Kumpulan Rumus Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

Kumpulan rumus Excel lengkap beserta contohnya - Microsoft Excel merupakan software dengan banyak manfaat. Excel adalah aplikasi spreadsheet yang bisa digunakan untuk menghitung atau mengolah data. Di software ini juga terdapat banyak formula Excel yang bermanfaat. Apa sajakah rumus rumus di Microsoft Excel? Kali ini akan kami bagikan kumpulan rumus Microsoft Excel lengkap beserta contoh rumus Excel-nya.

Excel adalah aplikasi spreadsheet buatan Microsoft. Excel setara dengan Microsoft Word atau Microsoft Power Point. Fungsi Excel sangat banyak dan bermanfaat, serta penting digunakan di sekolah, kantor atau tempat kerja. Lalu bagaimanakah cara belajar Microsoft Excel? Caranya adalah dengan mempelajari rumus-rumus yang ada di Microsoft Excel.

Dengan Excel memudahkan kita mengolah data dan angka, entah untuk keperluan menghitung angka, pendataan, database dan lain-lain.Beberapa fungsi Excel pun tidak hanya melulu soal operasi matematika saja. Rumus formula Excel juga bisa digunakan untuk menggunakan formula logika dengan syarat dan kondisi tertentu.

Jika dipelajari dengan baik, juga terdapat banyak fungsi dan rumus Excel lengkap lainnya yang mungkin bermanfaat. Kali ini kita akan belajar rumus Excel dengan membahas rumus-rumus Microsoft Excel beserta contohnya.

(baca juga cara cek kuota 3)

Kumpulan Rumus Excel Lengkap

Kumpulan Rumus Excel Lengkap Beserta Contohnya


Berikut ini akan kami bagikan info kumpulan rumus Excel lengkap beserta contohnya, meliputi rumus operasi matematika, rumus menghitung di Excel, fungsi logika dan kondisi serta rumus formula Excel lengkap lainnya.

Cara Menghitung di Excel


Ada beberapa cara menghitung di Microsoft Excel yang bisa digunakan, yaitu untuk operasi matematikan dasar seperti penjumlahan, pengurangan, pengkalian dan pembagian. Berikut merupakan rumus cara menghitung menggunakan Excel.

1. Menjumlahkan angka

Untuk menjumlahkan angka bisa menggunakan formula + (tambah)

Contoh : =A1+A2
Fungsi : Menjumlahkan angka pada cell A1 dan A2

2. Mengurangi angka

Untuk mengurangkan angka bisa menggunakan formula - (kurang)

Contoh : =A1-A2
Fungsi : Mengurangkan angka pada cell A1 dengan A2

3. Mengali angka

Untuk mengali angka bisa menggunakan formula * (bintang)

Contoh : =A1*A2
Fungsi : Mengkalikan angka pada cell A1 dan A2

4. Membagi angka

Untuk membagikan angka bisa menggunakan formula / (garis miring)

Contoh : =A1/A2
Fungsi : Membagikan angka pada cell A1 dengan A2

Fungsi Sum


Formula sum dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data dalam suatu range. Sum merupakan kependekan dari summary atau total jumlah dan digunakan sebagai rumus Excel menjumlahkan semua data.

Contoh :
=SUM(A1:A10)
Fungsi : Menjumlahkan semua angka yang ada pada cell A1 sampai A10

Fungsi Average


Formula average dalam Microsoft Excel digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data dalam suatu range. Average sendiri berarti nilai rata-rata dan digunakan sebagai rumus Excel mencari rata-rata.

Contoh :
=AVERAGE(A1:A10)
Fungsi : Mencari rata-rata dari angka yang ada pada cell A1 sampai A10

Fungsi Max


Formula max dalam Microsoft Excel digunakan untuk mencari angka paling besar (nilai maksimal) dari sekumpulan data dalam suatu range. Max merupakan kependekan dari maximum atau nilai maksimum dan digunakan sebagai rumus Excel menghitung nilai maksimum.

Contoh :
=MAX(A1:A10)
Fungsi : Mencari nilai paling tinggi dari angka yang ada pada cell A1 sampai A10

Fungsi Min


Formula min dalam Microsoft Excel digunakan untuk mencari angka paling kecil (nilai minimum) dari sekumpulan data dalam suatu range. Min merupakan kependekan dari minimum dan digunakan sebagai rumus Excel menghitung nilai minimum.

Contoh :
=MIN(A1:A10)
Fungsi : Mencari nilai paling kecil dari angka yang ada pada cell A1 sampai A10

Fungsi Count


Formula count dalam Microsoft Excel digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range tertentu. Count sendiri berarti jumlah dan digunakan sebagai rumus Excel menghitung jumlah data.

Contoh :
=MIN(A1:A10)
Fungsi : Mencari nilai paling kecil dari angka yang ada pada cell A1 sampai A10

Fungsi Logika If


Formula if dalam Microsoft Excel digunakan untuk melakukan pengujian logika dengan syarat-syarat tertentu yang ditentukan.

Contoh : 
=IF(A1>=70,"Lulus","Tidak Lulus")
Fungsi : Jika nilai pada A1 lebih dari atau sama dengan 70 maka hasilnya adalah 'Lulus', tapi jika nilai kurang dari 70 maka hasilnya adalah 'Tidak Lulus'.

Fungsi VLookup & HLookup


Formula VLookup dalam Microsoft Excel digunakan untuk melakukan pencarian secara vertikal dengan mencari nilai kolom pada tabel tertentu. Sementara formula HLookup dalam Microsoft Excel digunakan untuk melakukan pencarian secara horizontal dengan mencari nilai baris pada tabel tertentu.


Nah itulah tips trik komputer lengkap mengenai kumpulan rumus Microsoft Excel terbaru. Tips trik rumus lengkap Excel tersebut bisa dipraktekkan di berbagai versi Excel, baik Microsoft Excel 2003, Microsoft Excel 2007, Microsoft Excel 2010, Microsoft Excel 2013 atau pun Microsoft Excel 2016. Sekian info tips rumus Ms Excel kali ini.

0 Response to "Kumpulan Rumus Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya"

Posting Komentar