperti kemajuan teknologi serta peran pemerintah dan warga dalam menjaga hutan.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan luas hutan terbesar di dunia, dimana lokasi hutan di Indonesia tersebar di beberapa pulau, seperti Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Sedangkan negara dengan luas hutan terbesar di dunia ada di negara Rusia yang terletak di antara benua Eropa dan Asia. Total luas area hutan di Rusia mencapai 8,15 juta km persegi atau hampir 50% separuh wilayah daratan Rusia. 

Sementara negara lain seperti Kanada, Brasil, Amerika Serikat hingga Cina memiliki luas area hutan yang besar juga, yaitu lebih dari 2 juta km persegi. Berikut akan kami tampilkan info daftar 5 negara dengan hutan terluas di dunia. Top 5 negara dengan hutan terluas di dunia dihitung berdasarkan luas hutan terbesar dengan satuan kilometer persegi. Berikut list negara dengan hutan terbesar di dunia selengkapnya beserta foto dan gambar hutan update terbaru.

5 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia


1. Rusia

Negara dengan Hutan Terluas di Dunia

Total luas area hutan : 8.149.300 km persegi
Persentase hutan dan daratan : 49,40%
Benua : Eropa

Rusia merupakan negara dengan hutan terluas dan terbesar di dunia. Total luas area hutan di Rusia mencapai 8,15 juta km persegi. Angka itu hampir 50% atau separuh dari total luas daratan Rusia. Rusia pun memiliki luas hutan terbesar dibanding negara di benua Eropa atau bahkan dunia. Bahkan total luas hutan di Rusia merupakan seperlima dari total luas hutan di seluruh dunia. Hutan yang ada di Rusia pun membentang dari bagian utara hingga ke selatan.

Beberapa jenis hutan yang ada di Rusia di antaranya hutan tundra, hutan konifer hingga hutan campuran. Tak heran jika banyak spesies binatang yang ada di Rusia, mulai dari binatang besar seperti harimau Siberia dan macan tutul salju hingga serangga seperti laba-laba Karakurt. Selain itu terdapat ratusan spesies hewan yang dilingungi oleh Rusia.

2. Kanada

Negara dengan Hutan Terluas di Dunia

Total luas area hutan : 4.916.438 km persegi
Persentase hutan dan daratan : 49,24%
Benua : Amerika Utara

Kanada menjadi negara kedua dengan wilayah hutan terbesar. Negara di kawasan Amerika Utara ini memiliki luas area yang hampir mencapai 5 juta km persegi atau hampir 50% luas wilayah darat di Kanada. Terdapat banyak kekayaan hayati yang ada di Kanada. Terdapat banyak spesies tanaman dan spesies binatang yang hidup di Kanada.

Selain itu, banyak jenis pepohonan yang hanya bisa ditemui di Kanada. Beberapa jenis hutan seperti hutan taiga atau hutan boreal juga menjadi aset bagi pemerintah Kanada. Kelestarian hutan di Kanada juga terawat karena andil dari masyarakat sekitar.

3. Brasil

Negara dengan Hutan Terluas di Dunia

Total luas area hutan : 4.776.980 km persegi
Persentase hutan dan daratan : 56,10%
Benua : Amerika Selatan

Negara dengan area hutan terluas berikutnya adalah Brasil dengan luas area kurang lebih 4,78 juta km persegi atau 56% dari total area darat Brasil. Jika hanya menghitung hutan tropis, Brasil adalah negara dengan hutan tropis terbesar di dunia. Yang paling terkenal tentu adalah hutan hujan Amazon yang ada di sekitar sungai Amazon. Hutan Amazon ini banyak dikunjungi oleh turis dan kerap dijadikan tempat produksi dan pengambilan gambar film dokumenter atau bahkan film Hollywood.

Hutan Amazon bahkan mengandung sekitar 90 hingga 140 milyar metrik ton karbon yang membantu membat iklim menjadi lebih stabil. Banyak spesies hewan yang ada di hutan Brasil, misalnya ular anakonda dengan ukuran besar atau ikan ganas piranha yang ada di sekitar sungai Amazon.

4. Amerika Serikat

Negara dengan Hutan Terluas di Dunia

Total luas area hutan : 3.100.950 km persegi
Persentase hutan dan daratan : 33,84%
Benua : Amerika Utara

Tak ketinggalan, Amerika Serikat juga jadi salah satu negara dengan area hutan yang luas dan besar. Luas area hutan di Amerika Serikat sekitar 3,10 juta km persegi. Beberapa hutan yang ada di Amerika dijadikan sebagai taman nasional dan spesies flora dan fauna yang ada di sana juga banyak yang dilindungi.

Meski begitu, masalah penebangan hutan secara liar menjadi masalah yang kerap terjadi di Amerika Serikat. Banyak terjadi kasus penebangan pohon dan hutan ilegal yang dilakukan oleh sejumlah pihak untuk membangun pemukiman atau mendapat keuntungan lain. Jika tidak ada penebangan ilegal, wilayah hutan di Amerika Serikat bisa lebih luas lagi.

5. Republik Rakyat Cina

Negara dengan Hutan Terluas di Dunia

Total luas area hutan : 2.083.210 km persegi
Persentase hutan dan daratan : 21,83%
Benua : Asia

Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, tak heran jika Cina juga memiliki area hutan yang luas. Total area hutan di Republik Rakyat Cina adalah lebih dari 2 juta km persegi. Pemerintah Cina bahkan melakukan program perluasan hutan sehingga banyak luas hutan di Cina kian bertambah.

Peningkatan luas hutan di Cina diprediksi akan terus dilakukan dan akan terus bertambah dalam waktu beberapa tahun ke depan. Banyak juga hutan di Cina yang dijadikan sebagai habitat satwa liar dan ekosistem bagi tumbuh-tumbuhan yang ada.

Negara dengan hutan terluas lain


6. Republik Demokratik Kongo

Total luas area hutan : 1.819.326 km persegi
Persentase hutan dan daratan : 50,00%
Benua : Afrika

7. Australia

Total luas area hutan : 1.470.832 km persegi
Persentase hutan dan daratan : 19,90%
Benua : Australia

8. Argentina

Total luas area hutan : 945.336 km persegi
Persentase hutan dan daratan : 34,00%
Benua : Amerika Selatan

9. Indonesia

Total luas area hutan : 884.950 km persegi
Persentase hutan dan daratan : 46,46%
Benua : Asia

10. India

Total luas area hutan : 778.424 km persegi
Persentase hutan dan daratan : 24,68%
Benua : Asia


Negara Indonesia juga termasuk salah satu negara dengan luas hutan terbesar, tepatnya berada di urutan 9 negara dengan hutan terluas di dunia. Total luas hutan Indonesia mencapai 884 km persegi atau sekitar 46,46% dari total daratan di Indonesia. Terdapat banyak spesies flora dan fauna yang hanya ada di Indonesia yang jumlahnya mencapai ribuan spesies.

Sayang banyak masalah yang meliputi hutan Indonesia, mulai dari penebangan pohon ilegal, kebakaran hutan yang marak hingga kerusakan hutan yang disebabkan oleh faktor lain. Tentu sebagai masyarakat Indonesia kita harus ikut menjaga kelestarian hutan kita. Baik pemerintah maupun masyarakat harus berperan aktif dan mendukung dalam upaya menjaga kekayaan hutan.

0 Response to "Daftar 5 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia"

Posting Komentar