10 Film Fantasy Terbaik Sepanjang Masa yang Populer

Film memiliki banyak macam genre, salah satunya adalah film fantasy. Genre film fantasy pun cukup digemari karena menghadirkan unsur sihir dan imajinatif. Sepanjang sejarahnya banyak film film fantasy produksi Hollywood yang populer, di antaranya adalah The Lord of the Rings series dan Harry Potter series.

Genre film fantasi bisa didefinisikan sebagai film yang menghadirkan unsur yang tidak masuk akal dan di luar logika manusia. Di antara unsur-unsur dalam film fantasy misalnya adalah sihir, mistis, negeri dongeng hingga ras dan makhluk mitologi yang dimunculkan.

Fantasy sangat mirip dengan genre science-fiction (sci-fi), meski keduanya memiliki perbedaan mendasar. Film sci-fi menghadirkan unsur non-realitis yang masih didasarkan pada teknologi, sebut saja seperti time travel, robot & mesin, artificial intelligence (A.I.), rekayasa genetika, alien, luar angkasa dan lain-lain. Hal ini berbeda dengan film fantasy yang mengkedepankan unsur mistis dan supernatural.

(baca juga 10 film sci-fi terbaik)

Film fantasy barat pun banyak digemari dan sering diproduksi. Seri film The Lord of the Rings dan The Hobbit mungkin yang paling terkenal. Selain itu juga ada seri film Harry Potter dan Fantastic Beasts yang juga populer di tahun 2000an. Banyak film fantasy terbaik lain seperti The Chronicles of Narnia dan Pan's Labyrinth.

10 Film Fantasy Terbaik Sepanjang Masa


Untuk itu kali ini kami mencoba menyusun list film fantasy terbaik sepanjang masa. Tiap series film hanya boleh memasukkan 1 judul film saja. Artinya hanya boleh ada 1 judul film dari series The Lord of the Rings/The Hobbit dan 1 judul film dari series Harry Potter/Fantastic Beasts saja.

Film yang masuk list hanya film dengan genre fantasy murni. Hal ini tidak termasuk genre fantasy dan sci-fi yang dikombinasikan seperti terlihat pada seri film Star Wars atau film superhero Marvel seperti Iron-Man, Thor, The Avengers dan Guardians of the Galaxy, yang tidak memenuhi kriteria film fantasy.

Selain itu genre film fantasy pada animasi juga tidak kami masukkan, karena hampir semua film animasi adalah fantasy, beberapa di antaranya yang populer seperti Spirited Away, How to Train Your Dragons, Beauty and the Beast dan Howl's Moving Castle juga tidak akan kami masukkan dalam list top 10 berikut.

1. The Lord of the Rings: The Return of the King


Tahun rilis : 1939
Genre : Fantasy, adventure, family
Durasi : 102 menit
Sutradara : Victor Fleming
Pemain : Judy Garland, Frank Morgan, Roy Bolger, Bert Lahr

Ada 3 seri film The Lord of the Rings yang sama bagusnya, yakni The Fellowship of the Ring, The Two Towers dan The Return of the King. Jika harus memilih yang terbaik, maka seri ketiga, The Return of the King layak menjadi film fantasy terbaik sepanjang masa.

Film yang dirilis tahun 2003 merupakan adaptasi novel karya J. R. R Tolkien. Disutradarai oleh Peter Jackson, The Lord of the Rings menampilkan jajaran cast seperti Elijah Wood, Ian McKellen, Viggo Mortensen, Orlando Bloom, Cate Blanchett dan lain-lain.

2. Pan's Labyrinth


Tahun rilis : 2006
Genre : Fantasy, drama, perang
Durasi : 118 menit
Sutradara : Guillermo del Toro
Pemain : Ivana Baquero, Ariadna Gill, Sergi Lopez, Maribel Verdu

Kehadiran film Pan's Labyrinth sangatlah penting bagi perkembangan film fantasi. Film Spanyol ini dirilis pada tahun 2006 dan disutradarai oleh Guillermo del Toro. Unsur fantasy sangat terasa dipadu dengan genre drama dan perang.

Sebuah karya film yang berkelas hingga memenangkan 3 kategori Piala Academy Awards, prestasi hebat bagi film non-bahasa Inggris.

3. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban


Tahun rilis : 2004
Genre : Fantasy, adventure, family, misteri
Durasi : 142 menit
Sutradara : Alfonso Cuaron
Pemain : Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint, Gary Oldman, Alan Rickman

Tak lengkap membuat list film fantasy terbaik tanpa memasukkan salah satu film Harry Potter, hasil adaptasi dari novel fantasi karya J. K. Rowling. Film bertemakan dunia sihir/magic ini menjadi salah satu franchise film terlaris sepanjang masa. Di antara urutan film Harry Potter yang ada, seri ketiga Prisoner of Azakaban mungkin yang paling layak masuk.

Film ini dirilis tahun 2004 dan disutradarai oleh Alfonso Cuaron. Prisoner of Azkaban dianggap sebagai salah satu film Harry Potter terbaik serta memiliki unsur fantasi yang dominan dibanding film Harry Potter lainnya.

4. The Wizard of Oz


Tahun rilis : 1939
Genre : Fantasy, adventure, family
Durasi : 102 menit
Sutradara : Victor Fleming
Pemain : Judy Garland, Frank Morgan, Roy Bolger, Bert Lahr

Genre fantasi seakan tidak bisa dipisahkan dari film The Wizard of Oz. Film ini dirilis sangat lama, yakni di tahun 1939 lalu. Film ini disutradarai oleh Victor Fleming dan dibintangi oleh Judy Garland, Frank Morgan dan Roy Bolger.

Film ini dianggap sebagai salah satu film paling berpengaruh, terutama pada genre fantasi. Ada banyak karakter fantasi ikonik seperti singa yang bisa berbicara, orang-orangan sawah, manusia kaleng hingga penyihir jahat klasik.

5. The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe


Tahun rilis : 2005
Genre : Fantasy, adventure, family
Durasi : 143 menit
Sutradara : Andrew Adamson
Pemain : Tilda Swinton, Georgie Henley, William Moseley, Skandar Keynes

Seri film The Chronicles of Narnia menjadi seri film fantasy terpopuler di era modern. Yang paling bagus di antara semua film Narnia mungkin adalah The Lion, the Witch and the Wardrobe. Film ini dirilis pada tahun 2005 dan disutradarai oleh Andrew Adamson.

6. The Princess Bride


Tahun rilis : 1987
Genre : Fantasy, adventure, family, romance
Durasi : 98 menit
Sutradara : Rob Reiner
Pemain : Cary Elwes, Mandy Patinkin, Robin Wright, Chris Sarandon

7. The Shape of Water


Tahun rilis : 2017
Genre : Fantasy, drama, romance, thriller
Durasi : 123 menit
Sutradara : Guillermo del Toro
Pemain : Sally Hawkins, Octavia Spencer, Michael Shannon, Richard Jenkins

8. The Sorcerer’s Apprentice


Tahun rilis : 2010
Genre : Fantasy, action, adventure
Durasi : 109 menit
Sutradara : Jon Turteltaub
Pemain : Nicolas Cage, Jay Baruchel, Alfred Molina, Teresa Palmer

9. Alice in Wonderland


Tahun rilis : 2010
Genre : Fantasy, adventure
Durasi : 108 menit
Sutradara : Tim Burton
Pemain : Mia Wasikowska, Johnny Depp, Helena Bonham Carter, Anne Hathaway

10. Labyrinth


Tahun rilis : 1986
Genre : Fantasy, adventure, musical
Durasi : 101 menit
Sutradara : Jim Henson
Pemain : David Bowie, Jennifer Connelly, Toby Froud, Shelley Thompson

Film fantasy terbaik lainnya


  • Clash of the Titans (1981)
  • Where the Wild Things Are (2009)
  • The Dark Crystal (1982)
  • Mary Poppins (1964)
  • The Jungle Book (2016)
  • Stardust (2007)
  • The Spiderwick Chronicles (2008)

Nah ituah daftar 10 film fantasy terbaik dan terpopuler sepanjang masa sampai saat ini. Film film fantasy terpopuler seperti The Lord of the Rings dan Harry Potter jelas masuk dalam list. Sementara itu hanya sedikit film fantasy Indonesia yang diproduksi. Genre fantasy masih belum diminati di industri perfilman Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "10 Film Fantasy Terbaik Sepanjang Masa yang Populer"

Posting Komentar