Daftar 10 Film Animasi Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Film animasi terbaik - Film animasi merupakan salah satu teknik film dengan gambar kartun atau animasi. Dari dulu hingga sekarang banyak film animasi terpopuler yang telah dirilis. Film animasi terbaru juga terus dirilis tiap tahun karena banyak yang populer dan sukses, baik film kartun terbaru, film anime terbaru atau film animasi komputer. Kali ini akan dibahas mengenai daftar film animasi terbaik sepanjang masa yang bagus dan populer.

Animasi memang menjadi salah satu terobosan terbaik dalam dunia perfilman. Banyak film animasi terbaik yang sukses dan populer di seluruh dunia. Baik itu film animasi kartun, film animasi komputer atau film anime, memang memiliki kualitas masing-masing. Sepanjang sejarahnya pun banyak film animasi terbaik yang terkenal baik film animasi klasik maupun film animasi terbaru.

Film jenis animasi kini banyak diminati oleh kalangan pecinta film, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Film-film animasi merupakan rangkaian gambar bergerak hasil olahan komputer, baik gambar 2D (berupa kartun) atau animasi 3D komputer. Dengan film jenis ini, memungkinkan sutradara film untuk membuat ide cerita yang tidak bisa diperankan oleh manusia. Hal ini tentu akan membuat film menjadi lebih menarik untuk ditonton.

Sejak dahulu, ada beberapa film kartun animasi populer yang muncul di bioskop. Beberapa studio perusahaan film Hollywood yang memproduksi film genre ini antara lain seperti Disney, Pixar atau DreamWorks tak henti-hentinya membuat gebrakan baru dalam dunia film kartun dan animasi. Selain itu ada juga film animasi bergenre anime atau film anime yang dalam beberapa tahun terakhir kian diminati.

(baca juga film anime terbaik)

Dari banyaknya film jenis ini yang telah beredar, ada beberapa yang bisa dikategorikan yang terbaik, yang sukses menyedot banyak penonton dan meraih beragam penghargaan, seperti Oscar atau Academy Award. Sejumlah film kartun terbaik juga memiliki konsep dan ide cerita unik disertai kualitas gambar animasi yang bagus.

Kali ini akan ditampilkan mengenai info daftar 10 film animasi terbaik di dunia sepanjang sejarah film. Beberapa film yang masuk kriteria memiliki jalan cerita, kualitas grafis 3D, konsep tokoh dan karakter yang bagus dan berkualitas. Berikut ini list film animasi terpopuler sepanjang masa selengkapnya update terbaru.

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa


1. Wall-E

Film Animasi Terbaik

Di posisi pertama ada film Wall-E. Film ini sering dinobatkan sebagai film animasi terbaik oleh berbagai situs film ternama dunia. Overall film ini memang layak disebut sebagai masterpiece animasi. Dengan storyline yang baik serta konsep yang memukau, film ini juga mengandalkan body language dengan hanya sedikit dialog saja sehingga tampak lebih hidup. Bahkan ada bagian 45 menit tanpa dialog, namun justru disitulah kelebihan film Wall-E. Film ini juga menyimpan sisi romantis. Wall-E juga menjadi salah satu film terbaik dunia sepanjang masa secara keseluruhan.

2. Toy Story Series

Film Animasi Terbaik

Film Toy Story mencatat sejarah saat pertama dirilis tahun 1995 sebagai film animasi pertama yang 100 persen pembuatannya menggunakan teknologi komputer. Film ini kemudian sukses hingga dibuat sekuelnya, yaitu Toy Story 2 (1997) dan Toy Story 3 (2010). Toy Story Series sendiri menceritakan tentang kisah mainan-mainan yang ternyata bisa hidup dan bergerak saat tidak dilihat oleh manusia.

3. Up

Film Animasi Terbaik

Film ini merupakan film keluaran Pixar tahun 2009. Up merupakan film yang memiliki konsep yang terbilang unik. Film ini bercerita tentang seorang kakek bernama Carl dan seorang bocah pramuka bernama Russell yang berpetualang di sebuah rumah terbang. Up akan menghadirkan sesuatu yang tidak ada di film-film lain. Perbedaan karakter kedua tokoh utama juga menjadi daya tarik film ini.

(baca juga momen film tersedih)

4. How to Train Your Dragon

Film Animasi Terbaik

How to Train Your Dragon mendapat sambutan positif sebagai salah satu film kartun yang berkualitas. Film keluaran Dream Works ini dirilis pada tahun 2010 lalu dan menceritakan tentang bangsa Viking yang hidup dengan memerangi dan membunuh naga. Namun seorang ada seorang anak bernama Hiccup yang justru malah memelihara dan berteman dengan naga jenis Night Fury, yang konon merupakan naga paling berbahaya. How To Train Your Dragon juga memunculkan gambar dan grafik animasi yang halus serta menyajikan ketegangan di bagian akhir film. Film ini juga dibuat sekuelnya di tahun 2014.

5. Finding Nemo

Film Animasi Terbaik

Finding Nemo merupakan salah satu trendsetter animasi 3D di era modern. Film ini menceritakan kisah petualang ikan badut bernama Marlin dan seorang ikan bernama Dory untuk mencari anak Marlin yang bernama Nemo. Mereka lalu menempuh perjalanan di laut lepas lebih dari 1500 mil untuk menyelamatkan Nemo. Film ini sangat sukses hingga menjadi salah satu film yang paling populer secara overall. Finding Nemo juga akan dibuat sekuelnya berjudul Finding Dory.

6. Wreck-It Ralph

Film Animasi Terbaik

Film Wreck-It Ralph ini merupakan film 3D animasi yang dirilis tahun 2013 lalu. Film Wreck-It Ralph bercerita tentang kehidupan para tokoh game yang ada di dalam video game arcade. Masalah kemudian muncul ketika ada tokoh video game yang melawan sistem untuk menguasai seluruh game arcade yang ada. Film ini memiliki jalan cerita yang unik dan menarik. Selain itu, beberapa tokoh game asli yang populer di era 90-an, seperti Sonic, Pacman atau Street Fighter juga muncul dan ambil bagian dalam film ini.

7. Ratatoullie

Film Animasi Terbaik

Posisi berikutnya adalah Ratatoullie. Film ini pertama tayang di tahun 2008 lalu. Ratatoullie bercerita tentang tikus yang bercita-cita menjadi koki. Melalui sebuah kondisi yang tak terduga, ia lalu berkejasama dengan seorang pemuda pewaris restoran terkenal untuk mewujudkan cita-citanya tersebut. Ratatoullie banyak dipuji karena menghadirkan sesuatu yang unik dan berbeda dari alur ceritanya.

8. Monsters, Inc.

Film Animasi Terbaik

Film Monsters Inc. dirilis tahun 2001 dan dibuat sekuelnya berjudul Monster University tahun 2013 lalu. Film ini bercerita tentang kehidupan di Monster City, di mana kota tersebut mengandalkan jeritan anak manusia untuk memenuhi energi di seluruh kota. Cerita kemudian berpusat pada dua monster bernama Jake Sullivan dan Mike Wazawski yang secara tak sengaja menemukan seorang anak manusia yang tersesat di Monster City.

9. Despicable Me Series

Film Animasi Terbaik

Despicable Me merupakan film keluaran Universal Studio ini dirilis pada tahun 2010 dan dibuat sekuelnya di tahun 2013 lalu. Despicable Me menyajikan komedi yang bakal membuat penonton tertawa. Film ini juga menjadi populer karena adanya para minion kuning yang kerap bertingkah konyol. Despicable Me dibuatkan beberapa sekuel dan menjadi salah satu film animasi terlaris sepanjang masa.

10. Tangled

Film Animasi Terbaik

Tangled merupakan film yang dirilis pada tahun 2010. Film ini mengadaptasi kisah Rapunzel, namun tentu dengan banyak perubahan dan dikemas menjadi film yang lebih menarik. Tangled banyak dipuji karena mampu menyajikan sosok seorang Rapunzel menjadi lebih hidup dan lebih menarik untuk ditonton.

Film animasi terbaik lainnya : 

  • Zootopia (2016)
  • Inside Out (2015)
  • Frozen (2013)
  • The Lion King (1994)
  • Spirited Away (2001)
  • Ice Age (2002)
  • Madagascar (2005)
  • Kung Fu Panda (2008)
  • Aladdin (1992)
  • Beauty and the Beast (1991)
  • Your Name (2016)
  • Shrek 2 (2004)

Itulah informasi update tentang daftar 10 film animasi terbaik dan terpopuler sepanjang masa yang paling bagus di dunia lengkap update terbaru. Tiap franchise film hanya boleh memasukkan 1 film dalam list tersebut. Film-film tersebut sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, baik dari segi cerita maupun grafis animasinya. Semoga list tersebut bermanfaat. Jika punya pendapat lain, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

3 Responses to "Daftar 10 Film Animasi Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa"

  1. @IchwanOwen : silahkan gan, jgn lupa kasih link sumber ya :-)

    BalasHapus
  2. Wreck It Ralph adalah animasi disney terbaik menurut saya gan karena Disney mengambil cerita yang sangat berbeda dari sebelumnya.
    Thanks

    BalasHapus