Tujuan APEC (Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik) Beserta Anggotanya

Tujuan APEC - APEC atau Asia-Pacific Economic Cooperation adalah forum ekonomi antar negara-negara di kawasan Lingkar Pasifik. Dalam bahasa Indonesia, organisasi ini disebut sebagai Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik. Anggota APEC terdiri dari 21 negara-negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

APEC pertama kali didirikan pada tahun 1989 dan bermarkas di Singapura. APEC menjadi forum tertua dan blok multilateral tertinggi yang ada di kawasan Asia-Pasifik. APEC juga dianggap memberi dampak dan pengaruh global yang cukup signifikan.

(baca juga tujuan ASEAN)

Secara umum tujuan didirikannya APEC adalah untuk mengukuhkan pertumbuhan ekonomi, mempererat komunitas dan mendorong perdagangan bebas di seluruh kawasan Asia-Pasifik. Peran Indonesia dalam APEC juga dilihat dari penyelenggaraan pertemuan pemimpin APEC pada tahun 1994 dan pada tahun 2013.

Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC dilakukan tiap tahun yang dihadiri kepala pemerintahan negara-negara anggota APEC. Lokasi pertemuan berganti-ganti tiap tahun. Selain 21 negara anggota, APEC memiliki 3 pengamat yakni Sekretariat ASEAN, Dewan Kerjasama Ekonomi Pasifik (PECC) dan Sekretariat Forum Kepulauan Pasifik (PIF).

(baca juga tujuan PBB)

Tujuan APEC

Tujuan APEC


Tujuan utama APEC adalah untuk mendorong perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dan kemakmuran di kawasan Asia Pasifik. 

Dalam mencapai tujuannya, APEC membangun komunitas Asia Pasifik yang dinamis dan harmonis dengan memperjuangkan perdagangan dan investasi yang bebas dan terbuka, mempromosikan dan mempercepat integrasi ekonomi regional, mendorong kerjasama ekonomi dan teknis, meningkatkan keamanan manusia, dan memfasilitasi lingkungan bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan.

APEC juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan di antara negara-negara anggotanya. Hasil kesepakatan pada Konferensi Tingkat Tinggi APEC di Bogor pada tahun 1994 telah menghasilkan 'The Bogor Goals' untuk mewujudkan perdagangan bebas dan terbuka di tengah industrialisasi ekonomi, selambat-lambatnya tahun 2010, dan mengembangkan ekonomi selambat-lambatnya tahun 2020.

Latar Belakang APEC


APEC pertama didirikan pada tahun 1989. Ada beberapa hal yang menjadi latar belakang APEC didirikan, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Sebagai tanggapan terhadap pesatnya pertumbuhan interdependensi ekonomi negara-negara Asia-Pasifik.
  • Lahirnya kerjasama dan blok-blok perdagangan di belahan dunia lainnya selain di kawasan Asia-Pasifik.
  • Kekhawatiran bahwa Jepang akan mendominasi kegiatan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik dibanding negara-negara lain.
  • Mendirikan pasar baru untuk produk agrikultural dan bahan mentar di luar Eropa.

Awalnya pendirian APEC dimulai saat Perdana Menteri Australia mengusulkan didirikannya kerjasama ekonomi yang lebih efektif di kawasan Asia-Pasifik. Diadakanlah pertemuan di Canberra, Australia yang dihadiri 12 negara. Pada akhirnya disepakati akan diadakan pertemuan lanjutan di Singapura dan Korea Selatan.

Negara-negara dari ASEAN sempat menentang usulan ini, dan malah mengusulkan Kaukus Ekonomi Asia Timur khusus negara-negara di Asia saja. Namun usulan ini banyak ditentang pihak lain. Pada tahun 1993, diadakanlah pertemuan pertama Pemimpin Ekonomi APEC. Disepakati pula bahwa Pusat Sekretariat APEC akan ada di Singapura.

Anggota APEC


Anggota APEC terdiri dari 21 negara anggota, yang merupakan negara yang memiliki garis pantai ke Samudera Pasifik, meski tidak semuanya. APEC lebih mengutamakan kondisi ekonomi negaranya, sehingga negara anggotanya disebut dengan istilah ekonomi negara.

Berikut adalah 21 negara anggota APEC beserta kapan waktu diterima masuk secara resmi sebagai anggota APEC.

  1. Amerika Serikat (1989)
  2. Australia (1989)
  3. Brunei Darussalam (1989)
  4. Filipina (1989)
  5. Indonesia (1989)
  6. Jepang (1989)
  7. Kanada (1989)
  8. Korea Selatan (1989)
  9. Malaysia (1989)
  10. Selandia Baru (1989)
  11. Singapura (1989)
  12. Thailand (1989)
  13. China (1991)
  14. Hong Kong (1991)
  15. Taiwan (1991)
  16. Meksiko (1993)
  17. Papua Nugini (1993)
  18. Chile (1994)
  19. Peru (1998)
  20. Rusia (1998)
  21. Vietnam (1998)

Selain 21 negara anggota, APEC juga memiliki tiga pengamat resmi APEC atau observer, di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Sekretariat Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara / Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)
  • Sekretariat Forum Kepualaun Pasifik / Pacific Islands Forum (PIF)
  • Sekretariat Dewan Kerjasama Ekonomi Pasifik / Pacific Economic Cooperation Council (PECC)

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian APEC, tujuan APEC, latar belakang APEC, serta negara-negara anggota APEC selengkapnya. APEC menjadi forum kerjasama antar negara-negara di kawasan Asia Pasifik, yang diikuti banyak negara, termasuk Indonesia.

0 Response to "Tujuan APEC (Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik) Beserta Anggotanya"

Posting Komentar