Info Pendaftaran, Soal dan Pengumuman SBMPTN 2015

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi lewat ujian tes tertulis. Tes SBMPTN akan diadakan secara serentak di 64 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. SBMPTN akan menampung 15% kuota mahasiswa, sementara 50% kuota akan diisi peserta lolos SNMPTN dan 35% dari tes mandiri. SBMPTN menjadi jalur alternatif bagi pelajar yang gagal dalam seleksi masuk SNMPTN 2015

Terdapat serangkaian tes yang dilakukan dalam SBMPTN. Yang paling utama tentu adalah ujian tertulis, yang meliputi Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampaun Dasar Umum (TKDU) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD Saintek atau TKD Soshum, tergantung jurusan yang dipilih). Peserta yang memilih jurusan bidang IPA akan mengerjakan soal TKD Saintek, sedangkan untuk IPS akan mengerjakan soal TKD Soshum. Peserta yang memilih jurusan baik dari bidang IPA atau IPS akan mengerjakan keduanya dan masuk dalam kategori Kelompok Ujian Campuran. Selain itu juga terdapat ujian keterampilan yang khusus untuk peserta yang memilih jurusan di bidang olahraga dan ilmu kesenian. 

Info Pendaftaran dan Pengumuman SBMPTN 2015


Pendaftaran SBMPTN 2015

Pendaftar harus dinyatakan lulus dari satuan pendidikan SMA/sederajat dari tahun 2013, 2014 atau 2015. Proses pendaftaran akan dilakukan secara online, yang dibuka pada tanggal 12 Mei 2015 pada pukul 08.00 WIB hingga tanggal 6 Juni 2015 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran dilakukan di situs resmi SBMPTN yang akan dilaunching tanggal 20 April 2015. Tata cara pendaftaran dan ketentuan juga bisa dilihat di situs resmi SBMPTN tersebut.


Pelaksanaan Tes SBMPTN 2015

Ujian tertulis SBMPTN 2015 akan diselenggarakan pada tanggal 16 Juni 2015 secara serentak di seluruh Indonesia mulai pagi hari. Peserta bisa memilih regional kota tempat pelaksanaan ujian saat proses pendaftaran. Nantinya, peserta akan mendapat lokasi pengerjaan soal di salah satu universitas di regional kota yang dipilih. 



Peserta akan mengerjakan beberapa jenis soal SBMPTN, seperti soal TKPA, TKDU, TKD Saintek dan TKD Soshum. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) kemungkinan terdiri dari jenis-jenis soal verbal sebanyak 15 soal, numerikal 15 soal, figural 15 soal, matematika dasar 15 soal, bahasa Indonesia 15 soal dan bahasa Inggris sebanyak 15 soal. Tes Kemampuan Dasar Saintek terdiri atas soal-soal mata kuliah IPA, seperti Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika. Sedangkan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (Soshum) terdiri atas soal-soal mata kuliah IPS, seperti Sosiologi, Sejarah, Ekonomi dan Geografi.

Tiap jawaban benar akan diberi 4 poin, sedangkan jawaban salah akan dikurangi 1 poin. Soal yang tidak diisi tidak akan mendapat penambahan dan pengurangan poin, atau 0 poin. Sistem penilaian dilakukan secara menyeluruh dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dikembangkan oleh panitia SBMPTN yang dilakukan secara tertutup.

Bagi peserta yang mendaftar jurusan di bidang seni dan olahraga, juga terdapat ujian keterampilan, yang diselenggarakan 1 hari setelah ujian tertulis, pada tanggal 17-18 Juni 2015. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni, terdiri dari tes pengetahuan dan keterampilan peserta di bidang ilmu seni, khusus untuk peserta yang mendaftar di jurusan kesenian. Sedangkan Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan, terdiri dari tes kesehatan dan kesegaran jasmani, khusus untuk peserta yang mendaftar di jurusan olahraga.



Waktu pengumuman SBMPTN 2015 biasanya dilakukan 1 bulan setelah penyelenggaraan tes SBMPTN 2015, yaitu pada tanggal 16 Juli 2015. Pengumuman SBMPTN 2015 dapat dilihat secara online di situs resmi SBMPTN atau lewat situs masing-masing universitas yang dituju. Info tanggal pengumuman masih belum fix dan masih bisa berubah.


Jadwal SBMPTN 2015

Berikut tanggal-tanggal penting tes SBMPTN 2015


12 Mei 2015 - 7 Juni 2015 : Pendaftaran secara Online
16 Juni 2015 : Pelaksanaan Tes Ujian Tertulis
17-18 Juni 2015 : Pelaksanaan Ujian Keterampilan
16 Juli 2015 : Pengumuman SBMPTN



(CepatLambat)

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Pilihan

    >