10 Film Indonesia Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Industri film Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Di era modern, banyak film Indonesia terbaik yang bermunculan yang siap tayang di bioskop. Film-film Indonesia terbaru pun menunukkan kualitas yang lebih bagus. Banyak film Indonesia terbaik yang populer dan laris hingga memecahkan rekor box office Indonesia. Beberapa film Indonesia terbaik sepanjang masa akan kami tampilkan dalam artikel berikut.

Memang jika membicarakan tentang film tentu tidak bisa jauh-jauh dari film film Hollywood yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain itu film film lain yang populer dari Asia seperti film India (Bollywood), Korea (K-Movie), atau Jepang. Namun tentu kita tidak boleh melupakan film-film lokal dalam negeri yang terus meningkat kualitasnya.

Dari sekian banyak film Indonesia, ada beberapa film yang bisa dikategorikan yang terbaik. Beberapa film lokal bahkan mampu menembus pasar movies internasional dan masuk dalam festival film internasional seperti Sundance Festival atau Toronto Festival. Film-film Indo yang sukses dan laris berasal dari berbagai genre, mulai dari genre drama, romantis, komedi, horor, action, thriller dan lain-lain.

Tidak kalah dari film barat dan Amerika yang sukses secara box office, beberapa film lokal juga mampu menembus jutaan penonton dari seluruh dunia. Film-film yang masuk dalam jajaran terbaik berasal dari berbagai zaman, mulai dari era lama hingga era modern yang didominasi genre drama percintaan remaja dan film horor komedi. Meski begitu juga ada beberapa film action Indonesia terbaik atau genre-genre lain seperti petualangan dan thriller.

Berikut akan kami tampilkan info update list 10 film Indonesia terbaik yang bagus dan berkualitas serta menjadi favorit masyarakat sepanjang sejarah. Faktor yang menjadi penilaian antara lain adalah aspek cerita, konsep, skrip, tokoh & karakter, sinematografi, jumlah penonton, rating, penghargaan dan faktor lainnya. Inilah list film Indonesia terpopuler sepanjang masa update terbaru.

10 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa


1. The Raid 2 : Berandal (2014)

Film Indonesia Terbaik

Film The Raid 2 : Berandal merupakan film action laga asal Indonesia yang dirilis pada 28 Maret 2014. The Raid 2 merupakan sekuel dari film pertama, The Raid : Redemption yang lebih dulu populer dan sukses di tahun 2011 lalu. Berandal disutradari oleh sutradara asal Wales, Gareth Evans dan dibintangi beberapa aktor dan aktris Indonesia seperti Iko Uwais, Yayan Ruhian, Arifin Putra, Tio Pakusadewo, Julia Estelle serta beberapa aktor asal Jepang yang juga ikut serta. Film ini mampu masuk ke dalam posisi 11 box office Amerika di minggu ketiganya. The Raid 2 : Berandal juga mampu meraup keutungan yang besar dari seluruh dunia dan disebut-sebut sebagai salah satu film action terbaik di dunia. Tak heran jika The Raid 2 : Berandal disebut sebagai film terbaik Indonesia yang pernah dibuat hingga kini.

(baca juga 25 film action terbaik sepanjang masa)

2. The Raid : Redemption (2012)

Film Indonesia Terbaik

The Raid : Redemption merupakan film action asal Indonesia yang dirilis tahun 2012. Disutradari oleh Gareth Evans dan dibintangi oleh Iko Uwais, Donny Alamsyah, Joe Taslim dan Yayan Ruhian. The Raid mampu menarik perhatian internasional dengan suasana action thriller survive yang menegangkan serta seni bela diri pencak silat yang ditonjolkan sepanjang film. The Raid : Redemption juga banyak meraih penghargaan internasional di berbagai festival film dunia. The Raid juga menjadi film pertama yang masuk ke dalam box office Amerika sebelum disaingi oleh sekuelnya, The Raid 2 : Berandal di tahun 2014.

3. Ada Apa dengan Cinta? (2002)

Film Indonesia Terbaik

Film Ada Apa dengan Cinta merupakan salah satu film paling penting dan paling berpengaruh dalam sejarah perfilman di Indonesia. Film ini dirilis tahun 2002 dan menjadi pelopor film bertema drama percintaan remaja. Disutradarai oleh Rudi Soedjarwo, film ini juga dibintangi oleh para artis populer di era itu seperti Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo.

4. Rumah Dara (2010)

Film Indonesia Terbaik

Rumah Dara merupakan film horor-slasher asal Indonesia yang dirilis tahun 2010. Rumah Dara juga dirilis secara internasional dengan judul Macabre. Film ini juga dibuat oleh The Mo Brothers dan dibintangi oleh Julie Estelle, Ario Bayu dan Shareefa Danish. Rumah Dara berkisah mengenai sekelompok remaja yang terjebak dalam rumah keluarga kanibal yang dipimpin oleh Ibu Dara. Rumah Dara juga disebut sebagai pelopor film horor slasher di Indonesia yang jumlahnya sangat minim. Nuansa thriller yang menegangkan menjadi daya tarik utama film ini.

5. Killers (2014)

Film Indonesia Terbaik

Killers adalah film thriller mystery hasil kolaborasi antara sineas dari Indonesia dan Jepang. Film ini disutradarai oleh Timothy Tjahjanto dan Kimo Stomboel alias The Mo Brothers asal Indonesia. Film ini bersetting di dua lokasi, Indonesia dan Jepang serta dimainkan oleh aktor dan aktris dari kedua negara tersebut. Beberapa aktor dan aktris yang memerankan film Killers ini antara lain Oka Antara, Luna Maya, Kazuki Kitamura dan Rin Takanashi. Film ini meraup banyak kesuksesan pada peluncurannya tahun 2014 ini.

6. Java Heat (2013)

Film Indonesia Terbaik

Java Heat merupakan film lokal yang dirilis tahun 2013. Java Heat banyak menampilkan aksi laga dan baku tembak, sesuatu yang jarang kita lihat di perfilman Indonesia. Film ini juga turut dibintangi oleh aktor Hollywood, Kellan Lutz, yang membuat Java Heat layak untuk ditonton. Java Heat sendiri bercerita tentang aksi terorisme yang terjadi di Kesultanan Yogyakarta dan menyebabkan konflik yang rumit.

7. Merantau (2009)

Film Indonesia Terbaik

Merantau merupakan salah satu film action laga asal Indonesia. Merantau dirilis pada tahun 2009 dan disutradarai oleh Gareth Evans sebelum ia membuat film The Raid. Film ini dibintangi oleh Iko Uwais, Chika Jessica dan Donny Alamsyah. Merantau banyak menyajikan adegan aksi laga pencak silat yang merupakan seni bela diri khas Indonesia.

8. Arisan! (2003)

Film Indonesia Terbaik

Arisan! dirilis di tahun 2003 dan menjadi salah satu film drama komedi terpopuler Indonesia. Tora Sudiro, Jajang C. Noer, Surya Saputra dan Indra Birowo merupakan para aktor yang ambil bagian dalam film Arisan ini. Sedangkan sutradara film ini adalah Nia Dinata. Arisan menampilkan banyak problematika kehidupan di tengan masyarakat sosial saat ini.

9. Nagabonar (1987)

Film Indonesia Terbaik

Film Nagabonar yang orisinil dirilis tahun 1987 dan disutradarai oleh M. T. Risyaf. Film bergenre komedi ini sangat sukses. Nagabonar dibintangi oleh aktor senior seperti Deddy Mizwar dan Nico Pelamonia. Film ini lalu dibuatkan sekuelnya dengan judul Nagabonar Jadi Dua di tahun 2007 yang dibintangi oleh Deddy Mizwar dan Tora Sudiro serta disutradarai oleh Deddy Mizwar sendiri.

10. Pintu Terlarang (2009)

Film Indonesia Terbaik

Pintu Terlarang merupakan film horor thriller Indonesia yang dirilis pada tahun 2009. Pintu Terlarang dibintangi oleh sejumlah pemain film ternama Indonesia, seperti Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu, Otto Djauhari, Tio Pakusadewo, dan Henidar Amroe. Film ini disutradarai oleh Joko Anwar dan layak disebut sebagai film horor psikologi terbaik dari Indonesia.


Itulah tadi artikel informasi tentang list film Indonesia terbaik dan paling populer sepanjang sejarah update terbaru. Film-film tersebut merupakan cerminan film-film berkualitas buatan dalam negeri. Beberapa sukses menembus pasar dunia dan membuat nama Indonesia menjadi terkenal. Semoga info tersebut bisa bermanfaat. Jika punya pendapat lain silahkan tulis di komentar.

2 Responses to "10 Film Indonesia Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa"

  1. daftarnya akurat, kyaknya admin benar benar pakar dan pengamat film sejati . . .

    BalasHapus
  2. memang keren filmnya. mantap. bagus bgt memang fimnya.

    BalasHapus