Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru

Di zaman serba canggih saat ini tentu semua orang ingin selalu update. Termasuk untuk gadget smartphone atau tablet dengan OS Android. Jika masih menggunakan versi lama maka bisa diperbarui dengan cara melakukan upgrade system android ke versi yang lebih baru lagi. Tentu tidak lengkap jika handphone yang kita miliki hanya dilengkap android versi lama seperti Gingerbread, Honeycomb atau Ice Cream Sandwich (ICS). Dengan melakukan proses upgrade, kita juga turut meningkatkan kinerja dan performa smartphone agar menjadi lebih maksimal dan update. Selain itu biasanya juga terdapat penambahan beberapa fitur dan software aplikasi yang membuat gadget kita semakin bagus dan berkualitas.

Ada beberapa macam tips dan cara yang bisa dilakukan untuk melakukan upgrade menjadi versi terbaru, seperti OS Jelly Bean atau Kit Kat. Meski begitu, tidak semua vendor merk hp yang ada menyediakan fasilitas untuk upgrade. Beberapa produsen gadget ternama dan terpopuler seperti Samsung, Acer, LG, Lenovo atau HTC memiliki strategi masing-masing untuk mengatasi permasalahan ini. Untuk itu ada cara yang tidak bekerja pada beberapa merk, tergantung dari masing-masing vendor gadget.

Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan proses ini. Yang pertama, baterai smartphone harus dalam keadaan full 100% dan terisi penuh, agar kinerja smartphone berjalan maksimal dan proses upgrade tidak terhenti di tengah jalan akibat kehabisan baterai. Usahakan juga untuk melakukan back up data-data yang penting yang ada dalam hp ke media lain seperti PC komputer. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi overwrite file yang mungkin terjadi.

Kemudian, sisakan ruang memori kosong pada smartphone android. File hasil download update android bisa memakan space memori internal atau eksternal yang lumayan banyak, sehingga perlu disediakan space yang cukup agar proses tidak terhenti. Koneksi internet yang ada juga harus lancar sepanjang proses download file. Koneksi internet tidak boleh terputus-putus karena proses download membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

1. Nyalakan smartphone atau tablet android.

2. Pilih menu Setting >> About Phone >> System Software Updates. Perangkat yang ada akan langsung mencari versi Android yang tersedia untuk segera didownload dan akan langsung diinstal

3. Smartphone akan otomatis memeriksa availability update OS Android ke versi terbaru. Jika ada, maka pilih install/download

4. Tunggu hingga proses download dan install selesai

5. Jika selesai, ponsel android akan langsung melakukan restart otomatis.

6. Saat smartphone kembali dinyalakan, maka sistem operasi Android yang baru sudah terinstall dan tersedia.


Itulah sekilas update informasi tentang tips melakukan proses upgrade OS Android versi lama ke versi yang paling baru. Jika tidak ada kesalahan, maka cara di atas bisa dilakukan untuk mengupgrade ponsel atau tablet android ke OS terbaru. Dengan mengupdate OS perangkat gadget kita, maka kinerja dan performanya tentu juga akan ikut terupgrade. Sekian info teknologi terbaru. Semoga bermanfaat.


(CepatLambat)

0 Response to "Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru"

Posting Komentar