10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa Paling Populer (Update Terbaru)

Film animasi terbaik - Film animasi menjadi salah satu jenis film yang paling populer. Ada banyak film kartun atau film animasi terpopuler yang dirilis sejak dulu sampai sekarang, baik film kartun tradisional (2D) maupun film animasi komputer (3D). Lantas apa sajakah film film kartun animasi terbaik sepanjang masa?

Film animasi merupakan salah satu teknik film dengan gambar kartun atau animasi yang menjadi salah satu terobosan terbaik dalam dunia perfilman. Film kartun Disney berjudul Snow White and Seven Dwarfs di tahun 1937 menjadi film animasi pertama yang tayang di bioskop. Sementara di tahun 1995, film Toy Story dirilis sebagai film animasi komputer pertama.

Adanya film animasi kartun memungkinkan sutradara film untuk membuat ide cerita yang tidak bisa diperankan oleh manusia, misalnya seperti hewan berbicara hingga adegan seru film kartun lainnya. Hal ini tentu akan membuat film menjadi lebih menarik untuk ditonton.

Tiap tahunnya banyak film kartun terbaik yang tayang di bioskop. Genre film animasi pun tidak hanya diperuntukkan anak-anak saja, namun bagi remaja atau pun orang dewasa sekalipun. Cerita yang seru, karakter yang unik hingga plot cerita yang lucu, bagus dan kadang juga sedih membuat film animasi begitu diminati.

Secara umum ada 2 jenis film animasi. Yang pertama adalah film animasi tradisional dengan format 2 dimensi (biasa disebut kartun). Yang kedua adalah film animasi komputer dengan format 3 dimensi yang menggunakan teknik CGI. Ada juga teknik animasi stop-motion dengan menggunakan tanah liat (clay), lego hingga boneka.

Walt Disney studio dikenal sebagai studio animasi yang menjadi pelopor film kartun. Selain itu ada juga studio Pixar, DreamWorks dan Studio Ghibli. Studio Ghibli merupakan studio animasi Jepang yang terkenal dengan deretan film anime terbaik yang dihasilkan. Seperti diketahui bahwa anime merupakan sebutan film kartun asal Jepang.

Dari banyaknya film jenis ini yang telah beredar, ada beberapa yang bisa dikategorikan yang terbaik, yang sukses menyedot banyak penonton dan meraih beragam penghargaan, seperti Oscar atau Academy Award. Sejumlah film kartun terbaik juga memiliki konsep dan ide cerita unik disertai kualitas gambar animasi yang bagus.

Kali ini akan ditampilkan mengenai info daftar 10 film animasi terbaik di dunia sepanjang sejarah film. Beberapa film yang masuk kriteria memiliki jalan cerita, kualitas grafis, konsep tokoh, pengaruh yang diberikan dan karakter yang bagus dan berkualitas. Berikut ini list film animasi terpopuler sepanjang masa selengkapnya update saat ini.

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa


1. Wall-E

Film Animasi Terbaik

Wall-E sering dinobatkan sebagai film animasi terbaik sepanjang masa oleh berbagai situs film ternama dunia. Overall film ini memang layak disebut sebagai masterpiece animasi. Dengan storyline yang baik serta konsep yang memukau, film ini juga mengandalkan body language dengan hanya sedikit dialog saja sehingga tampak lebih hidup.

Dalam film ini, bahkan ada bagian sekitar 45 menit tanpa dialog, namun justru disitulah kelebihan film Wall-E yang bisa menggambarkan cerita dengan minim dialog. Film ini juga menyimpan sisi romantis dan sisi kemanusiaan. Wall-E juga menjadi salah satu film terbaik dunia sepanjang masa secara keseluruhan.

2. Toy Story Series

Film Animasi Terbaik

Film Toy Story mencatat sejarah saat pertama dirilis tahun 1995 sebagai film animasi pertama yang 100 persen pembuatannya menggunakan teknologi komputer. Film ini kemudian sukses hingga dibuat sekuelnya, di antaranya yaitu Toy Story 2 (1997), Toy Story 3 (2010) serta yang terbaru Toy Story 4 (2019).

Toy Story series sendiri menceritakan tentang kisah mainan-mainan yang ternyata bisa hidup dan bergerak saat tidak dilihat oleh manusia. Karakter utamanya adalah Woody si sheriff dan Buzz Lightyear. Banyak aksi petualangan seru Toy Story di tiap filmnya.

3. Up

Film Animasi Terbaik

Film ini merupakan film keluaran Pixar tahun 2009. Up merupakan film yang memiliki konsep yang terbilang unik. Film ini bercerita tentang seorang kakek bernama Carl dan seorang bocah pramuka bernama Russell yang berpetualang di sebuah rumah terbang.

Up akan menghadirkan sesuatu yang tidak ada di film-film lain. Perbedaan karakter kedua tokoh utama juga menjadi daya tarik film ini. Momen lucu dan momen sedih bisa dirasakan sepanjang durasi film ini.

4. How to Train Your Dragon

Film Animasi Terbaik

How to Train Your Dragon mendapat sambutan positif sebagai salah satu film kartun yang berkualitas. Film keluaran Dream Works ini dirilis pada tahun 2010 lalu dan menceritakan tentang bangsa Viking yang hidup dengan memerangi dan membunuh naga. Namun seorang ada seorang anak bernama Hiccup yang justru malah memelihara dan berteman dengan naga jenis Night Fury, yang konon merupakan naga paling berbahaya.

How To Train Your Dragon juga memunculkan gambar dan grafik animasi yang halus serta menyajikan ketegangan di bagian akhir film. Film ini juga dibuat sekuelnya di tahun 2014 dengan judul How to Train Your Dragon 2.

5. Finding Nemo

Film Animasi Terbaik

Finding Nemo merupakan salah satu trendsetter animasi 3D di era modern. Film ini menceritakan kisah petualang ikan badut bernama Marlin dan seorang ikan bernama Dory untuk mencari anak Marlin yang bernama Nemo. Mereka lalu menempuh perjalanan di laut lepas lebih dari 1500 mil untuk menyelamatkan Nemo.

Film ini sangat sukses hingga menjadi salah satu film yang paling populer secara overall. Finding Nemo juga akan dibuat sekuelnya berjudul Finding Dory.

6. Wreck-It Ralph

Film Animasi Terbaik

Film Wreck-It Ralph ini merupakan film 3D animasi yang dirilis tahun 2013 lalu. Film Wreck-It Ralph bercerita tentang kehidupan para tokoh game yang ada di dalam video game arcade. Masalah kemudian muncul ketika ada tokoh video game yang melawan sistem untuk menguasai seluruh game arcade yang ada.

Film ini memiliki jalan cerita yang unik dan menarik. Selain itu, beberapa tokoh game asli yang populer di era 80an dan 90an, seperti Sonic, Pacman atau Street Fighter juga muncul dan ambil bagian dalam film ini.

7. Spirited Away

Film Animasi Terbaik Spirited Away

Spirited Away merupakan film anime produksi Studio Ghibli yang diarahkan sutradara legendaris, Hayao Miyazaki. Kisahnya tentang seorang anak perempuan yang terjebak di dunia roh/arwah. Ia harus menemukan cara untuk bisa keluar sambil menyelamatkan kedua orang tuanya.

Film ini dirilis di tahun 2001 dan menjadi film animasi pertama yang memenangkan penghargaan Best Animated Featured di ajang Academy Awards. Film ini juga menjadi film dengan rating tertinggi untuk kategori film animasi di situs IMDb.

8. Monsters, Inc.

Film Animasi Terbaik

Film Monsters Inc. dirilis tahun 2001 dan dibuat sekuelnya berjudul Monster University tahun 2013 lalu. Monsters, Inc begitu sukses sebagai salah satu film animasi terbaik dan terpopuler yang paling ikonik. Konsep cerita yang unik dan original juga begitu diapresiasi.

Film ini bercerita tentang kehidupan di Monster City, di mana kota tersebut mengandalkan jeritan anak manusia untuk memenuhi energi di seluruh kota. Cerita kemudian berpusat pada dua monster bernama Jake Sullivan dan Mike Wazawski yang secara tak sengaja menemukan seorang anak manusia yang tersesat di Monster City.

9. Despicable Me Series

Film Animasi Terbaik

Despicable Me merupakan film keluaran Universal Studio ini dirilis pada tahun 2010 dan dibuat sekuelnya di tahun 2013 lalu. Despicable Me menyajikan tingkah komedi yang bakal membuat penonton tertawa. Film ini juga menjadi populer karena adanya para minion kuning yang kerap bertingkah konyol.

Despicable Me dibuatkan beberapa sekuelnya, seperti Despicable Me 2 dan Despicable Me 3 serta spin-off berjudul Minions. Franchise film ini pun menjadi film animasi terlaris sepanjang masa sampai saat ini.

10. The Lion King

Film Animasi Terbaik The Lion King

The Lion King merupakan film kartun animasi produksi Walt Disney Animation Studio yang dirilis di tahun 1994. Saat keluar, film ini menjadi salah satu film terlaris dan terpopuler di dunia, dan seakan menjadi standar bagi film animasi sukses di era berikutnya.

Kisah The Lion King bersetting di hutan. Sejumlah karakter ikonik seperti Simba, Mumfasa, Scar, Timon dan Pumba begitu dikenal dan populer. The Lion King layak disebut sebagai film kartun terpopuler sepanjang masa.

Film animasi terpopuler lainnya

  • Zootopia (2016)
  • Inside Out (2015)
  • The Incredibles (2004)
  • The Emperor's New Groove (2000)
  • Coco (2017)
  • My Neighbour Totoro (1988)
  • Beauty and the Beast (1991)
  • Tangled (2010)
  • Frozen (2013)
  • Your Name (2016)
  • Ratatouille (2007)
  • The LEGO Movie (2014)
  • Princess Mononoke (1997)
  • The Iron Giant (1999)
  • Ice Age (2002)
  • Madagascar (2005)
  • Chicken Run (2000)
  • The Simpsons: Movie (2007)
  • Kung Fu Panda (2008)
  • Aladdin (1992)
  • Mary and Max (2008)
  • Shrek 2 (2004)

Nah itulah info update tentang rekomendasi daftar 10 film animasi terbaik sepanjang masa yang paling bagus dan populer di dunia lengkap update terbaru saat ini. Tiap franchise film hanya boleh memasukkan 1 film dalam list tersebut. Film-film tersebut sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, baik dari segi cerita maupun grafis animasinya. Jika punya pendapat lain, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

6 Komentar untuk "10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa Paling Populer (Update Terbaru)"

  1. @IchwanOwen : silahkan gan, jgn lupa kasih link sumber ya :-)

    BalasHapus
  2. Wreck It Ralph adalah animasi disney terbaik menurut saya gan karena Disney mengambil cerita yang sangat berbeda dari sebelumnya.
    Thanks

    BalasHapus
  3. Iih ini filmnya yang aku suka semua. makasi banyak yah!

    BalasHapus
  4. ini nih film yang ane tunggu, makasih infonya ya gan

    BalasHapus
  5. These cartoons are one of the best in history, my son and I with great pleasure watch them and even review them several times.

    BalasHapus