10+ Jenis-Jenis Kopi di Indonesia (Aneka Macam Kopi Nusantara)

Jenis-jenis kopi di Indonesia - Siapa yang tidak suka kopi? Kopi adalah jenis minuman paling populer di seluruh dunia. Ada banyak macam-macam kopi dari mulai kopi hitam, kopi susu, kopi espresso, kopi capuccino dan lain-lain. Indonesia dikenal sebagai negara penghasil banyak variasi dan jenis-jenis kopi Nusantara.

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi menjadi komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik, bahkan menjadi produsen kopi terbesar di dunia, setelah Brasil dan Kolombia.

Terdapat dua varietas kopi yang dikenal secara umum yakni kopi robusta (coffea canephora) dan kopi arabika (coffea arabica). Lebih lanjut lagi, terdapat banyak varietas kopi lain dari biji kopi yang berbeda-beda tergantung letak geografisnya. 

Penanaman biji kopi di tempat yang berbeda menghasilkan aroma kopi yang berbeda pula. Karakretisik kopi sangat tergantung pada tempat tumbuhan kopi itu tumbuh, proses produksi dan perbedaan genetika subspesies kopi.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan banyak macam-macam kopi. Variasi kopi di Indonesia sering dikenal sebagai kopi Nusantara. Popularitas kopi Nusantara sudah banyak yang mendunia dan distribusikan secara internasional.

Jenis-Jenis Kopi Nusantara

Jenis-Jenis Kopi Nusantara


Berikut adalah jenis-jenis kopi Nusantara yang terkenal di Indonesia dan seluruh dunia beserta penjelasan, aroma dan asal tempatnya.

Kopi Gayo


Kopi gayo merupakan salah satu jenis kopi asli Indonesia asal daerah Aceh. Jenis kopi ini sudah dikenal di seluruh dunia dan diproduksi di daerah dataran tinggi gayo di provinsi Aceh. Banyak yang mengaggap bahwa kopi gayo menjadi jenis kopi arabika paling disukai dengan rasa paling khas.

Kopi Jawa


Macam-macam kopi di Indonesia berikutnya adalah kopi jawa. Jenis kopi ini sudah populer sejak lama, tepatnya sejak abad 17. Kopi Jawa pun dikenal di seluruh dunia. Jenis kopi ini memiliki aroma tipis rempah-rempah yang enak dan khas. 

Kopi Toraja


Sesuai namanya, kopi toraja dihasilkan di daerah pegunungan Toraja di provinsi Sulawesi Selatan. Kopi Toraja menjadi salah satu kopi Nusantara paling dikenal, hingga ke luar negeri. Terdapat dua macam kopi toraja baik varietas kopi arabika atau kopi robusta. Ciri khas kopi ini adalah tingkat keasaman yang tinggi.

Kopi Kintamani


Kopi nusantara berikutnya adalah kopi kintamani. Jenis kopi ini berasal dari daerah Kintamani di pulau Bali. Kopi ini memiliki aroma yang berbeda dan bercampur dengan rasa buah yang segar dan unik. Hal ini dikarenakan penanaman biji kopi bercampur dengan aneka sayuran.

Kopi Flores


Kopi Flores juga termasuk jenis-jenis kopi di Indonesia yang populer. Jenis kopi ini berasal dari daerah Flores di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ciri khasnya adalah kopi ini memiliki aroma buah dan tambahan tembakau yang khas.

Kopi Lanang


Kopi Nusantara lainnya adalah kopi lanang. Biji kopi lanang ini berbentuk bulat, tunggal serta tidak adanya belahan tengah seperti pada biji kopi pada umumnya. Kopi ini tersedia dalam jenis kopi arabika atau kopi robusta. Terdapat banyak khasiat dengan meminum kopi lanang ini.

Kopi Luwak


Jenis kopi luwak menjadi aneka kopi yang dikenal luas di seluruh dunia. Kopi ini cukup langka dan mahal karena produksinya yang terbatas. Proses pembentukan kopi ini sangat unik karena berasal kotoran biji kopi yang dimakan luwak. Meski begitu, rasa kopi luwak sangat enak dan terkenal sebagai salah satu kopi termahal di dunia.

Kopi Wamena


Kopi Wamena tumbuh subur di pegunungan Wamena dan menjadi salah satu penghasil kopi Indonesia. Jenis kopi ini beraroma ringan dan harum. Para petani di wamena masih menggunakan bahan-bahan organic untuk tanaman biji kopi mereka.

Kopi Mandailing


Jenis kopi mandailing berasal dari biji kopi yagn ditanam di daerah Mandailing provinsi Sumatera Utara, tepatnya di pegunungan Bukit Barisan. Kopi ini mempunyai citarasa kekentalan yang bagus, keasaman medium, rasa floral dengan akhir rasa yang manis.

Kopi Temanggung


Kopi temanggung merupakan jenis kopi yang ditanam di daerah Temanggung provinsi Jawa Tengah. Aroma kopi ini cukup unik, yakni aroma tembakau dengan rasa pahit pekat dan mendominasi. Namun itulah yang membuat kopi ini sangat autentik dan digemari serta telah diekspor ke mancanegara.

Kopi Sidikalang


Kopi Sidikalang cukup digemari oleh para pecinta kopi, baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara. Jenis kopi ini memiliki kualitas rasa yang tinggi. Bahkan banyak yang mengklaim kopi sidikalang sebagai kopi dengan tekstur paling halus di seluruh dunia.

Nah demikian pembahasan macam-macam kopi di Indonesia atau yang dikenal sebagai kopi Nusantara. Beberapa kopi nusantara yang paling terkenal antara lain yakni kopi gayo, kopi jawa, kopi toraja dan kopi kintamani.

1 Response to "10+ Jenis-Jenis Kopi di Indonesia (Aneka Macam Kopi Nusantara)"

  1. Ditempat saya di Medan kopi yang terkenal adalah Kopi Sidikalang karena memiliki rasa tersendiri dan khas :)

    BalasHapus