Tujuan Dibentuknya VOC di Indonesia Oleh Kolonial Belanda

Tujuan VOC di Indonesia - VOC adalah singkatan dari Vereenigde Oostindische Compagnie, merupakan persekutuan dagang Belanda yang memiliki monopoli perdagangan di Asia. Salah satu tujuan dibentuknya VOC adalah melakukan monopoli perdagangan di wilayah kolonialismenya, termasuk di Indonesia.

Awalnya VOC dibentuk pada tanggal 20 Maret 1602. VOC merupakan persekutuan dagang yang dianggap sebagai salah satu perusahaan multinasional pertama di dunia. VOC memiliki hak-hak dan fasilitas khusus karena mendapat keistimewaan.

(baca juga perjanjian Bongaya)

Terdapat 6 bagian dalam VOC yang ada di Amsterdam, Middelburg, Enkhuizen, Delft, Hoorn dan Rotterdam. Tiap bagian menyumbangkan delegasi ke dalam tujuh belas sesuai dengan proporsi modal yang mereka bayarkan. Sistem pembagian saham memang diterapkan dalam VOC.

Dalam hubungannya dengan masa penjajahan Belanda ke Indonesia, VOC memang memegang peranan penting. Pihak Indonesia menyebut VOC sebagai kompeni, merujuk pada kata compagnie di akhir nama VOC. Kehadiran VOC pun sangat terasosiasi pada pemerintahan Hindia Belanda yang menjajah Indonesia. Hal ini tak lepas dari kebijakan VOC yang kerap merugikan bangsa Indonesia.

Pada akhirnya VOC bangkrut karena beberapa sebab, di antaranya adalah banyaknya korupsi oleh anggotanya, banyak pengeluaran untuk biaya perang serta bertambahnya saingan dagang di Asia seperti Inggris dan Prancis.

(baca juga tujuan dibentuknya ASEAN)

Tujuan Dibentuknya VOC di Indonesia

Tujuan VOC


Tentu pada awalnya ada sebuah tujuan Belanda mendirikan VOC. Tujuan utama VOC memang untuk menerapkan monopoli perdagangan di kawasan Asia, terutama Hindia Timur. Berikut merupakan 5 tujuan didirikannya VOC oleh kolonial Belanda selengkapnya.

1. Menghindari persaingan sesama pedagang Belanda

Salah satu tujuan VOC dibentuk adalah untuk menghindari persaingan yang tidak sehat antara sesama pedagang Belanda. Dengan adanya VOC selaku badan yang menaungi para pedagang Belanda, maka diharapkan tidak ada persaingan antar sesama pedagang Belanda.

2. Memperkuat posisi Belanda di mata dunia

Tujuan VOC berikutnya adalah untuk memperkuat posisi Belanda di mata dunia. Hal ini sangat penting agar Belanda dapat menghadapi persaingan, baik dengan sesama bangsa Eropa, maupun dengan bangsa-bangsa Asia lainnya.

3. Memonopoli perdagangan

Salah satu tujuan utama VOC, yakni untuk memonopoli perdagangan terutama di wilayah Asia. Monopoli perdagangan ini berlaku untuk perdagangan impor maupun ekspor, yang pada akhirnya mendatangkan keuntungan ekonomi bagi Belanda.

4. Membantu dana bagi pemerintah Belanda 

VOC dibentuk juga agar dapat menghasilkan keuntungan dan menghasilkan dana. Nantinya hasilnya digunakan untuk membantu dana bagi pemerintah Belanda yang saat itu sedang berjuang menghadapi konflik dengan Spanyol dan konflik lainnya.

5. Menguasai kerajaan dan pelabuhan di Indonesia

Tujuan VOC datang ke Indonesia adalah untuk bisa menguasai aset-aset penting seperti kerajaan atau pelabuhan. Seperti diketahui jika pada era itu banyak kerajaan penting dan pelabuhan strategis yang ada di Indonesia.

Nah itulah penjelasan mengenai tujuan didirikan VOC di Indonesia oleh pihak Belanda. Salah satu tujuan pembentukan VOC adalah untuk memonopoli perdagangan di Indonesia sekaligus untuk memperkuat posisi Belanda dalam bidang ekonomi guna bersaing dengan negara-negara lain. Sekian info tujuan dibentuknya VOC kali ini.

0 Response to "Tujuan Dibentuknya VOC di Indonesia Oleh Kolonial Belanda"

Posting Komentar