Teks Sumpah Pemuda yang Asli dan Benar (28 Oktober 1928)

Teks sumpah pemuda - Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa sumpah pemuda diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta yang merupakan hasil Kongres Pemuda Kedua. Kali ini akan dijelaskan mengenai sejarah, tokoh-tokoh, makna serta naskah dan bunyi sumpah pemuda yang benar dalam ejaan lama dan ejaan baru yang disempurnakan.

Sejarah Sumpah Pemuda


Latar belakan Sumpah Pemuda bermula pada diadakannya Kongres Pemuda Kedua. Kongres tersebut diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dan digelar di kota Batavia/Jakarta. Dalam kongres menghasilkan sebuah ikrar yang disepakati oleh para pemuda.

Istilah sumpah pemuda sendiri tidak dikemukakan saat kongres, namun setelah kongres. Ikrar sumpah pemuda pun menjadi salah satu peristiwa penting dalam rentetan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

(baca juga teks proklamasi kemerdekaan)

Tokoh Sumpah Pemuda


Ada beberapa tokoh-tokoh sumpah pemuda yang berperan penting dalam menyelanggarakan dan menyusun naskah sumpah pemuda. Rumusan naskah sumpah pemuda ditulis Moehammad Yamin pada secarik kertas yang diberikan pada Soegondo saat Sunario sedang berpidato pada sesi terakhir kongres.

Soegondo kemudian menyetujui ide Moehammad Yamin dan setelahnya disetujui pula oleh anggota kongres lain. Bunyi sumpah pemuda pun dibacakan oleh Soegondo dan kemudian arti sumpah pemuda dijelaskan panjang lebar oleh Moehammad Yamin.

Bunyi Sumpah Pemuda


Secara umum ada 2 jenis naskah teks sumpah pemuda, yakni naskah sumpah pemuda asli dengan ejaan lama serta teks sumpah pemuda dengan ejaan baru yang disempurnakan.

Teks Sumpah Pemuda Asli


Bunyi sumpah pemuda yang asli masih menggunakaan ejaan lama. Berikut merupakan bunyi ikrar sumpah pemuda yang asli dan otentik sebagaimana tercantum di dinding museum Sumpah Pemuda dengan ejaan van ophuysen.

Soempah Pemoeda

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Teks Sumpah Pemuda Ejaan Baru


Naskah sumpah pemuda tersebut kemudian dirubah dengan menggunakan ejaan baru. Perubahan dilakukan dengan menggunakan ejaan yang disempurnakan. Berikut merupakan teks sumpah pemuda ejaan baru.

Sumpah Pemuda

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Gambar Sumpah Pemuda

Bunyi Teks Sumpah Pemuda Asli dan Ejaan Baru

Hari Sumpah Pemuda


Peristiwa sumpah pemuda pun diperingati tiap tahunnya. Hari sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 tentang peringatan hari Sumpah Pemuda.

Demikianlah pembahasan mengenai sumpah pemuda, baik sejarah, latar belakang, tokoh yang terlibat, peringatan hari nasional serta bunyi teks sumpah pemuda dan gambarnya. Semoga bisa menambah wawasan kebangsaan.

0 Response to "Teks Sumpah Pemuda yang Asli dan Benar (28 Oktober 1928)"

Posting Komentar