Daftar 10 Film Horor Indonesia Terseram dan Terbaik

Film horor Indonesia - Film horor menjadi kian digemari saat ini. Baik film horor barat atau film horor Indonesia memiliki kualitas bagus. Beberapa film horor Indonesia terbaru juga banyak dirilis tahun ini dan tak kalah dari film horor Indonesia terbaik yang sudah ada. Hadirnya hantu dan setan membuat banyak film horor terseram yagn digemari karena membuat penonton takut. Kali ini akan dibahas mengenai daftar film horor Indonesia terbaik dan terseram sepanjang masa.

Memang ada banyak genre film yang digemari saat ini, namun tak bisa dipungkiri jika salah satu yang paling populer adalah film horor. Genre horor ini memang banyak diminati dan populer karena menyuguhkan ketegangan di sepanjang pemutaran. Film film dengan genre ini memang menjadi favorit masyarakat pecinta flm, terutama di Indonesia. Selain film film barat produksi Hollywood yang sukses meraih box office, juga ada film horor asal Thailand, Jepang atau juga Indonesia yang tidak kalah seram.

Memang secara kualitas film thriller atau film horor terpopuler dalam negeri masih kalah oleh film-film barat. Namun atmosfir ketakutan yang dihadirkan pun tidak kalah mencekam dan tentunya akan membuat para penonton menjerit histeris. Alur cerita film hantu atau film horor yang ditawarkan oleh film-film lokal yang beredar memang tidak banyak berubah, mulai dari kisah hantu dan setan hingga pembunuhan oleh para psikopat.

Beberapa hantu asli Indonesia juga banyak dijadikan tema dalam film horor Indonesia terbaik, sebut saja seperti pocong, kuntilanak, suster ngesot, jelangkung, genderuwo, sundel bolong dan hantu-hantu lain. Hal ini tentu akan menimbulkan ketegangan saat penampakan hantu-hantu tersebut muncul dalam film disertai dengan sound effect yang mengejutkan.

Banyak juga jalan cerita film horor yang disajikan dengan sedikit dibumbui unsur komedi untuk mengendurkan ketegangan. Meski begitu banyak film horor Indonesia seram lain, bahkan ada film horor yang diambil dari kisah nyata. Beberapa film hantu terbaik juga sukses jadi pioneer dan berpengaruh pada film film horor lain di bioskop. 

Berikut ini akan kami tampilkan list film horor terbaik yang paling menegangkan asal Indonesia. Film horor terbaik atau film setan terbaik yang masuk dalam daftar menghadirkan ini mengandung unsur yang menakutkan dan menyeramkan dan direkomendasikan untuk tidak ditonton sendirian. Selain unsur horor, unsur sinematografi lain juga dipertimbangkan. Inilah info list top 10 film horor Indonesia terseram dan terpopuler sepanjang masa.

10 Film Horor Indonesia Terbaik dan Terseram


1. Kuntilanak



Tahun : 2006
Sutradara : Rizal Mantovani
Pemain : Julie Estelle, Evan Sanders, Ratu Felisha, Ibnu Jamil

Kuntilanak merupakan film horor besutan sutradara Rizal Mantovani yang dirilis di tahun 2006. Film ini jadi salah satu film horor Indonesia paling populer hingga kini. Beberapa aktor terkenal seperti julia Estelle, Evan Sanders hingga Ratu Felisha turut berperan dalam film yang mengangkat hantu perempuan urban legend Indonesia ini. Film ini terhitung sukses hingga dibuatkan beberapa sekuelnya.

2. Keramat



Tahun : 2009
Sutradara : Monty Tiwa
Pemain : Poppy Sovia, Migi Parahita, Sadha Triyudha

Film Keramat jadi salah satu film horor Indonesia yang wajib untuk ditonton minimal sekali. Film ini menjadi salah satu film unik karena menggunakan teknik handheld camera sehingga pengalaman penonton akan terlihat lebih real. Keramat disutradarai oleh Monty Tiwa dan dibintangi oleh Poppy Sovia, Migi Parahita dan Sadha Triyudha.

3. Jelangkung



Tahun : 2001
Sutradara : Rizal Mantovani, Jose Purnomo
Pemain : Winky Wiryawan, Roni Dozer, Melanie Ariyanto, Harry Panca

Tagline 'datang tak dijemput pulang tak diantar' sangat identik dengan hantu mistis Jelangkung yang kemudian diangkat ke layar lebar pada tahun 2001. Film ini diarahkan oleh Rizal Mantovani dan Jose Purnomo. Adapun nama-nama seperti Winky Wiryawan, Roni Dozer, Melanie Ariyanto dan Harry Panca turut berperan dalam film. Jelangkung jadi salah satu film Indonesia terlaris dan tersukses sepanjang masa.

4. Pocong 2



Tahun : 2006
Sutradara : Rudy Soedjarwo
Pemain : Revalina S. Temat, Ringgo Agus, Henidar Amroe

Inilah hantu primadona asal Indonesia, apalagi kalau bukan Pocong. Hantu ini juga dibuatkan versi filmnya, dimana sekuel kedua Pocong 2 menjadi salah satu yang paling bagus, atau lebih tepatnya, paling seram. Pocong 2 disutradarai oleh Rudy Soedjarwo. Nama-nama seperti Revalina S. Temat, Ringgo Agus Rahman dan Henidar Amroe menjadi cast utama film yang dirilis pada tahun 2006 ini.

5. Rumah Dara



Tahun : 2010
Sutradara : Timo Tjahjanto, Kimo Stamboel
Pemain : Julie Estelle, Ario Bayu, Shareefa Daanish, Arifin Putra

Tak banyak film horor Indonesia dengan genre slasher, namun Rumah Dara menjadi pengecualian. Dengan unsur slasher dan thriller, film arahan sutradara Mo Brothers (Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel) ini mampu mencuri perhatian. Aktor seperti Julie Estelle dan Ario Bayu menjadi cast utama, namun justru Shareefa Daanish yang paling disorot berkat aktingnya yang bagus sekaligus menyeramkan. Rumah Dara memiliki judul internasional bernama Macabre.

6. Pintu Terlarang



Tahun : 2009
Sutradara : Joko Anwar
Pemain : Fachry Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu, Tio Pakusodewo

Pintu Terlarang merupakan film psychological horror Indonesia yang dirilis pada tahun 2009. Film ini diarahkan oleh sutradara Joko Anwar. Pintu Terlarang dibintangi oleh Fachry Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu dan Tio Pakusodewo dan termasuk salah satu film horror Indonesia paling populer dan paling banyak ditonton.

7. Legenda Sundel Bolong



Tahun : 2007
Sutradara : Hanung Bramantyo
Pemain : Uli Aliani, Baim, Jian Batari, Tio Pakusadewo

Hantu Sundel Bolong menjadi sangat identik dengan sosok aktris Suzanna, yang spesialis memerankan film horor. Film Legenda Sundel Bolong dirilis ulang pada tahun 2007 oleh sutradara Hanung Bramantyo. Film ini sukses menghadirkan ketegangan sepanjang film. Legenda Sundel Bolong dibintangi oleh Uli Aliani, Baim dan Jian Batari.

8. Mirror



Tahun : 2005
Sutradara : Hanny Saputra
Pemain : Nirina Zubir, Jonathan Lesmana, Ichi Nuraini, Ira Wibowo

Film arahan sutradara Hanny Saputra ini juga layak jadi salah satu film horor terseram. Dirilis di tahun 2005, film Mirror juga dibintangi oleh Nirina Zubir, Jonathan Lesmana dan Ichi Nuraini. Bercerita tentang seseorang yang bisa melihat kematian orang lain yang bayangannya tidak terlihat di cermin, film Mirror juga menghadirkan unsur mistis lainnya sepanjang durasi film di bioskop.

9. Takut : Faces of Fear



Tahun : 2008
Sutradara : Rako Prijanto, Riri Riza, Ray Nayoan, Robby Ertanto, Raditya Sidharta, The Mo Brothers
Pemain : Fauzi Baadila, Eva Celia, Mike Muliadro, Marcella Zalianty

Takut: Faces of Fear merupakan kompilasi kumpulan 6 film pendek bergenre horor. Terdapat 7 sutradara yang berperan dalam film ini namun semua film pendek yang ada memiliki satu kesamaan, yaitu akan menghadirkan suasana seram dan mencekam yang menegangkan. Takut: Faces of Fear pun jadi rekomendasi film horor Indonesia terseram berikutnya.

10. Hantu



Tahun : 2007
Sutradara : Adrianto Sinaga
Pemain : Dhea Ananda, Dwi Andhika, Oka Antara

Well, film ini memiliki judul Hantu dan memang banyak menghadirkan penampakan hantu di banyak scene. Film Hantu ini dirilis pada tahun 2007 dan disutradarai oleh Adrianto Sinaga. Nama-nama seperti Dhea Ananda, Dwi Andhika dan Oka Antara menjadi cast pemain utama dalam film Hantu ini dan jadi salah satu horror movies paling seram di Indonesia.


Itulah tadi sekilas informasi tentang daftar 10 film horor Indonesia terseram dan terbaik yang paling menyeramkan sepanjang masa update terbaru. Tentunya penilaian bersifat subyektif. Film film di atas pun tak kalah bagus dan tak kalah seram dibandingkan dengan film horor barat terbaik lainnya. Jika ingin merasakan sensasi ketegangan dan ketakutan yang besar, disarankan untuk segera melihat list movie di atas. Semoga info tersebut bisa jadi referensi film horor terseram..

0 Response to "Daftar 10 Film Horor Indonesia Terseram dan Terbaik"

Posting Komentar