10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016

Tiap tahun, sejumlah peristiwa penting terus terjadi, tak terkecuali di tahun 2016. Tahun 2016 dipenuhi oleh sejumlah momen dan peristiwa penting. Terdapat banyak kejadian dan peristiwa penting sepanjang tahun yang menghiasi headline berbagai media di seluruh dunia. Mulai dari bidang politik, sosial, olahraga hingga tragedi, semuanya terjadi di tahun 2016. Di Indonesa, beberapa kejadian penting juga banyak menghiasi berita tahun 2016. Di antaranya yaitu skandal kasus kematian Mirna oleh kopi sianida dengan tersangka Jessica, kemudian juga ada kasus penistaan agama oleh gubernur DKI saat itu yaitu Ahok, kasus penggandaan uang oleh Kanjeng Dimas Taat Pribadi hingga bom di Sarinah dan Thamrin, Jakarta di awal 2016 lalu.

Lalu bagaimana dengan berita berita internasional di tahun 2016. Keluarnya Inggris dari Uni Eropa alias Brexit menjadi salah satu isu paling penting di tahun 2016. Sementara itu, terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat menjadi headline di seluruh dunia di akhir 2016. Berikut kami tampilkan list 10 momen/peristiwa paling penting yang menjadi headline berita terkini sepanjang tahun 2016 lalu.

10 Peristiwa/Berita Penting 2016


1. Inggris Keluar dari Uni Eropa (Brexit)

10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016

Inggris akhirnya memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa. Keputusan ini ditentukan pada tanggal 23 Juni lalu berdasarkan voting referendum yang memutuskan bahwa Inggris Raya (meliputi Inggris Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara) keluar dari European Union (Uni Eropa). Hal ini menjadi salah satu peristiwa paling penting di tahun 2016 yang akan berpengaruh besar di berbagai bidang.

2. Donald Trump menjadi Presiden Amerika

10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016

Pemilihan presiden Amerika Serikat juga banyak menghiasi berita internasional 2016. Persaingan antara Donald Trump dan Hillary Clinton pun berakhir dengan kemenangan Donald Trump. Ia menjadi presiden ke 45 dalam sejarah Amerika. Hal ini banyak membuat publik terkejut pasalnya sebelumnya Hillary lebih diunggulkan mengingat Trump dikenal sebagai sosok yang kontroversial.


3. Penyebaran virus Zika

10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016

Virus Zika mulai mencuat sejak awal 2016 lalu. World Health Organization (WHO) mengumumkan penyebaran virus zika ini sejak tanggal 28 Januari 2016 lalu. Virus Zika menyebar lewat perantara nyamuk dan banyak menimbulkan keresahan di sejumlah negara yang ditemui kasus ini.

4. Percobaan kudeta di Turki

10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016

Percobaan kudeta dilakukan oleh beberapa anggota militer dan oposisi Turki untuk menggulingkan pemerintahan yang dipimpin presiden Recep Tayyin Erdogan. Sejumlah tank dan pasukan militer sampai turun ke jalan raya. Namun rakyat tidak terima hingga turun ke jalan untuk menghentikan kudeta. Proses kudeta akhirnya gagal.

5. Uji coba nuklir Korea Utara

10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016

Sudah lama Korea Utara melakukan uji coba senjata nuklir, namun 2016 bisa dibilang menjadi puncaknya. Dimulai pada percobaan nuklir di bulan Februari lalu yang sudah diperingatkan oleh PBB. Tes nuklir terbesar dilakukan pada 9 September dan memancing kekhawatiran dari negara negara di dunia.

6. Tragedi di Aleppo, Suriah

10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016

Kota Aleppo di Suriah menjadi salah satu kota paling disorot sepanjang tahun 2016. Pertempuran antara pasukan pemerintah dengan kelompok militan membuat kota ini menjadi medan perang. Ratusan bahkan ribuan korban jiwa berjatuhan, termasuk anak anak. Tragedi Aleppo pun mengundang simpati dari seluruh dunia.

7. Skandal Panama Paper

10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016

Istilah Panama Paper mencuat di tahun 2016 dan menjadi salah satu skandal terbesar. Panama Papers merupakan kebocoran dokumen finansial rahasia terbesar dalam sejarah dunia dan melibatkan ratusan nama dari seluruh dunia, mulai dari presiden, pemimpin dunia, tokoh politik, artis, penyanyi, atlet olahraga dan publik figure lain.

8. Kematian sejumlah tokoh dunia

10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016

Di tahun 2016 banyak tokoh tokoh dunia yang meninggal, mulai dari artis, penyanyi, atlet dan tokoh politik. Beberapa di antaranya yang meninggal di tahun 2016 yaitu Bhumibol Adulyadej (Rama IX) (raja Thailand), Muhammad Ali (petinju), David Bowie (musisi), Fidel Castro (tokoh Kuba), Alan Rickman (aktor), Prince (penyanyi), George Michael (penyanyi), Debbie Reynolds (aktris), Johan Cruyff (eks pesepakbola Belanda), Martin Prince (produser The Beatles), Carrie Fisher (aktris Star Wars), Glenn Frey (gitaris Eagles), Cesare Maldini (eks pesepakbola Italia), Francisco Flores Perez (presiden El Salvador), Leonard Cohen (sastrawan) dan lain-lain.

9. Portugal juara EURO 2016

10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016

Timnas Portugal akhirnya sukses meraih gelar juara pertama di turnamen internasional. Portugal menjadi juara Piala Eropa 2016 dengan mengalahkan tuan rumah Prancis 1-0 di babak final. Ini menjadi gelar EURO pertama Portugal sepanjang sejarah. Sejumlah bintang yang bersinar di ajang tersebut di antaranya yaitu Griezmann, Bale, Ronaldo, Payet, Kroos, Bonucci, Lloris, Pepe, Rui Patricio, Ramsey dan lain-lain.

10. Wabah game Pokemon Go

10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016

Game android baru, Pokemon Go, sempat menjadi tren di seluruh dunia. Game ini menjadi fenomena dunia mulai perilisan awal bulan Juli hingga September. Banyak para gamers memainkannya dengan turun ke jalanan untuk menangkap pokemon, mengingat game ini menggunakan sistem virtual augmented reality. Hal ini juga menimbulkan banyak pro kontra karena berbahaya jika terlalu fokus pada smartphone di jalanan.

Peristiwa penting 2016 :

  • Konflik Arab Saudi-Iran dengan berakhirnya hubungan diplomatik kedua negara
  • Bom di kawasan Sarinah dan Thamrin, Jakarta
  • Terpilihnya presiden wanita pertama Taiwan, Tsai Ing-Wen
  • Wabah Om Telolet Om yang mengguncang sosial media di dunia
  • Teror di hotel Burkina Faso oleh kelompok teroris Al-Qaeda
  • Gerhana matahari total yang bisa dilihat di Indonesia
  • Tiga titik pengeboman di Brussels, Belgia oleh ISIS yang menewaskan 32 orang
  • Kisruh presiden Brasil Dilma Rousseff yang ditolak melalui voting senat
  • Enam kali serangan terpisah di Istanbul, Turki oleh kelompok ISIL
  • Penembakan di klub malam Orlando, Amerika Serikat
  • Tragedi jatuhnya pesawata klub sepakbola Chapecoense di Kolombia
  • Bom meledak di kawasan Madinah, Arab Saudi
  • Serangan truk di Nice pada perayaan Bastille Day menewaskan 86 orang
  • Duta besar Rusia di Turki terbunuh saat sedang berpidato
  • NASA meluncurko misi Juno ke orbit planet Jupiter
  • Serangan di Munchen, remaja membunuh 9 orang di pusat perbelanjaan
  • Olimpiade 2016 yang digelar di Rio de Janiero, Brasil

Itulah sejumlah peristiwa penting 2016 yang banyak menghiasi headline berita terbaru di dunia internasional. Momen momen tersebut terjadi di sepanjang tahun 2016, mulai dari bulan Januari hingga bulan Desember. Kita tunggu saja apa saja yang akan terjadi di tahun 2017 mendatang.


(CepatLambat)

Belum ada Komentar untuk "10 Peristiwa/Berita Penting Dunia Tahun 2016"

Posting Komentar