5 Negara Pendiri ASEAN Beserta Sejarah dan Latar Belakangnya

Negara pendiri ASEAN - ASEAN adalah organisasi antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang bekerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, dan lain-lain. Saat ini ada 10 negara anggota ASEAN. Meski begitu saat awal dibentuk hanya ada 5 anggota saja. Lima anggota tersebut lah yang menjadi negara pendiri ASEAN.

Awal mula sejarah ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 lewat peristiwa Deklarasi Bangkok. Pertemuan tersebut dilaksanakan di kota Bangkok, Thailand dan menjadi cikal bakal terbentuknya ASEAN. Penandatanganan Deklarasi Bangkok dilakukan oleh 5 negara pendiri ASEAN yang jadi anggota awal.

Setelah 5 negara tersebut membentuk ASEAN, negara-negara Asia Tenggara lain pun secara bertahap juga bergabung dengan ASEAN. Hingga kini ada 10 negara anggota ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Brunei, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Myanmar. Sementara Timor Leste masih jadi anggota pemantau dan belum jadi anggota resmi.

Beberapa tujuan dibentuknya ASEAN antara lain adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayan di wilayah Asia Tenggara, meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional, meningkatkan kerjasama yang aktif antar anggota ASEAN, serta memelihara kerjasama yang erat dengan organisasi-organisasi internasional dan regional lainnya.

Negara Pendiri ASEAN

5 Negara Pendiri ASEAN


Berikut merupakan nama negara pendiri ASEAN yang memprakarsai berdirinya ASEAN beserta sejarah, latar belakang, dan tokoh perwakilan tiap-tiap negara.

1. Indonesia


Indonesia menjadi salah satu dari 5 negara pendiri ASEAN. Negara yang beribukota di Jakarta ini turut serta dalam peristiwa Deklarasi Bangkok yang jadi cikal bakal pembentukan ASEAN. Dalam Deklarasi Bangkok, pihak Indonesia diwakili oleh menteri luar negeri Adam Malik yang juga pernah menjabat sebagai wakil presiden Indonesia.

2. Malaysia


Negara pendiri ASEAN berikutnya adalah Malaysia. Malaysia merupakan negara Asia Tenggara yang beribukota di Kuala Lumpur. Dalam Deklarasi Bangkok, pihak Malaysia diwakili oleh menteri luar negeri Tun Abdul Razak, yang juga menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia sejak tahun 1970 sampai ia meninggal di tahun 1976.

3. Thailand


Thailand juga termasuk negara pendiri ASEAN, apalagi Deklarasi Bangkok dilaksanakan di kota Bangkok, Thailand. Bisa dibilang bahwa ASEN pertama dibentuk di negara Thailand selaku tuan rumah pertemuan saat itu. Perwakilan Thailand adalah Thanat Khoman selaku menteri luar negeri Thailand pada periode tersebut.

4. Singapura


Singapura menjadi negara pendiri ASEAN selanjutnya. Negara berbentuk city-state ini berdekatan dengan Indonesia dan Malaysia secara geografis. Dalam pertemuan Deklarasi Bangkok, pihak Singapura diwakili oleh menteri luar negerinya, S. Rajaratnam yang menjabat mulai tahun 1965 sampai tahun 1980.

5. Filipina


Terakhir ada nama Filipina sebagai salah satu dari 5 negara pendiri ASEAN. Filipina merupakan negara kepulauan yang beribukota di Manila. Pada peristiwa Deklarasi Bangkok, perwakilan Filipina adalah Narciso Ramos selaku menteri luar negeri Filipina saat itu. Sebagai pelopor ASEAN, ia juga dikenal sebagai duta besar dan jurnalis.

Nah itulah penjelasan mengenai 5 negara pendiri ASEAN beserta penjelasan dan tokoh perwakilan tiap-tiap negara tersebut. Setelah 5 negara tersebut membentuk ASEAN, negara-negara Asia Tenggara lain seperti Brunei, Laos, Myanmar, Vietnam, dan Kamboja juga turut bergabung sebagai anggota ASEAN hingga sekarang.

0 Response to "5 Negara Pendiri ASEAN Beserta Sejarah dan Latar Belakangnya"

Posting Komentar