10 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015

Tahun 2015 menyisakan sejumlah cerita. Terdapat banyak kejadian dan peristiwa penting sepanjang tahun yang menghiasi headline berbagai media di seluruh dunia. Mulai dari bidang politik, sosial, olahraga hingga tragedi. Kota Paris di Prancis seakan menjadi kota yang paling banyak mendapat sorotan. Dimulai dari aksi penembakan di gedung redaksi Charlie Hebdo pada Januari, lalu dilanjut pada teror tragedi Paris di bulan November sebelum diadakannya United Nations Climate Change Conference pada bulan Desember, semuanya diadakan di Paris. 

Sementara di Indonesia, terdapat beberapa 'berita' yang bisa dikategorikan internasional, seperti konflik Indonesia-Australia terkait hukuman mati sindikat Bali Nine. Lantas berita dan peristiwa internasional apa lagi yang bisa disebut sebagai yang paling penting dan heboh sepanjang tahun 2015? Berikut list selengkapnya.

Daftar 10 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015


1. Tragedi Terorisme Paris


15 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015

Jumat, 13 November 2015 waktu setempat, sebuah aksi teror mengguncang jantung ibukota Prancis, Paris. Serangkaian aksi terorisme bersenjata di Paris mengakibatkan ratusan korban jiwa melayang. Aksi terorisme terjadi di beberapa titik di Paris, seperti di Bataclan tempat berlangsungnya konser band metal Eagles of Death, dan di depan kawasan Stade de Franc, tempat berlangsungnya pertandingan sepakbola antara Prancis melawan Jerman. Beberapa jam setelahnya, kelompok militan ISIS (Islamic State of Syria) mengklaim berada di balik aksi penyerangan tersebut.


2. Insiden Haji

15 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015

Penyelenggaraan ibadah Haji bagi umat Islam di seluruh dunia tahun 2015 sedikit mengalami gangguan. Dimulai dari jatuhnya crane pembangunan di kawasan Masjidil Haram yang menewaskan sekitar 118 jamaah. Tidak sampai dua minggu kemudian, sebuah insiden kembali terjadi, saat para jamaah haji berdesak-desakan di Mina hingga mengakibatkan tragedi saling injak-menginjak. Tak kurang 700 jamaah meninggal, bahkan ada yang memberitakan sekitar 2000 orang yang meninggal, yang menjadikannya tragedi terbesar sepanjang pergelaran ibadah Haji.


3. Pengungsi Suriah

15 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015

Perang yang terus berkecamuk di Suriah menyebabkan banyak warganya yang mengungsi keluar negeri. Mereka berbondong-bondong pergi ke negara-negara tetangga dan negara Eropa, sebut saja seperti Lebanon, Yordania, Turki, Hungaria, Jerman atau Austria. Hal ini sempat menjadi sebuah fenomena antara periode September hingga Oktober tahun 2015.


4. Gempa Nepal

15 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015

25 April lalu, sebuah tragedi bencana alam melanda Nepal. Sebuah gempa berkekuatan 7,8 skalarichter mengguncang Nepal. Tak kurang 1900 jiwa menjadi korban. Dunia pun bersimpati dan memberi perhatian lebih pada Nepal. 


5. Pluto Flyby

15 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015

Misi New Horizon dari NASA akhirnya berhasil pada 14 Juli 2015. New Horizon merupakan proyek NASA untuk mengitari sistem Pluto dari dekat dan merupakan misi pertama di Pluto. Ini juga menjadi misi terjauh dari NASA, melewati planet terluar di sistem tata surya.

(baca juga urutan nama planet dalam sistem tata surya)


6. Konflik Australia-Indonesia

15 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015

Australia dan Indonesia sempat terlibat konflik panas sepanjang periode Februari hingga Maret 2015. Penyebabnya adalah hukuman mati yang dijatuhkan pemerintah Indonesia terhadap sindikat Bali Nine asal Australia. Australia lewat perdana menteri Abbott mengancam akan melakukan boikot terhadap Indonesia. PBB dan negara-negara dunia lain juga sempat mengecam hukuman mati yang dijatuhkan Indonesia.


7. Penembakan Charlie Hebdo

15 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015

Aksi penembakan terjadi di kantor redaksi majalah Charlie Hebdo di kota Paris, Prancis pada tanggal 7 Januari 2015. Aksi penembakan dilakukan setelah majalah Charlie Hebdo yang terkenal kerap melecehkan Islam dengan membuat karikatur. Penembakan ini menewaskan setidaknya 12 orang.


8. Krisis Keuangan Yunani

15 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015

Krisis yang melanda Yunani kian parah di tahun 2015 ini. Yunani melakukan beberapa negosiasi hingga mendapat pinjaman bailout dari pihak ketiga selama lima tahun. Krisis Yunani ini juga mempengaruhi negara-negara Uni Eropa secara keseluruhan. Sementara pada 18 September, Alexis Tsipras kembali terpilih menjadi perdana menteri Yunani. 


9. Legalitas pernikahan sesama jenis di Amerika

15 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015

29 Juni 2015, Amerika Serikat akhirnya resmi melegalkan pernikahan sesama jenis. Hal ini mengundang pro dan kontra di seluruh dunia. Aksi LGBT pun marak terjadi di seluruh dunia menyusul keputusan pemerintah Amerika, yang disimbolkan dengan bendera berwarna pelangi.


10. Peretasan situs Ashley Madison

15 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015

Sebuah situs perselingkuhan online, Ashley Madison, diretas oleh hacker pada Juli 2015 lalu. Tim hacker berjuluk The Impact Team tersebut mengancam akan menyebarkan nama-nama user dalam situs tersebut jika situs Ashley Madison tidak segera ditutup. Pada 18 dan 20 Agustus, para hacker akhirnya membocorkan data user berukuran 25 gigabyte.


Peristiwa penting lainnya:
  • Penemuan air di Planet Mars - 28 September
  • Tragedi udara panas di India menewaskan ribuan orang - 2 Juni
  • Anak kedua Pangeran Inggris, Prince William dan Kate Middleton - 2 Mei
  • Dugaan skandal korupsi di asosiasi sepakbola FIFA - Mei-September
  • Hukuman penjara 20 tahun eks presiden Mesir, Mohamed Morsi - 21 April
  • Turnbull terpilih sebagai PM Australia menggantikan Tony Abbott - 14 September
  • Serangan Boko Haram di Nigeria - 8 Januari
  • Konferensi PBB terkait perubahan iklim di Paris - 30 November-11 Desember
  • Tragedi bom Bangkok - 5 September
  • Penembakan di San Bernadino, Amerika Serikat - 4 Desember
  • David Cameron kembali terpilih sebagai PM Inggris - 8 Mei

Itulah info mengenai list 10 momen dan peristiwa penting 2015, dari mulai berita, politik, ekonomi, sosial hingga tragedi. Berbagai kejadian di atas banyak menjadi headline di media dan surat kabar di berbagai negara di dunia. Kita lihat saja apa saja yang akan terjadi di tahun 2016 mendatang. Sekian info berita dunia terbaru kali ini.


(CepatLambat)

Belum ada Komentar untuk "10 Momen/Peristiwa Paling Penting Tahun 2015"

Posting Komentar