Daftar 10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Negara mana yang termasuk negara penghasil emas terbesar di dunia saat ini? Emas adalah elemen kimia dengan nama latin Aurum dengan simbol Au dan nomor atom 79. Emas kerap disebut sebagai logam mulia karena memiliki nilai jual harga yang sangat tinggi. Selain itu, emas kerap jadi investasi jangka panjang karena harganya yang cenderung naik dari tahun ke tahun. Emas juga kerap dijadikan sebagai perhiasan, koin, medali, trofi dan benda-benda berharga lain.

Produksi emas sudah dilakukan sejak dulu. Beberapa negara memiliki tambang emas sendiri, meski tentu tidak semua negara merupakan produsen emas. Di zaman dahulu, emas juga pernah dijadikan sebagai mata uang atau nilai tukar suatu benda. Kini, emas menjadi salah satu logam mulia yang berharga.

Saat ini, tercatat lebih dari ratusan ribu ton emas yang ada di dunia. Produksi emas pun menjadi industri utama bagi beberapa negara penghasil emas. Dengan memproduksi emas tentu akan meningkatkan pendapatan dan devisa negara serta membuat perekonomian suatu negara menjadi lebih baik. Benua Asia dan Amerika Utara menjadi benua dengan banyak negara penghasil emas terbesar di dunia.

(baca juga benua terbesar di dunia)

Negara dengan penghasil emas terbesar no. 1 di dunia saat ini adalah Cina dengan total produksi emas sebesar 450 ton. Sementara Indonesia juga termasuk dalam 10 besar negara produsen emas terbesar. Pemerintah Indonesia pun diharapkan untuk bisa memanfaatkan adanya tambang emas yang ada di Indonesia.

Kali ini akan dibahas mengenai info daftar negara produksi emas terbesar di dunia. Data akan disajikan dikutip dari US Geological Survey (Survei geologi Amerika Serikat). Berikut list top 10 negara produsen emas dengan tambang emas terbesar di dunia lengkap update terbaru.

Daftar 10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia


1. Cina

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Produksi emas : 455 metrik ton
Benua : Asia

Republik Rakyat Cina masih tercatat sebagai negara dengan produksi emas terbesar di dunia. Total produksi emas Cina mencapai 455 metrik ton. Beberapa tambang emas terbesar yang ada di Cina terletak di daerah penghasil emas seperti Shandong, Jiangxi, Yunnan, Liaoning dan Henan. Produksi emas Cina pun terus meningkat dari tahun ke tahun.

2. Australia

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Produksi emas : 270 metrik ton
Benua : Australia

Posisi dua negara dengan emas terbanyak adalah Australia. Saat ini, produksi emas Australia adalah 270 metrik ton. Produksi emas di Australia sudah ada sejak tahun 1851 dan terus berkembang hingga kini. Sebagian besar tambang emas di Australia berada di lokasi Coolgardie dan Kalgoorlie di Australia bagian barat. Penambangan emas pun jadi salah satu komoditi utama negara kangguru ini.

3. Rusia

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Produksi emas : 250 metrik ton
Benua : Eropa/Asia

Rusia juga termasuk salah satu negara terbesar untuk produksi emas yaitu sebanyak 250 metrik ton. Dengan kondisi geografis yang sangat luas, tentu bukan suatu kejutan jika Rusia juga menjadi salah satu negara dengan tambang emas terbanyak di dunia. Meski produksi emas Rusia sempat terpuruk di akhir 90an, namun kembali bangkit di tahun 2000an. Lokasi tambang emas paling terkenal di Rusia ada di Amur dan Krasnoyarsk. 

4. Amerika Serikat

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Produksi emas : 209 metrik ton
Benua : Amerika Utara

Tak lengkap jika tidak menyertakan Amerika Serikat dalam list ini. Sebagai negara adidaya, rasanya aneh jika Amerika tidak termasuk dalam negara penghasil emas. Total produksi emas yang dihasilkan oleh Amerika Serikat adalah 209 metrik ton. Wilayah tambang terbesar di negara ini ada di Nevada dengan total 70% produksi emas berasal dari Nevada.

5. Kanada

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Produksi emas : 170 metrik ton
Benua : Amerika Utara

Satu lagi negara di Amerika Utara yang termasuk negara dengan jumlah emas terbesar, yaitu Kanada. Kanada memproduksi emas sebesar 170 metrik ton. Beberapa daerah di Kanada dengan tambang emas ada di Ontario, Nunavut dan Quebec.

6. Peru

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Produksi emas : 150 metrik ton
Benua : Amerika Selatan

Peru menjadi negara berikutnya yang cukup konsisten menjadi negara produsen emas. Dengan produksi emas sebesar 150 metrik ton, Peru menjadi negara ke-6 dengan produksi emas terbesar di dunia. Sektor penambangan memang menjadi komoditas utama negara Peru sejak ratusan tahun lalu dan terus bertahan sampai sekarang.

7. Afrika Selatan

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Produksi emas : 140 metrik ton
Benua : Afrika

Ada saatnya ketika Afrika Selatan menjadi negara penghasil emas terbesar, namun seiring bertambanya tahun, produksi emas Afrika Selatan terus merosot. Meski begitu negara di benua Afrika ini tetap konsisten memproduksi emas. Kini, Afrika Selatan masih bisa bertahan di posisi 10 besar dengan menempati peringkat ketujuh dengan produksi emas sebesar 140 metrik ton.

8. Meksiko

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Produksi emas : 125 metrik ton
Benua : Amerika Utara

Meksiko mungkin lebih dikenal sebagai negara penghasil perak, namun bukan berarti emas bukan menjadi komoditas utama. Total 125 metrik ton dihasilkan Meksiko, menjadikan negara ini salah satu penghasil emas terbesar saat ini. Satu hal yang cukup ironis adalah banyaknya perusahaan penambang asing yang menjadi penambang di Meksiko.

9. Uzbekistan

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Produksi emas : 100 metrik ton
Benua : Asia

Uzbekistan terkenal dengan sektor penambangan, salah satunya adalah tambang emas. Sebesar 100 metrik ton dihasilkan oleh Uzbekistan. Kebanyakan tambang emas di Uzbekistan adalah gurun Kyzylkum. Uzbekistan juga jadi salah satu negara dengan cadangan emas terbesar yang ada di dunia.

10. Indonesia

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Produksi emas : 100 metrik ton
Benua : Asia

Peringkat 10 negara penghasil emas terbesar tak lain adalah Indonesia. Dengan produksi tambang emas di Indonesia sebesar 100 metrik ton, Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor penambangan emas. Indonesia juga memiliki tambang emas terbesar di dunia, yaitu Grasberg di Papua, meski saat ini dimiliki oleh perusahaan penambang asing, yaitu Freeport.


Nah, itulah info mengenai daftar negara penghasil emas terbesar di dunia lengkap terbaru. Produksi emas sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu dan telah berkembang menjadi industri di era modern. Indonesia termasuk salah satu produsen emas terbesar, dengan tambang emas terbesarnya berada di Papua. Tentu pemerintah harus lebih bisa memaksimalkannya untuk keuntungan negara. Adanya produksi emas di suatu negara tentu akan berbanding lurus dengan perekonomian negara yang akan meningkat.

0 Response to "Daftar 10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia"

Posting Komentar