Profil dan Biografi Sandiaga Uno, Calon Wakil Presiden Indonesia

Biografi Sandiaga Uno - Sandiaga Uno adalah pengusaha dan tokoh politik Indonesia. Nama lengkapnya adalah Sandiaga Salahuddin Uno. Ia lahir di kota Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Sandiaga Uno termasuk salah satu orang terkaya di Indonesia saat ini. Ia merambah dunia politik dan terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia juga maju sebagai calon Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

Kali ini akan dibagikan profil Sandiaga Uno beserta biografi, perjalanan karir, keluarga dan biodata Sandiaga Uno selengkapnya update terbaru.


Profil Sandiaga Uno


Sandiaga Uno lahir di kota Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Nama lengkapnya adalah Sandiaga Salahuddin Uno. Ayahnya bernama Razif Halik Uno, biasa dipanggil Henk Uno. Sedangkan ibunya bernama Rachmini Rachman Uno, biasa dipanggil Mien Uno.

Masa kecilnya banyak dihabiskan di Rumbai, Pekanbaru yang merupakan tempat kelahirannya. Keluarganya kemudian pindah ke Jakarta pada era 70an.

Pendidikan Sandiaga Uno


Sandi bersekolah di SD PSKD Bulungan, SMPN 12 Jakarta dan SMA Pangudi Luhur. Ia sudah dikenal sebagai sosok yang cerdas sejak kecil. Sandi kemudian melanjutkan studi di luar negeri.

Pada tahun 1990, Sandiaga Uno lulus dari Wichita State University di Kansas, Amerika Serikat dengan predikat summa cum laude. Ia mengambil jurusan business administration.

Kemudian Sandi melanjutkan studi pasca sarjana di George Washington University dengan berbekal beasiswa. Ia juga melanjutkan pendidikan sebelumnya dengan mengambil jurusan business administration.

Karir Usaha Sandiaga Uno


Karir Sandi Uno di dunia bisnis dimulai dengan bekerja sebagai karyawan Bank Summa. Ia bertemu dengan William Soeryadjaya, pemilik Bank Summa dan menimba ilmu darinya. Di tahun 1993, ia bekerja sebagai manajer investasi di Seapower Asia Investment Limited di Singapura.

Sandi kemudian sempat bekerja di perusahaan lain, misalnya di MP Holding Limited Group di tahun 1994 dan di NTI Resources Ltd di Kanada dimana ia menjabat sebagai executive vice president. Adanya krisis moneter di tahun 1997 membuat perusahaan tempatnya bekerja gulung tikar.

Hal ini membuat Sandiaga sempat tidak memiliki pekerjaan dan belum bisa mendapat pekerjaan baru. Ia bersama temannya akhirnya mencoba usaha baru dengan membuka usaha konsultan keuangan dengan nama PT Recapital Advisors.

Setelahnya, Sandi mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya bersama Edwin Soeryadjaya. Perusahaan tersebut bergerak di bidang telekomunikasi, pertambangan dan produk kehutanan. Bisnis ini pun sukses berkat banyaknya relasi bisnis yang dimiliki Sandi.

Karena kontribusinya, Sandiaga Uno sempat menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2005 sampai 2008. Banyak pengusaha yang bernaung di HIPMI. Ia juga menjadi ketua komite tetap bidang UMKM di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Dalam karir usahanya, Sandiaga Uno juga pernah menempati jajaran direksi beberapa perusahaan seperti PT Adaro Indonesia, PT Indonesia Bulk Terminal, PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia dan lain-lain. Ia juga membeli 51% saham Mandala Airlines.

Kekayaan Sandiaga Uno semakin bertambah dan mulai masuk daftar 100 orang terkaya di Indonesia sejak tahun 2008. Di tahun 2009, Sandi langsung masuk 40 besar orang Indonesia terkaya dengan kekayaan sebesar 400 juta US dollar.

Karir Politik Sandiaga Uno


Ketika akan menekuni karir politik, Sandi Uno memutuskan untuk mundur dari jabatan bisnisnya, seperti jabatan direktur utama PT Saratoga Investama Sedaya yang ia dirikan. Sejak tahun 2015, ia bergabung dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang dipimpin Prabowo Subianto.

Sandi langsung menjabat sebagai  wakil ketua dewan pembina Partai Gerindra. Ia juga dipercaya menjadi Ketua Tim Pemenangan Pemilu Partai Gerindra. Sandi kemudian maju sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan. Anies dan Sandi memenangkan pilkada DKI dan Sandi resmi menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Terpilihnya Sandi sebagai wagub DKI membuat namanya menjadi terkenal secara nasional. Namanya muncul dalam berbagai pemberitaan. Hanya 10 bulan menjabat, Sandi kemudian dipilih sebagai calon Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024 mendampingi Prabowo Subianto.

Hal ini membuat Sandi harus mundur dari posisinya sebagai wagub DKI dan dari kepengurusan Partai Gerindra. Ia pun mulai dikenal sebagai salah satu tokoh politik nasional.

(baca juga biografi Prabowo Subianto)

Foto Sandiaga Uno




Biodata Sandiaga Uno


Nama lengkap : Sandiaga Salahuddin Uno
Tempat lahir : Pekanbaru, Riau
Tanggal lahir : 28 Juni 1969
Profesi : Pengusaha, tokoh politik

Keluarga Sandiaga Uno


Sandiaga Uno menikah dengan istrinya, Nur Asia pada tahun 1996. Mereka dikaruniai 3 orang anak yang bernama Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno dan Sulaiman Saladdin Uno
  • Istri : Nur Asia
  • Orang tua : Razif Halik Uno (ayah) dan Rachmini Rachman Uno (ibu)
  • Anak : Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno, Sulaiman Saladdin Uno

Nah itulah profil Sandiaga Uno beserta biodata, perjalanan karir bisnis dan politik, kekayaan dan biografi Sandiaga Uno lengkap update terbaru.

0 Response to "Profil dan Biografi Sandiaga Uno, Calon Wakil Presiden Indonesia"

Posting Komentar