10+ Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Paling Populer

Film Indonesia terbaik sepanjang masa - Industri film Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Di era modern, banyak film Indonesia populer yang bermunculan yang siap tayang di bioskop. Film-film Indonesia terbaru pun menunukkan kualitas yang lebih bagus. Beberapa film Indonesia terbaik sepanjang masa akan kami tampilkan dalam artikel berikut.

Memang jika membicarakan tentang film tentu tidak bisa jauh-jauh dari film-film Hollywood yang sudah terkenal di seluruh dunia. Namun tentu kita tidak boleh melupakan film-film lokal dalam negeri yang terus meningkat kualitasnya. Film Indonesia pun kian menunjukkan grafik meningkat, baik dari segi kuantitas dan kualitas seperti plot cerita, teknologi, dan sinematografinya.

Dari sekian banyak film Indonesia, ada beberapa film yang bisa dikategorikan yang terbaik. Beberapa film lokal bahkan mampu menembus pasar film internasional dan masuk dalam festival film internasional bergengsi. Sejumlah film Indonesia terlaris pun mampu memuncak box office Indonesia, dan ditonton jutaan penonton di bioskop lokal.

Film-film Indo yang sukses kebanyakan berasal dari berbagai genre drama, romantis, horor, atau komedi. Meski begitu film bergenre action atau sci-fi pun mulai banyak diproduksi. Kehadiran film The Raid yang sukses secara internasional juga membuat industri film Indonesia mulai dilirik oleh pasar film internasional.

10 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa


Berikut akan kami tampilkan rekomendasi 10 film Indonesia terbaik sepanjang masa yang paling bagus dan berkualitas, serta banyak dipuji oleh kritikus film.

The Raid


Tahun rilis : 2011
Genre : Action, thriller
Sutradara : Gareth Evans
Aktor/pemain : Iko Uwais, Donny Alamsyah, Joe Taslim, Yayan Ruhian, Ray Sahetapy

The Raid merupakan film action asal Indonesia yang dirilis tahun 2011. Film ini disutradari oleh Gareth Evans dan dibintangi oleh Iko Uwais, Donny Alamsyah, Joe Taslim dan Yayan Ruhian. The Raid mampu menarik perhatian internasional dengan suasana action thriller survive yang menegangkan serta seni bela diri pencak silat yang ditonjolkan sepanjang film.

The Raid juga banyak meraih penghargaan internasional di berbagai festival film dunia secara global. Film ini pun menjadi film Indonesia pertama yang berhasil masuk ke dalam box office Amerika sebelum disaingi oleh sekuelnya, The Raid 2: Berandal di tahun 2014. The Raid pun dianggap sebagai salah satu film action terbaik sepanjang masa.

Ada Apa dengan Cinta?


Tahun rilis : 2002
Genre : Drama, romance
Sutradara : Rudi Soedjarwo
Aktor/pemain : Nicolas Saputra, Dian Sastrowardoyo, Titi Kamal, Sissy Priscillia

Film Ada Apa dengan Cinta atau biasa disingkat AADC, merupakan salah satu film paling penting dan paling berpengaruh dalam sejarah perfilman di Indonesia. Film ini dirilis tahun 2002 dan menjadi pelopor film bertema drama percintaan remaja. Film ini pun membangkitkan industri film Indonesia yang saat itu sempat lesu.

Ada Apa dengan Cinta disutradarai oleh Rudi Soedjarwo. Film ini juga dibintangi oleh para artis Indonesia populer di era itu seperti Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo, serta Titi Kamal, Sissy Priscillia, dan Ladya Cherill. Sekuel film ini yang berjudul Ada Apa dengan Cinta 2 kemudian dirilis pada tahun 2016 lalu.

Laskar Pelangi


Tahun rilis : 2008
Genre : Drama, family
Sutradara : Riri Riza
Aktor/pemain : Cut Mini, Ikranagara, Mathias Muchus, Slamet Rahardjo Djarot, Teuku Rifnu

Laskar Pelangi merupakan film Indonesia populer yang dirilis tahun 2008. Film ini disutradarai oleh Riri Riza dan diproduseri Mira Lesmana. Jajaran aktor melibatkan nama-nama seperti Cut Mini, Ikranagara, dan Mathias Muchus, serta beberapa aktor cilik seperti Zulfanny, Ferdian, Verrys Yamano, dan Jeffry Yanuar.

Film ini sendiri diadaptasi dari novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan proses syuting dilakukan di Pulau Belitung. Laskar Pelangi sangat sukses hingga sempat menjadi film Indonesia terlaris yang paling banyak ditonton di bioskop. Sekuelnya berjudul Sang Pemimpi kemudian dirilis pada tahun 2009.

Nagabonar


Tahun rilis : 1987
Genre : Komedi, drama
Sutradara : M. T. Risyaf
Aktor/pemain : Deddy Mizwar, Nurul Arifin, Wawan Wanisar, Roldiah Matulessy

Film Nagabonar yang original dirilis tahun 1987 dan disutradarai oleh M. T. Risyaf. Film bergenre komedi situasi ini sangat sukses dan terkenal, hingga jadi salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa. Nagabonar dibintangi oleh aktor senior seperti Deddy Mizwar, Nurul Arifin, Wawan Wanisar, dan Roldiah Matulessy.

Plot ceritanya tentang peristiwa perang kemerdekaan Indonesia saat pasukan Belanda datang ke daerah Sumatera Utara. Film ini lalu dibuatkan sekuelnya dengan judul Nagabonar Jadi Dua pada tahun 2007 yang dibintangi oleh Deddy Mizwar dan Tora Sudiro serta disutradarai oleh Deddy Mizwar sendiri.

Janji Joni


Tahun rilis : 2004
Genre : Drama, komedi
Sutradara : Joko Anwar
Aktor/pemain : Nicholas Saputra, Mariana Renata, Rachel Maryam, Dwiky Riza, Fedi Nuril

Janji Joni merupakan film drama komedi Indonesia tahun 2004. Film ini disutradarai oleh Joko Anwar dan menghadirkan sosok Nicholas Saputra sebagai pemeran utama. Adapun aktor lain yang terlibat dalam film Janji Joni adalah Mariana Renata, Rachel Maryam, Fedi Nuril, hingga Sujiwo Tejo.

Film ini memiliki plot cerita yang unik dan simple, dimana Joni yang bekerja sebagai pengantar roll film harus berpacu dengan waktu agar bisa mengantar roll film tepat waktu, agar bisa mengetahui nama dari seorang wanita yang ia temui.

Merantau


Tahun rilis : 2009
Genre : Action, drama
Sutradara : Gareth Evans
Aktor/pemain : Iko Uwais, Chika Jessica, Donny Alamsyah, Christine Hakim, Alex Abbad

Merantau merupakan salah satu film action laga asal Indonesia. Merantau dirilis pada tahun 2009 dan disutradarai oleh Gareth Evans sebelum ia membuat film The Raid. Film ini dibintangi oleh Iko Uwais, Chika Jessica, Donny Alamsyah, Christine Hakim, dan Alex Abbad.

Merantau banyak menyajikan adegan aksi laga pencak silat yang merupakan seni bela diri khas Indonesia. Aksi laga dari Iko Uwais di film debutnya bisa kita tonton di film Merantau ini. Film ini pun dianggap sebagai salah satu film action Indonesia terbaik sepanjang masa.

Arisan!


Tahun rilis : 2003
Genre : Drama, komedi
Sutradara : Nia Dinata
Aktor/pemain : Cut Mini, Tora Sudiro, Surya Saputra, Aida Nurmala, Rachel Maryam

Arisan! dirilis di tahun 2003 dan menjadi salah satu film drama komedi terpopuler Indonesia yang ditampilkan dengan gaya komedi satir. Tora Sudiro, Cut Mini, Surya Saputra, Aida Nurmala dan Rachel Maryam merupakan para aktor yang ambil bagian dalam film Arisan ini. Sedangkan sutradara film ini adalah Nia Dinata.

Arisan menampilkan banyak problematika kehidupan di tengan masyarakat sosial saat ini, meski film ini juga sempat mengundang kontroversi. Arisan pun dianggap sebagai salah satu film Indonesia terbaik sepanjang masa, yang bahkan pernah mendapat 11 nominasi Festival Film Indonesia 2004, rekor terbanyak untuk film Indonesia sampai saat ini.

Habibie & Ainun


Tahun rilis : 2012
Genre : Biografi, romance, history, drama
Sutradara : Faozan Rizal
Aktor/pemain : Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Mike Lucock

Habibie & Ainun merupakan film biografi drama romance yang dirilis tahun 2012, serta disutradarai oleh Faozan Rizal. Film ini mengisahkan kisah hidup BJ Habibie, presiden Indonesia ketiga, serta istrinya Hasri Ainun Habibie. BJ Habibie diperankan oleh Reza Rahadian, sedangkan Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari.

Selain mereka berdua, aktor lain yang terlibat antara lain Tio Pakusadewo, Mike Lucock, dan Vitta Mariana. Film ini sendiri diadaptasi dari buku Habibie dan Ainun, berisikan memoir dari Habibie mengenai mendiang istrinya Ainun. Habibie & Ainun pun jadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Gie


Tahun rilis : 2005
Genre : Drama, biografi
Sutradara : Riri Riza
Aktor/pemain : Nicholas Saputra, Wulan Guritno, Indra Birowo, Lukman Sardi

Gie adalah film biografi drama garapan sutradara Riri Riza yang dirilis pada tahun 2005. Film ini dibintangi nama-nama seperti Nicholas Saputra, Wulan Guritno, Indra Birowo, dan Lukman Sardi. Film ini mengisahkan tokoh pemuda bernama Soe Hok Gie, seorang mahasiswa yang dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam.

Film Gie ini diangkat dari buku Catatan Seorang Demonstran karya Soe Hok Gie sendiri, dengan sedikit tambahan dramatisasi. Gie pun banyak mendapat penghargaan film nasional, serta sering dianggap sebagai salah satu film Indonesia terbaik.

Pengabdi Setan


Tahun rilis : 2017
Genre : Horor
Sutradara : Joko Anwar
Aktor/pemain : Tara Basro, Dimas Aditya, Bront Palarae, Endy Arfian, Ayu Laksmi

Pengabdi Setan merupakan film horor Indonesia tahun 2017, yang merupakan hasil reboot dari film horor dengan judul yang sama pada tahun 1980 silam. Film ini disutradarai oleh Joko Anwar, serta dibintangi sederet aktor seperti Tara Basro, Dimas Aditya, Bront Palarae, Endy Arfian, dan Ayu Laksmi.

Pengabdi Setan menjadi film horor terlaris di Indonesia sepanjang masa dan telah ditonton lebih dari 4 juta penonton. Film ini menghadirkan suasana tegang yang mencekam, khas film-film horor terbaik di dunia lainnya.

Film-film terbaik Indonesia lainnya


  • Ayat-Ayat Cinta (2008) - drama religi
  • 5 cm (2012) - adventure drama
  • The Raid 2: Berandal (2016) - action thriller
  • Comic 8 (2014) - comedy
  • Petualangan Sherina (2000) - kids musical
  • Danur (2017) - horror
  • Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016) - comedy
  • Pintu Terlarang (2009) - horror thriller
  • Get Married (2007) - drama comedy
  • Headshot (2016) - action
  • Siti (2014) - drama
  • Dilan 1990 (2018) - teen romance
  • Gengsi Dong (1980) - comedy
  • Jelangkung (2001) - horror
  • Mirror (2005) - horror
  • Tenggelamnya Kapal Van der Wick (2013) - drama romance
  • My Stupid Boss (2016) - comedy romance
  • Rumah Dara (2010) - thriller horror
  • Ketika Cinta Bertasbih (2009) - drama religi
  • Serigala Terakhir (2009) - action drama

Itulah tadi artikel info tentang list film Indonesia terbaik dan paling populer sepanjang sejarah update terbaru. Film-film tersebut merupakan cerminan film-film berkualitas buatan dalam negeri. Beberapa sukses menembus pasar dunia dan membuat nama Indonesia menjadi terkenal. Semoga info tersebut bisa bermanfaat. Jika punya pendapat lain silahkan tulis di komentar.

2 Komentar untuk "10+ Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Paling Populer"

  1. daftarnya akurat, kyaknya admin benar benar pakar dan pengamat film sejati . . .

    BalasHapus
  2. memang keren filmnya. mantap. bagus bgt memang fimnya.

    BalasHapus