Tips Cara Membeli Laptop/Notebook yang Bagus

Laptop atau notebook merupakan salah satu gadget dan perangkat teknologi yang penting. Di era digital seperti sekarang, kebutuhan akan laptop memang besar. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan hingga pengusaha, semuanya membutuhkan laptop. Adanya laptop tentu akan meningkatkan produktivitas kerja kita. So, hampir semua orang kini memiliki laptop karena kinerjanya yang dibutuhkan.

Pasar industri dan perusahaan laptop pun akan berlomba-lomba untuk membuat produk laptop yang bagus dan berkualitas. Sejumlah vendor brand laptop ternama pun mampu menghasilkan produk dengan keunggulan masing-masing. Beberapa merk laptop terbaik sebut saja seperti Apple, Asus, Lenovo atau Toshiba. Tiap merk pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagi yang ingin membeli laptop atau notebook tentu tidak bisa sembarangan. Memilih laptop yang salah tentu akan berakibat pada kerugian dan akan menimbulkan rasa kecewa. Sejumlah fitur dan spesifikasi harus dipertimbangkan sebelum memilih dan membeli sebuah laptop. Beriku tmerupakan tips dan cara yang dapat diperhatikan sebelum membeli laptop.

Tips Cara Membeli Laptop/Notebook yang Bagus

Tips Cara Membeli Laptop


1. Desain yang Bagus

Kesan pertama memang merupakan hal yang paling pentin sebelum membeli suatu produk, termasuk saat akan membeli laptop. Desain laptop menjadi hal pertama yang kita lihat dan tentu ini juga menjadi faktor penting. Memilih desain yang bagus dan indah tentu masuk faktor sebelum membeli laptop. Warna laptop juga menjadi hal lain yang harus dipertimbangkan.

2. Daya Tahan Baterai

Baterai menjadi sumber daya utama laptop. Adanya baterai yang membuat laptop bisa kita gunakan tanpa harus disambungkan ke stopkontak. Daya tahan baterai sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli laptop baru. Tiap merk dan tipe laptop tentu memiliki jenis dan daya tahan baterai yang berbeda-beda. Usahakan untuk memilih laptop dengan daya tahan yang lama.

3. Spesifikasi dan Fitur

Hal terpenting dan yang membedakan satu laptop dengan yang lain adalah spesifikasi dan fitur yang tersedia. Spesifikasi teknis meliputi sejumlah hal, mulai dari prosesor, RAM, VGA atau harddisk. Pilih laptop dengan spesifikasi yang tepat dan sesuai. Tentu jika memilih fitur yang paling lengkap harganya juga semakin mahal. Untuk itu pilih yang sesuai kebutuhan yang memenuhi standar minimum yang dibutuhkan.

4. Harga dan Budget

Ini mungkin salah satu faktor paling penting dalam membeli produk apa saja. Harga produk tentu menjadi hal yang wajib dipertimbangkan. Kita bisa saja membeli laptop yang paling canggih dan paling bagus, namun tentu dibutuhkan harga selangit. Pertimbangkan isi dompet yang ada dan kalkukasikan budget dengan laptop yang sesuai dengan kondisi ekonomi kita.

(baca juga daftar laptop murah di bawah 3 juta)

5. Konektivitas

Salah satu hal yang jarang diperhatikan saat akan membeli laptop atau notebook, namun hal ini nyatanya sangat penting. Kelengkapan konektivitas harus diperhatikan agar laptop kita bisa terhubung dengan perangkat lain. Di antara perangkat konektivitas yang harus ada antara lain adalah port USB, port VGA/HDMI atau pun port LAN. Untuk port USB usahakan minimal ada tiga port karena USB sangat penting untuk menyambungkan perangkat lain seperti mouse, flashdisk, handphone/smartphone, kabel data, harddsik eksternal atau modem.

6. Garansi dan Layanan Center

Terakhir merupakan faktor non-teknis, apalagi kalau bukan garansi. Lama garansi tentu berbeda untuk tiap produk dan biasanya bisa dijadikan acuan untuk menentukan kualitas suatu produk. Pilih juga merk dengan layanan center yang bagus jika sewaktu-waktu laptop kita bermasalah.


Sejumlah tips dan cara membeli laptop dan notebook tersebut bisa diterapkan agar bisa memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan. Tentu banyak faktor dan aspek yang harus dipertimbangkan sebelum membeli laptop. Semoga info tips trik gadget tersebut bisa bermanfaat.

0 Response to "Tips Cara Membeli Laptop/Notebook yang Bagus"

Posting Komentar