Sejarah ASEAN dan Latar Belakang Berdirinya ASEAN Lengkap

Sejarah dan latar belakang berdirinya ASEAN - ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Dalam bahasa Indonesia ASEA disebut Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Sejarah ASEAN awalnya didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand lewat Deklarasi Bangkok.

Awal didirikan, ada 5 negara pendiri ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Kelimanya diwakili delegasi menteri luar negeri masing-masing yang menjadi tokoh pendiri ASEAN. Karena letak geografis Indonesia yang ada di kawasan Asia Tenggara, maka Indonesia juga turut berperan dalam pembentukan organisasi ini.

Latar belakang ASEAN juga dipengaruhi beberapa faktor, mulai dari faktor geografis, faktor kesamaan karakteristik hingga tujuan yang akan dicapai. Saat ini ada 10 negara anggota ASEAN termasuk Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja yang kemudian bergabung.

Tujuan ASEAN pun meliputi banyak hal, seperti menciptakan perdamaian di kawasan regional dan menjalin kerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. ASEAN pun memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi internasional.

(baca juga mata uang negara ASEAN)

Sejarah ASEAN dan Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Sejarah ASEAN


Sejarah berdirinya ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. Pembentukan ASEAN merupakan hasil dari Deklarasi Bangkok yang dihadiri oleh 5 negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Kelima negara ini lah yang menjadi 5 negara pendiri ASEAN yang menandatangani Deklarasi Bangkok di kota Bangkok, Thailand.

Tiap negara diwakili oleh masing-masing delegasi yaitu menteri luar negeri tiap negara. Lima tokoh pendiri ASEAN yang mewakili tiap negara adalah Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura) dan Thanat Khoman (Thailand).

Awal dibentuk tahun 1967 memang hanya ada 5 negara ASEAN saja. Brunei Darussalam menjadi anggota pertama ASEAN di luar lima negara pemrakarsa yang bergabung, yaitu di tahun 1984. Kemudian negara-negara Asia Tenggara lain juga bergabung dalam ASEAN, yakni Vietnam (1995), Laos (1997), Myanmar (1997) dan Kamboja (1998).

Hingga kini terdapat 10 negara anggota ASEAN. Hanya 1 negara di kawasan Asia Tenggara yang masih belum bergabung secara resmi dengan ASEAN, yakni Timor Leste. Status Timor Leste masih menjadi negara pengamat saja.

Latar Belakang Berdirinya ASEAN


Kenapa ASEAN dibentuk? Ada beberapa poin yang menjadi latar belakang terbentuknya ASEAN. Yang paling utama adalah persamaan geografis. Negara-negara ASEAN sama-sama berada di kawasan Asia Tenggara, yang berada di sebelah selatan negara China dan berada di sebelah utara Samudera Hindia dan Benua Australia.

Selain itu juga terdapat persamaan suku bangsa, dimana masyarakat ASEAN memiliki budaya dasar Melayu-Austronesia. Semua negara ASEAN kecuali Thailand juga pernah dijajah oleh bangsa Eropa, sehingga ada persamaan nasib.

Hal lain yang mendasari pembentukan ASEAN sesuai dengan poin yang ada pada tujuan dibentuknya ASEAN di antaranya untuk mempererat kerjasama antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Tujuan ASEAN lain adalah untuk memajukan negara dan meningkatkan perdamaian di tingkat regional.

Lambang ASEAN


Berikut merupakan lambang ASEAN yang masih digunakan sampai sekarang.

Sejarah ASEAN dan Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Daftar Negara ASEAN


Saat ini ada 10 negara negara ASEAN, tidak termasuk Timor Leste yang masih belum terdaftar resmi sebagai anggota tetap ASEAN.
  1. Indonesia (negara pendiri)
  2. Malaysia (negara pendiri)
  3. Thailand (negara pendiri)
  4. Filipina (negara pendiri)
  5. Singapura (negara pendiri)
  6. Brunei Darussalam (bergabung tahun 1984)
  7. Vietnam (bergabung tahun 1995)
  8. Laos (bergabung tahun 1997)
  9. Myanmar (bergabung tahun 1997)
  10. Kamboja (bergabung tahun 1999)

Tujuan ASEAN


Berikut merupakan beberapa poin tujuan berdirinya ASEAN yang tertera pada isi Deklarasi Bangkok selengkapnya.
  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
  3. Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi
  4. Memelihara kerja sama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada.
  5. Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.

Nah itulah pembahasa lengkap mengenai pengertian ASEAN, sejarah pembentukan ASEAN, negara-negara ASEAN serta tujuan didirikannya ASEAN. Organisasi ASEAN menjadi wadah bagi negara di kawasan Asia Tenggara untuk meningkatkan kerjasama di berbagai bidang dan memajukan stabilitas regional antar negara-negaranya.

2 Komentar untuk "Sejarah ASEAN dan Latar Belakang Berdirinya ASEAN Lengkap"