Biografi Taufik Ismail, Tokoh Sastrawan Indonesia Pencipta Puisi Terkenal

Biografi Taufik Ismail lengkap - Taufik Ismail adalah seorang penyair dan sastrawan Indonesia terkenal. Ia lahir pada 25 Juni 1935 di Fort de Kock, Sumatera Barat (sekarang kota Buktttinggi). Ia mendapat gelar Datuk Panji Alam Khalifatullah. Taufik Ismail dikenal sebagai salah satu tokoh sastrawan Indonesia dengan banyak penghargaan. Karya-karyanya berupa cerita, pusisi dan karya sastra lain sering jadi rujukan.

Berikut ini akan kami tampilkan info mengenai profil Taufik Ismail beserta biografi dan biodata Taufik Ismail terbaru lengkap.

Biodata Taufik Ismail


Nama lengkap : Taufiq Ismail
Tempat lahir : Fort de Kock (Bukittinggi), Sumatera Barat
Tanggal lahir : 25 Juni 1935
Kewarganegaraan : Indonesia
Pekerjaan : Penulis, penyair

(baca juga biografi Soekarno)

Biografi Taufik Ismail

Biografi Taufik Ismail


Taufiq Ismail lahir di Bukittinggi pada tanggal 25 Juni 1935. Ayahnya bernama A. Gaffar Ismail dan ibunya bernama Sitti Nur Muhammad Nur. Taufik Ismail menghabiskan masa SD di Solo, Semarang dan Yogyakarta. Ia menempuh pendidikan SMP di Bukittinggi dan masa SMA di Pekalongan.

Sejak SMA, ia sudah bercita-cita sebagai sastrawan. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan, Universitas Indonesia Bogor (sekarang IPB) dan tamat kuliah pada tahun 1963.

Semasa kuliah, Taufik Ismail dikenal aktif berorganisasi. Pada tahun 1971-1972 dan 1991-1992 ia sempat mengikuti International Writing Program, University of Iowa di Amerika Serikat. Ia juga pernah belajar pada Faculty of Languange and Literature, American University di Kairo, Mesir pada tahun 1993.

Setelah tamat kuliah, Taufik Ismail pernah mengajar sebagai guru di SMA Regina Pacis, SKP Pamekar dan IPB di kota Bogor. Ia kemudian mulai menulis di beberapa media sebagai wartawan. Taufiq menjadi salah satu pendiri Yayasan Indonesia yang kemudian juga melahirkan majalah sastra Horison sejak tahun 1966.

Taufiq juga menjadi salah seorang pendiri Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Taman Ismail Marzuki (TIM) dan Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ). Ia juga sempat bekerja di perusahaan swasta sebagai Manajer Hubungan Luar PT Unilever Indonesia sampai tahun 1990.

Sebagai penyair, banyak karya-karyanya yang terkenal. Di tahun 1993 Taufiq bahkan sempat diundang di Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia. Ia juga sering membacakan karya puisinya, terutama di beberapa peristiwa bersejarah di Indonesia.

Total ia pernah mewakili Indonesia di 24 festival sastra di dunia, termasuk di benua Asia, Eropa dan Amerika. Puisinya bahkan sudah diterjemahkan di berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris, China, Prancis, Jerman dan Rusia.

Ia juga aktif dalam bidang musik. Kerjasamanya dengan Himpunan Musik Bimbo, Chrisye dan Ian Antonio telah menghasilkan banyak lagu yang ia ciptakan dimana lagu-lagunya dinyanyikan oleh musisi Indonesia populer di era tersebut. Taufik Ismail pun menerima banyak penghargaan di bidang sastra dan bahasa.

Hingga kini, nama Taufik Ismail dikenal sebagai salah satu sastrawan Indonesia dengan sederet penghargaan. Ia pun masih aktif menulis puisi dan karya sastra lain sampai sekarang.

Belum ada Komentar untuk "Biografi Taufik Ismail, Tokoh Sastrawan Indonesia Pencipta Puisi Terkenal"

Posting Komentar