10 Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Eropa

Apa saja negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain? Tidak banyak negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Dalam artikel ini akan dibahas negara-negara di luar benua Eropa yang tidak pernah dijajah atau dikolonialisasi oleh bangsa Eropa.

Penjajahan atau kolonialisasi merupakan upaya suatu bangsa untuk menjajah, menguasai dan mengontrol rakyat dan sumber daya bangsa lain.

Di antara abad 16 sampai abad 20, kekuatan negara-negara Eropa begitu besar dan hampir menguasai semua wilayah di Bumi. Mereka berhasil menjajah banyak negara di Asia, Afrika, Amerika dan Australia.

Contohnya Indonesia yang pernah dijajah oleh Portugis, Inggris, Belanda dan Jepang dari Asia. Pada akhirnya Indonesia merdeka setelah peristiwa proklamasi di tahun 1945. Negara Asia dan Afrika lain juga banyak yang dijajah oleh bangsa Eropa.

(baca juga teks proklamasi kemerdekaan Indonesia)

Kekuatan besar Eropa seperti Inggris, Prancis, Belanda, Portugal, Rusia, Italia hingga Turki (kekaisaran Ottoman) memang mengontrol banyak wilayah dan negara, terutama pada abad 18 dan 19, serta di awal abad 20.

Puncaknya terjadi Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Pada akhir perang dunia II, dilakukan persetujuan untuk menghentikan kolonialisme seiring dengan dibentuknya PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Segala bentuk penjajahan pun dikategorikan sebagai pelanggaran HAM internasional.

Dalam sejarah, hanya ada beberapa negara saja yang terhindar dari penjajahan bangsa Eropa. Negara-negara di luar Eropa yang berhasil menghindari penjajahan contohnya adalah Jepang, Thailand, Ethiopia, Liberia dan Iran/Persia.

Negara yang Tidak Pernah Dijajah Bangsa Eropa

Daftar Negara yang Tidak Pernah Dijajah


Berikut merupakan daftar negara yang tidak pernah dijajah bangsa lain, khusus untuk negara non-Eropa, bisa dari benua Asia, Afrika, Amerika dan Australia, beserta riwayat sejarah dan perlawanannya.

Thailand


Hingga kini, Thailand masih tercatat sebagai satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain. Dulunya negara Thailand dikenal sebagai Kerajaan Siam. Raja Chulalongkorn dikenal memiliki hubungan diplomasi baik dengan Prancis dan Inggris sehingga negaranya terhindar dari penjajahan. Kini Thailand menjadi salah satu negara anggota ASEAN paling tinggi ekonominya.

Ethiopia


Tak banyak negara Afrika yang tidak pernah dijajah, salah satunya adalah Ethiopia. Saat hampir semua negara Afrika dijajah bangsa Eropa, Ethiopia tetap mampu mempertahankan kedaulatannya. Di era Mussolini, Italia sempat mengontrol beberapa wilayah Ethiopia namun tidak sampai melakukan kolonialisasi menyeluruh.

Jepang


Jepang juga menjadi salah satu negara Asia yang tidak terjajah sama sekali. Negara ini bahkan mengembangkan pengaruhnya ke negara lain seperti China dan Taiwan. Saat Perang Dunia II, Jepang menjadi salah satu kekuatan besar dan bahkan sempat menjajah beberapa negara termasuk juga Indonesia.

Arab Saudi


Arab Saudi juga tidak pernah dijajah sekali. Pada abad 16, kekaisaran Ottoman sempat memiliki wilayah kekuasaan di Arab Saudi, namun keluarga kerajaan Arab Saudi melakukan perlawanan dan berhasil mengusir kekaisaran Ottoman.

Iran


Iran yang dulu dikenal sebagai Persia, menarik minat banyak bangsa Eropa untuk datang seperti Inggris dan Prancis. Bangsa Persia akhirnya menyetujui kesepakatan dengan Inggris dan Prancis untuk mengontrol beberapa wilayahnya. Hal ini mencegah Iran agar tidak terjajah.

China


China merupakan negara besar dan saat abad 19 menjadi salah satu kekuatan yang dipertimbangkan dunia. Hal ini membuat China menjadi target bangsa-bangsa Eropa. Pada akhirnya beberapa wilayah garis pantai di Cina memang dikontrol oleh bangsa Eropa, namun secara resmi kekaisaran China mampu mempertahankan kedaulatannya.

Afghanistan


Afghanistan juga menarik minat bangsa Eropa seperti Inggris untuk datang. Tercatat dua kali terjadi perang militer Afghanistan dan Inggris yakni pada peristiwa perang Anglo-Afghan pertama tahun 1839 dan perang Anglo-Afghan kedua tahun 1878 dan 1880. Afghanistan mampu mempertahankan wilayahnya dari Inggris.

Nepal


Pada abad 19, Nepal sempat terlibat peperangan dengan bangsa Inggris yang ada di India. Akibatnya 30% wilayah Nepal sempat jatuh ke Inggris. Namun karena pengaruh geografis Nepal yang dipenuhi pegunungan, pada akhirnya Inggris menyerahkan kembali wilayah tersebut ke tangan Nepal.

Bhutan


Sama seperti Nepal, wilayah Bhutan yang ada di pegunungan membuat bangsa Inggris kesulitan menjajahnya. Akses yang sulit membuat Inggris akhirnya menyerah, meski sempat dilakukan perjanjian antar kedua negara.

Liberia


Selain Ethiopia, negara Afrika lain yang tidak pernah dijajah adalah Liberia. Faktanya memang hanya Liberia dan Ethiopia saja yang menjadi negara Afrika yang tidak pernah dijajah sama sekali oleh bangsa Eropa atau bangsa lain di dunia.

Nah itulah penjelasan info unik mengenai daftar negara-negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. List hanya menyertakan negara di luar negara Eropa yang tidak pernah dijajah. Negara seperti Thailand, Jepang, Arab Saudi, Ethiopia dan Liberia dikenal sebagai negara non-Eropa yang tidak pernah dikolonialisasi bangsa lain.

0 Response to "10 Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Eropa"

Posting Komentar