10 Momen Terbaik Piala Dunia 2014 Brasil

Piala Dunia 2014 telah usai. Sebanyak 64 pertandingan yang seru dan menarik diadakan di Brasil selaku tuan rumah World Cup kali ini. Selama itu pula ada banyak gol-gol berkelas yang telah terjadi. Ajang ini memang tercatat memiliki produktivitas gol terbanyak sepanjang sejarah turnamen. Selain itu ada banyak kejadian menarik yang juga memorable, baik dari pertandingan atau kontroversi. Berbagai momen muncul dari banyaknya gol-gol indah yang tercipta sepanjang pergelaran. Selain itu, ada banyak kiper yang tampil apik dan heroik melakukan berbagai penyelamatan gemilang ke arah gawang mereka. Berikut list best moment sepanjang pergelaran Piala Dunia tahun 2014 lalu.


1. Jerman Juara Dunia (Jerman 1-0 Argentina)



Momen paling memorable tentunya ada pada saat pertandingan final dimana Jerman sukses mengalahkan Argentina dengan skor 1-0. Gol tunggal supersub Mario Gotze di masa ekstra time memastikan gelar juara dunia keempat timnas Jerman. Jerman pun resmi menjadi juara dunia saat kapten Philipp Lahm menerima trophy dan merayakannya bersama rekan-rekannya.

(baca juga daftar juara Piala Dunia)


2. Mimpi Buruk Brasil (Brasil 1-7 Jerman)



Pertandingan ini mampu mengejutkan mata dunia, dimana tuan rumah sekaligus favorit juara Brasil dibantai 1-7 oleh Jerman. Lima gol di antaranya dicetak dalam waktu 30 menit awal. Brasil pun mencatatkan rekor kekalahan terburuk sepanjang masa, dan menjadi kekalahan terbesar tim tuan rumah. Sebuah anti klimaks bagi pendukung tuan rumah dimana kekalahan terbesar terjadi di kandang sendiri di babak semifinal.


3. Flying Header van Persie (Spanyol 1-5 Belanda)

10 Momen Terbaik Piala Dunia 2014

Penyerang Belanda, Robin van Persie langsung menghentak pergelaran berkat gol indahnya melawan Spanyol. Sundulan flying header kapten Belanda menjadi salah satu gol terbaik. Gol ini juga turut mempengaruhi mental Spanyol yang akhirnya kalah telak 1-5 sebelum tersingkir di babak grup.


4. Gigitan Luis Suarez (Italia 0-1 Uruguay)

10 Momen Terbaik Piala Dunia 2014

Aksi gigitan Luis Suarez terhadap defender Italia, Giorgio Chiellini menjadi salah satu highlight utama sepanjang turnamen. Suarez diketahui melakukan gigitan kepada bahu Chiellini. Sayang wasit tidak melihatnya sehingga Suarez lolos dari hukuman kartu merah. Uruguay pun lolos setelah menang 1-0. Meski begitu Suarez akhirnya dihukum oleh FIFA selama 4 bulan setelah melakukan investigasi melalui rekaman video.


5. Aksi Heroik Guillermo Ochoa (Brasil 0-0 Meksiko)


10 Momen Terbaik Piala Dunia 2014
 
From zero to hero. Sebelum pergelaran sedikit yang mengetahui namanya. Namun aksi gemilangnya kemudian membuatnya dikenal banyak pihak. Aksi heroiknya saat melawan Brazil menjadi highlight utamanya. Ia mementahkan 5 peluang emas, termasuk sundulan Neymar yang 99% gol. Ia juga dua kali meraih gelar man of the match termasuk saat kalah dari Belanda di babak 16 besar. 


6. Pergantian Kiper Belanda (Belanda 0-0 (4-3) Kosta Rika)

10 Momen Terbaik Piala Dunia 2014

Sebuah pergantian mengejutkan terjadi saat Belanda melawan Kosta Rika di babak perempat final. Di akhir extra time tepatnya di menit 120, kiper utama Belanda Jesper Cillessen digantikan oleh Tim Krul. Tentunya ini merupakan taktik pelatih van Gaal yang menyiapkan Krul untuk babak adu penalti. Hasilnya luar biasa, dimana Krul sukses mementahkan 2 eksekusi penalti lawan dan menebak dengan benar semua arah bola penendang Kosta Rika. Sebuah aksi epik dari kiper yang hanya disiapkan untuk babak adu penalti saja.


7. Gol James Rodriguez (Kolombia 2-0 Uruguay)

10 Momen Terbaik Piala Dunia 2014

Wonderkid yang satu ini mungkin sudah banyak dikenal saat dibeli AS Monaco dari FC Porto dengan harga selangit. Namun namanya kian melambung setelah ia menjadi top skor dengan 6 gol. Aksinya yang paling dikenang saat 2 golnya melawan Uruguay mengantarkan Kolombia ke perempat final. Gol pertama layak menjadi goal of the tournament lewat tendangan volley luar biasa dari luar kotak penalti.


8. Rekor Penyelamatan Tim Howard (Belgia 2-1 Amerika Serikat)

10 Momen Terbaik Piala Dunia 2014

Tim Howard mampu mencatatkan rekor sebagai kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak dalam satu pertandingan. Ia mementahkan 16 kali tendangan ke arah gawang yang dilakukan oleh para pemain Belgia. Sayang timnya Amerika Serikat akhirnya harus kalah setelah ia juga harus kebobolan 2 gol di babak perpanjangan waktu. Meski begitu aksinya mendapat banyak pujian termasuk dari presiden Barack Obama.


9. Aksi Kiper-Sweeper Manuel Neuer (Jerman 2-1 Aljazair)


10 Momen Terbaik Piala Dunia 2014

Kiper Jerman Manuel Neuer membuat terobosan baru dalam dunia sepakbola dengan menjalankan peran sebagai kiper sekaligus sweeper saat Jerman menghadapai Aljazair di babak 16 besar. Ia berkali-kali maju meninggalkan kotak penalti menghadang umpan para pemain Aljazair. Gagalnya perangkap offside bek bek Jerman serta banyaknya umpan lambung ke pertahanan Jerman membuat Neuer kerap melakukan aksi nekat dan berbahaya dengan meninggalkan sarangnya dan menjadi libero di pertahanan Jerman.


10. Rekor Gol Miroslav Klose (Ghana 2-2 Jerman)

10 Momen Terbaik Piala Dunia 2014

Miroslav Klose akhirnya sukses menyamai rekor gol penyerang legenda Brasil, Ronaldo. Ia menjadi top skor sepanjang masa Piala Dunia dengan total 15 gol, menyamai rekor Ronaldo. Satu gol yang ia ciptakan saat Jerman melawan Ghana di babak grup menjadi gol ke-15 Klose, menahbiskan dirinya dalam buku rekor pemain tersubur sepanjang sejarah World Cup. Ia kemudian sukses mencetak gol ke-16 saat menang 7-1 melawan Brasil dan mampu melewati rekor gol Ronaldo.


Best Momen Piala Dunia lainnya :
  • Passing master Andrea Pirlo (Inggris 1-2 Italia)
  • Gol penyama kedudukan Tim Cahill (Belanda 3-2 Australia)
  • Aksi penyelamatan Keylor Navas (Kosta Rika 1-1 Yunani)
  • Hattrick hero Thomas Muller (Jerman 4-0 Portugal)
  • Penalti kontroversial Giorgios Samaras (Yunani 2-1 Pantai Gading)
  • Gol tercepat oleh Clint Dempsey (Ghana 1-2 Amerika Serikat)
  • Aksi 3 gol Xherdan Shaqiri (Honduras 0-3 Swiss)
  • Diving kontroversial Arjen Robben (Belanda 2-1 Meksiko)
  • Tendangan membentur mistar Mauricio Pinilla (Brasil 1-1 (3-2) Chile)
  • Free kick David Luiz (Brasil 2-1 Kolombia)
  • Euforia kelolosan Aljazair ke babak 16 besar (Aljazair 1-1 Rusia)
  • Gol telat Lionel Messi (Argentina 1-0 Iran)

Itulah info mengenai daftar 10 momen terbaik Piala Dunia yang paling berkesan dan paling memorable. Kejadian yang memorable tersebut bisa berupa gol, assist, penyelamatan, kontroversi dan aksi-aksi lainnya. Semoga info tersebut bisa bermanfaat.


(CepatLambat)

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

>